Monday, March 16, 2015

Risoles Tanpa Panir Ekonomis



Beberapa waktu lalu dapat email dari seorang teman pembaca web ini..request resep snack gurih untuk usaha rumahan..yang murah..meriah..tapi bentuknya besar. Hihi..bingung juga...aku ganti tanya..kira2 mau buat apa ? Target jualan harga berapa ?..katanya kalau di tempat tinggal temenku itu maksimal 1500 sudah di anggep mahal. Duch..tambah pusing kan..hihi. Aku kasih saran bikin gorengan aja yang umum2. Tapi katanya kurang di minati konsumen. Musti yang menarik dan beda dari gorengan biasa..seperti risol..atau lumpia gitu. Tambah bingung dech..hihi. Risol..itu biaya produksi lumayan tinggi ya jika buat usaha..karena pakai susu dll untuk isian ragoutnya, untuk kulit juga musti di lapis2 tepung panir..jika di jual murah..bukannya untung nanti malah dapet capek aja.

Tapi..aku pikir2..pasti bisa dech bikin risol..ekonomis, tapi enak.Akhirnya aku ingat..kalau bikin risol makaroni itu..kan jadinya selalu besar2..karena isinya makaroni..yang di tumis. Beda sama risoles isi ragout yang isinya nggak bisa banyak2 karena mahal..kalau risol makaroni ini..bisa di isi banyak dan jika udah di goreng keliatan besar. Bahannya lebih ekonomis di banding risoles ragout yang perlu pakai susu..dll. Kalau risol makaroni ekonomis ini..isinya cukup makaroni tumis, pakai telur aja cukup. Sebagai daya tarik bisa di tambah sedikit cincangan sosis, ayam atau daging..udah..asal di bumbuin dengan tepat..rasanya..enak sekali. Nggak kalah..sama snack2 gurih ala bakery kok teman2..bedanya kalau di bakery lebih banyak dagingnya..hihi.

Nah...biar lebih hemat proses produksi juga..nggak usah di lapis panir. Karena isinya makaroni udah berat...kalau di tambah tepung panir..tambah berlipat2 lagi karbonya..hihi. Kan tepung panir dari roti tawar. jadi kulitnya semi kayak lumpia aja..langsung goreng. Rasanya tak kalah enak sama risol yang balut panir kok teman2. Jadi..nggak perlu khawatir dech teman2..kalau minat usaha snack rumahan..misal mau menerima pesanan snack, di kan di kantin sekolah..kantor..dll..risol makaroni ekonomis ini cocok sekali..rasanya gurih..dan juga mengenyangkan untuk anak2...orang dewasa juga pasti suka. Snack gurih seperti ini..pasti banyak di sukai konsumen. Biar lebih menarik dan keliatan mewah..bisa di bungkus plastik bening satuan, sematkan satu buah cabai rawit..udah..kayak snack ala bakery kan teman2. Gede..tapi murah meriah, siap..mengisi kotak snack box..dan tinggal menghitung untung dech..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman2..semoga bisa jadi inspirasi usaha..snack rumahan yang murah..meriah..dan besar..hihi. Atau buat cemilan keluarga di rumah..juga nggak perlu modal banyak. Tips isian risol ekonomis ini..pastikan rasa gurih manisnya pas..sehingga rasanya jadi mantab...karena isian daging atau ayam yang cuma sedikit, jadi kekuatan rasa risol ini ada di bumbu isiannya..harus gurih dan sedikit manis.

Risoles Makaroni Ekonomis

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
2 buah sosis, potong kecil2 / 50 gram daging ayam rebus atau daging sapi cincang
1 butir telur
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml

Caara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, sosis atau daging, aduk rata hingga matang. masukkan telur, buat orak arik
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa . Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles biasa, rekatkan ujung2nya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
Goreng hingga matang



Resep snack murah meriah lain yang bisa jadi inspirasi untuk usaha snack gurih yang beda, enak dan murah meriah yang sudah pernah ku posting..silahkan klik judul2 resep berikut ya teman2 :


Selamat berwirausaha..! ^_^



21 comments :

  1. aaa suka sama risoles...mau coba ah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..selamat mencoba ya mak..buat variasi..enak juga kok nggak di panir..:)

      Delete
    2. Resepnya sederhana namun hasilnya uenak mbak, terima kasih dari kami Arabia
      Hape

      Delete
  2. Mbak...ak minta resep bolu kukus mambonya donk....makasih sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok..aku coba dulu ya mba jk senggang :)

      Delete
  3. Enak pastinya risoles buatan mbak diah. Kebetulan saya juga suka masak mbak. Sekarang lagi kreasi nasi goreng sama es krim aja nih mbak. Nice sharing mbak diah, salam kenal mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mksh ya..ayukk semangat masak..:) Salam kenal juga..:)

      Delete
  4. udah aku simpen resepnya. kyanya bisa jdi alternatif produk jualan ni klo bsok bikin usaha sndri. hihihi. thanks mb Dii ^^

    ReplyDelete
  5. jadi mirip sosis solo ya mbak. Tapi kadang aku gak nyetor tepung panir bisa juga ya bikin risoles

    ReplyDelete
  6. slm knal mbak diah..aku putri,mau tanya nii mbak,kalo misalkan bikin risolesnya malem trus gorengnya pagi bisa gak mbak??harus disimpan di freezer ato gimana ya mbak??

    ReplyDelete
  7. Mlm mbk Diah, makasih ya resepnya, tadi siang sy bikin, sukses enak dan gurih, pas dgn lidah sy, yg biasanya sy gak pernah suka makaroni jadi suka hehe. Dari resepnya mbk yg sdh sy coba adalah donat tanpa diuleni, nugget, bolu kukus rasa brownies dan risoles makaroni ini semua sukses dan udah dipesan tetangga dan juga teman kantor keluarga sy, hanya yg masih belum bagus bikin donat kentang yg diuleni (tdk bisa kalis alias lengket) sama brownies (masih bantat). Thanks banget ya mbk Diah Didi, sy jadi pede aja memasak meski masih pemula he

    ReplyDelete
  8. Haloo mbk diah... seneng deh mampir lagi di blognya. seneng banget ma resepnya... waah bisa di coba nihh mbk... ekonomis... hheee

    ReplyDelete
  9. hehehe, biasanya risoles ini banyak yang jualan, terutama di dalam kereta api
    tapi skrang di kereta api ndak boleh jualan lagi, nyoba' resep ini aja :D

    ReplyDelete
  10. Paling enak makan risoles klo masih hanged + ditemani secangkir kopi susu.... bunda-lita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. wah enak nih kayaknya.... apalagi musm hujan kayak gini...

    ReplyDelete
  12. Hallo mba di ah, mau tanya dong..
    Ini bisa jadi berapa banyak ya mba?

    ReplyDelete
  13. ini sangat bagus mba saya sangat terbarntu dengan halaman ini. http://www.tersehat.net/

    ReplyDelete
  14. Suka banget deh makan risoles, enak dimakan masih anget di pagi hari bersama kopi...hmmm maknyus...mudah ternyata membuatnya...terimakasih resepnya mba diah

    ReplyDelete
  15. saya suka saya suka,,, suka sekali risoles hangat, tapi menurutku itu bukan risoles sederhana, tapi udah spesial.
    yang saya tanyakan, itu di resep tidak tertulis dagingnya berapa gram, rekomendasinya daging apa gitu bang ?? terimakasih ya.. saya wait wait pokoknya.//

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget risoles, apalgi ditemani ama teh hangat, wah mantap dech. Terima kasih resepnya.

    ReplyDelete