Monday, August 25, 2014

Bakso Goreng Udang Asam Manis


Resep bakso lagi..hihi..dan masih setia bikin bakso goreng. Lha di rumah lakunya bakso goreng nich teman2..karena ya memang gurih dan nggak mbosenin ya. tapi besok kalau aku udah punya fp baru..segera menyusul resep2 bakso rebus ya. Udah pesen juga poly powder ke tbk deket rumah..mudah2 an dapat..aku penasaran..hasilnya jika pakai  poly pwoder..atau pengenyal bakso gitu apa bisa kenyal kenyil beneran kayak kalau kita makan bakso di warung2 gitu ya..di tunggu ya teman2 laporanku. Nah sekarang mari kita bikin bakso goreng lagi aja dulu yang lebih mudah..nggak punya fp alias food processor pun bisa jadi gitu..karena pakainya daging ayam dan udang. Mudah kan di cincang sampai halus. Terus tambah telur dan bumbu2, lalu di haluskan jadi adonan yang halus dan lumat pakai mixer..bisa lho..sehalus fp..walau lebih lamaan dikit sich..hihi. Ndak pa2 yang penting adonan udang atau ayam bisa halus gitu. Setelah itu..tinggal tambah tepung baksonya dech..aduk perlahan aja..dengan ujung2 jari ya..jangan di uleni..supaya nggak alot bakso gorengnya. Dan tara..jadilah bakso goreng menul2..yang gurih dan enak. Bakso goreng udang ini pemakaian tepung baksonya agak banyak..jadi ekonomis nich teman2..misalnya mau buat usaha frozen food gitu..karena udang kan gurih banget ya teman2..jadi walaupun tepungnya banyak masih terasa gurihnya jika di buat bakso goreng. Resep2 bakso lain yang lebih variatif..di tunggu ya teman2..semoga bisa beli fp lagi segera..hihi..jadi kalau mau bikin bakso..empek2..siomay,.dll..tinggal putar tombol..2 menit halus dech adonan..hihi. Eh tapi ndak pa2 lho...ndak punya fp juga bisa kreatif kok..pakai mixer..hihi..tips mak irit nich. Tapi...kalau liat Chef Martin Yan di AFC tuch kalau bikin siomay..dumpling udang dll..juga ndak perlu fp kata beliau..cukup pakai pisau gede gitu di cincang sampai halus..dan beneran bisa halus sich canggih banget gitu menghaluskan daging ayam, udang dll..pake pisau dech beliaunya. Jadi nggak punya food processor..? Don't worry ..be happy ..tetep bisa kok berkreasi di dapur teman2..^^

Tips menggoreng bakso dengan tepung bakso ini..jangan di panaskan terlalu panas dulu ya minyaknya teman2. Jika udah mulai di nyalain kompornya..masukkan juga bulatan bakso ke dalam minyak. Tungg beberapa saat sampai minyak panas, bakso akan mengembang perlahan2..nah..tinggal di aduk2 dech sering2 ya..supaya semua bagian baksonya terkena minyak panas dan matang sempurna hingga kopong bagian dalamnya. Jika minyak udah pasan..gunakan api kecil saja ya..dan bersabarlah menggorengnya bisa sampai 10 menit dech jika mau hasil bakso gorengnya cantik..mengembang dan kopong dalamnya. Nah biar nggak bosan..mari kita olah bakso udang ini jadi masakan baru lagi ya..yaitu bakso goreng saus asam manis. Pas dan cocok banget rasanya. Gurih bakso udang goreng di tambah saus asam manis yang seger kok ya enak bingits..hihi. Yukk mari..di coba ya teman2 yang masih punya stock tepung bakso di rumah ya. 

Bakso Goreng Udang Asam Manis

Bahan :
150 gram udang cincang halus
50 gram daging ayam cincang
1 butir telur
150 gram tepung bakso
2 siung bawang putih, goreng, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Proses daging udang , daging ayam, semua bumbu dan telur hingga jadi adonan yang lembut, Jika ndak punya..pakai mixer juga bisa. Yang penting..jangan di blender dan di tambah air ya..bakalan beda rasa dan hasilnya kalau di blender. Jika udah halus, tambahkan tepung bakso, lalu aduk ringan dengan ujung2 jari sampai rata saja..ndak perlu di uleni ya teman2. 
Siapkan wajan dengan minyak agak banyak, lumuri tangan dengan sedikit minyak goreng, lalu adonan bakso di bentuk bulat2, lalu masukkan ke minyak. Tunggu hingga minyak memanas, lalu goreng lah bakso sambil sering di aduk agar matang merata dan bisa kopong dalamnya.

Saus Asam Manis :

1 buah wortel kecil, potong korek api
1 buah timun kecil, buang biji, potong korek api
1/2 buah nanas kecil, potong serasi
2 buah cabai merah, potong serong
10 kapri, siangi ujung2nya
1/2 kuntum brokoli, potong2

Bumbu :
1/2 buah bawang bombay, iris kasar panjang2
1 siung bawang putih, geprek
2 cm jahe, geprek
5 sendok makan saus tomat ( sesuai selera )
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh gula pasir ( sesuai selera manisnya )
Garam sesuai selera
Cuka 1/4 sendok teh ( sesuai selera asamnya )
250 ml air
1 sendok teh tapioka atau maizena untuk pengental, encerkan dengan 1 sendok makan air.

Cara memasak :
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan air, saus tomat, dan wortel..serta bumbu lain kecuali tapioka. Masak hingga wortel agak layu. Masukkan sayuran lain. Terakhir masukkan larutan tapioka , aduk rata hingga mengental. Koreksi rasa. Masukkan bakso udang goreng. Sajikan hangat.

Adonan baksonya kayak gini ya teman2..ndak perlu kalis banget kok. Basahi aja tangan dengan air atau olesi minyak pas membentuknya..hasilnya bisa mulut kok bulatannya....^^


Nich liat pas baksonya lagi pada berendam di minyak alias di goreng..ngembang bagus kan..menul2..hihi..



Hasil baksonya bisa kopong lho dalamnya..cuma ndak kriuk banget..masalahnya tadi aku  pakai 1 telur utuh..lupa..hihi..biasanya pakai putih telurnya aja kalau bikin bakso goreng. Kalau pakai putih telur aja..bisa kriuk dech bakso gorengnya. Tapi ndak pa2..tetep enak bingits kok teman2 ini bakso gorengnya. Mau di cocol saus biasa..atau di masak saus asam manis enak..juga bisa buat  tambahan bakso kuah nich enak banget juga..pas kena kuah panas..bakso goreng gurih gini ya. Selamat mencoba..^^

 
Notes :
Buat teman2 yang belum tau tepung bakso jualanku..klik di SINI ya..^^..itu adalah tepung khusus campuran tapioka dan sagu dengan perbandingan tertentu sehingga bisa menghasilkan bakso yang kenyal tapi empuk..nggak alot atau liat. Kalau kita bikin bakso pakai tapioka aja ..kadang terlalu liat ya..kalau pakai sagu aja..kadang keras baksonya..nah..kalau pakai tepung bakso ini pas dech kenyalnya. Tepungnya masih tawar ya, jadi bisa di bumbuin sesuai selera...jadi sangat fleksibel buat aneka olahan bakso, pangsit, siomay, kerupuk ikan, batagor dll..resep2 udah banyak ku posting ya..yang pakai tepung bakso ini..search aja..bakso gitu di pojok kanan  atas..nanti akan keluar resepnya.Yukk yang mau pesan..di tunggu ya..hihi.



19 comments :

  1. gmn carax pesen tepung ketan hitamx mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja mba..di bundadidi@gmail.com..atau inbox di fb ku atau di page ya..:) Tq

      Delete
  2. Ongkir bontang kaltim berapa mba di ?

    ReplyDelete
  3. Kalau via JNE 43 rb/ kg mba..kalau Wahana 26 rb / kg..tapi lebih lama sampainya. Wahana sekitar 1 mgg an gt.,.:)

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah, kemarin saya coba tapi gatot ha..ha, bakso goreng keras walau rasanya cukup enak. Saya pakai daging ayam dan sedikit udang. Adonan tdk saya uleni kuat2, tapi proses mencampur dg tepung bakso memang cukup lama, krn tepung ternyata cukup banyak, butuh wkt agak lama spy tercampur rata. Hasil akhir adonan bisa dipulung, beda dg gambar. Tekstur hasil gorengan keras, dan kalo dipegang berat. Apakah krn saya pakai daging ayam lebih banyak, atau kurang putih telur ya? Mohon saran dan terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba putih telur di tambah mba..kan ayam lumayan nambahin volume kepadatan ya. adonany aharusnya nggak bisa di pulung kalis..tapi gakalembek sepertidi foto ya..jadi kalau di goreng bisa mengembang..:)

      Delete
    2. Saya akan coba lagi, penasaran mbak. Wkt itu saya stres banget ... mana terlanjur bikin 2 resep. Sekarang teronggok di kantong plastik di kulkas. Semalam sdh bikin kuah sawi hijau ditambah bakso goreng gatot yg sdh diiris tipis (tetep keras), tapi masih banyakkk. Hiks...hiks... Diapain lagi ya?
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. di iris tipis2 terus di goreng kering mba..jadi basreng..atau bakso goreng renyah..tapi agak keras kan memang basreng ya..:)

      Delete
  5. Iya, nanti saya coba. Spt krupuk gitu ya? Saya kepikiran tak blender, jadi taburan mi/bihun goreng. Menghindari buang makanan .....Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  6. mb, kl mau pesan tepung baso Suci Hati nya, gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja mba..di bundadidi@gmail.com atau isi contact form di atas ya..:)

      Delete
  7. mbak, aq pernah bikin bakso udang tp ga pake telur. hasilnya adonannya ga bisa kalis n lembek lengket di tangan waktu dibentuk.trus waktu direbus ga bisa mulus permukaannya. sebenarnya fungsi telur buat pa ya? bisa diganti bahan lain ga soalnya anak q alergi telur

    ReplyDelete
  8. Mba di, kalo isinya udang semua gimana? T kelupaan beli ayam. Trus kalo pake tapioka sama kah hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat di sini yang versi bakso udang aja mba : http://www.diahdidi.com/2013/11/bakso-udang-kuah-kompletsatu-adonan.html

      Delete
  9. mohon diinfo utk harga tepung dan kemasannya brp gram ya mbak?sekalian sama tepung ayam kremesnya itu..mksh

    ReplyDelete