Friday, March 13, 2015

Sup Rollade Ayam Udang



Punya daging ayam bagian dada..kalau langsung di masak biasa atau di goreng pasti pada kurang suka..jadilah harus di olah..jadi olahan lain dulu..misal..nugget, atau rollade gini..baru pada semangat makan dech warga di rumah. Ya memang daging ayam bagian dada itu lebih sehat..karena nggak banyak lemak ya teman2..tapi memang agak sepo dan kurang gurih. Yodha..kalau aku buatin ayam krispi pakai dada..pasti cuma di *krikiti* kulitnya..hihi...*padahal emaknya yo gitu juga..lol..*

Tapi jika kita mau sedikit usaha..daging ayam bagian dada bisa di olah jadi aneka lauk lain yang lebih enak..dan variatif ya teman2. Seperti kemaren aku buat rollade ayam..biar gurih aku campur udang seperti biasa. Resep masih sama denegan rollade yang beberapa waktu lalu aku buat..tapi sekarang di balik..daging ayamnya ya banyak..udangnya yang sedikit sesuai persediaan di rumah. Tapi karena perbandingan ayam lebih banyak di banding udangnya, agar tetap empuk dan gurih rolladenya, pemakaian tepung di kurangi.

Tips membuat rollade agar hasilnya bisa bulat cantik, ikat kedua sisinya dengan erat, karena selama di kukus rollade akan mengembang jika ikatan kurang kencang, jadi bentuknya akan berubah jadi penyok2..hihi.
Rasa rollade yang gurih..dan enak di buat sup bening  seperti ini. Isian sup lain bisa di sesuaikan selera saja..bisa di tambah jamur..soun..aneka sayuran lain..kalau sup ini cocok2 aja. Kalau aku menyesuaikan apa yang ada di rumah saja. Jadi minimalis nich supnya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^


Sup Rollade Ayam

Bahan :
200 gram daging ayam bagian dada
100 gram udang kupas sudah bersih
1 butir putih telur
50 gram Tepung Bakso / tapioka biasa
1 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar 1 siung di haluskan )
½ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh kaldu ayam bubuk dan sedikit garam
1 sendok teh gula pasir

Bahan kulit :
2 butir telur
50 gram tepung terigu protein sedang
100 ml air
1/4 sendok teh garam
Cara  : Aduk rata semua bahan, saring, buat dadar di pan anti lengket

Cara membuat :
Proses semua bahan rollade memakai food processor, keculi tepungnya.
Jika sudah rata, masukkan tepungg bakso, aduk ringan saja hingga rata
Ambil 1 buah dadar, olesi adonan secukupnya, lalau gulung . Bungkus dengan palstik atau daun, ikat rapat dan kencang kedua ujungnya.
Kukus 30 menit
Dinginkan, baru di potong2

Kuah Sup

Bahan sup :
2 buah wortel, potong tipis menyerong
50 gram brokoli, potong per kuntumnya
2 batang daun bawang, potong2
2 tangkai sledri, potong2
Bawang goreng secukupnya
800 ml air kaldu ayam atau air biasa jika nggak ada
Bawang putih 3 siung, goreng, ulek kasar
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam dan kaldu bubuk secukupnya ( optional ) , aku pakai Alsultan

Cara membuat :
Didihkan air, masukkan bawang putih dan bumbu2 lain serta wortel. Masak hingga wortel agak empuk, baru masukkan daun bawang. Masak sebentar. Koreksi rasa.
Selain di buat sup..rollade bis di goreng dengan balutan adonan Tepung Tempura atau tepung panir.

10 comments :

  1. hhmmn mntab. jgn lpa sambelnya mbk. . biar tambah nampol. . sama tempe goreng telanjang. . nasinya dkit ajaa. dibanyakin sup nyaa . . hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..kalau aku suka tak kasih sambel kecap cabe rawit iris mba jk sup bening gini..nendang pedesnya..:D

      Delete
  2. Salam kenal mb diah. Aku mau tanya cara order tepung bakso sm kentangx bgmn ya? Aku kirim pesan via fb gk ada blsn. No hp ku 081804108788. Makash sblumx mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mba..maaf mungkin keselip ya inboxnya.aku sms ya..:)

      Delete
  3. Udah hampir dua minggu karena ada keluarga yg sakit jadi gak sempet nengok ke dapurnya mbak Diah..kangeeen deh. Begitu buka..wuaa..ada sup rollade yg mengin2ni. Kalau sup sukanya tak gado aja gak usah pake nasi, dimakan anget2 pake sambel kecap...wuihh pasti keringat bercucuran..hihi. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, nich kangen juga tak kira lagi ke luar kota mba..hihi..tak panggil2 ke dapurku pakai masakan Jowo kok nggak datang2..:D

      BTW siapa yang sakit mba..moga2 udah sehat kembali ya..:)

      Delete
    2. Bapak mertua mbak.. bolak balik masuk RS. Memang sudah 83th, sudah sepuh tapi alhamdulillah sudah membaik. Makasih doanya ya mbak Diah..

      Delete
  4. bikin laper aja nih mbak :) smeinggu lebih gak bw nih jadi kangen baca respe mbak diah didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..mksh usah mau nengok dapurku lagi..hihi..mari makan..:D

      Delete