Sunday, March 8, 2015

Satu Adonan Jadi Macam2 Lauk



Mau kasih judul resep ini bingung juga tadi..hihi..ya soalnya aku buat satu adonan ikan tenggiri dan udang..tapi bisa di jadiin macam2 lauk..hihi. Biasa mak Irit..selalu harus ada ide dong ngolah udang kupas yang tinggal 50 gram dan ikan tenggiri ukuran kecil dua buah yang aku beli kemaren cuma 10 ribu. Jadi modalnya kira2 15 ribuan nich..bisa jadi aneka macam lauk..atau untuk cemilan juga enak.

Adonan dasarnya adonan bakso goreng..atau bisa di sebut juga adonan otak otak..batagor..dll..sesuai selera dech nyebutnya. Yang jelas..ini bisa buat otak2..bisa buat bakso goreng, bisa buat batagor juga jika mau..sayangnya tadi nggak punya tahu aku..jadi cuma jadi beberapa macam lauk di bawah ini..beda bentuk aja sich..tapi rasanya sama..hihi.

Tadi gorengan pertama yang berupa otak otak..di habisin Yodha dan papinya..jadinya nggak sempat motret alias plating..adonan selanjutnya aneka pangsit goreng mateng, malah mendung gelap..ya udah..di foto seadanya saja..habis matang. habis matang langsung santap hangat2..langsung habis rame2..soalnya memang enak sich..hihi. Gurih dan kenyalnya pas..untuk tepung aku pakai Tepung Bakso dong..seperti biasa kalau bikin bakso..empek2, siomay dll..pakai tepung bakso ini jadi enak dan pas tekture kenyalnya..^^

Ini dia adonan dasar semua olahan ikan ini..teman2..jika mau coba..irit kan..satu adonan bisa jadi macam2 lauk..^^

Adonan Dasar Ikan Tenggiri & Udang

Bahan :
200 gram daging tenggiri yang udah di fillet
50 gram udang kupas
1 butir telur
100 gram tepung bakso
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah wortel ukuran kecil
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh kaldu ayam 
1/2 sendok teh gula
1/8 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Proses daging ikan, udang, bumbu, telur dengan food processor hingga halus, jika tidak ada pakai mixer.
Masukkan tepung, aduk ringan, masukkan wortel dan daun bawang
Siap di goreng sesuai selera
Tips :
Jika tidak ada tenggiri..boleh di ganti udang semua atau campuran ayam. Resep bakso goreng yang pakai udang dan ayam..silahkan klik saja resep2 berikut ya teman - teman..:

Resep Tahu Bakso Ayam Udang , yang rasanya nggak kalah enak dari tahu bakso daging sapi lho..^^

Jika mau pakai pangsit..pilih pangsit yang khusus goreng agar hasilnya lebih renyah.


 





12 comments :

  1. wah bisa d tiru ni mbk triknyaa klo bsok dh jdi emak2. .
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..iya mba..calon istri idaman..:D

      Delete
  2. Mba di aku kok gak bisa2 bikin bakso goreng yaaa salah dimanakah akuuuu depresiiii padahal udah tak ikutin plek2 tips trik resep sampe tepungnya mba di, huhuhu mohon pencerahan mu mba, bakso goreng ku keras dan gak mengembang terusss 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak usah depresi mba Dewayani...hihi. Lha..kendalanya pas buat apa mba ?...aku kalau buat selalu kayak di foto itu lho mba..hihi. adonan udah halus belum ?..Nggak di uleni kan..gorenganya dari minyak dingin dulu, adonan masuk baru di panaskan kompornya kan ?..Gorengnya api kecil lama sambil di aduk2 kan ?

      Delete
    2. Abis aku kan suka bgt mba bakso goreng makanya lebay gak bisa2 bikinnya hahaha, seingat ku sama mba adoanannya juga gt lembek2 kaya di foto mba di, gorengnya juga minyak dingin dulu trs bgt masuk baru dipanasin pusing jadinya hahaha

      Delete
    3. Hihi..aku ikutan pusing nich mba..mikir..apa ya masalahnya..hihi

      Ok..tunggu aku bikin video bakso goreng ya..ini udah beli tripod..tapi tetep..gak ada yang nge shoot..haha

      Delete
    4. Asyikkk ayo mba bikin video tutorialnya yaaa, mas yodha aja mba mintain tolong pulang sekolah atau para asisten rumah tangga hihihi

      Delete
  3. Mba klo bikin gorengan di atas ini hrs dr minyak dingin yaaa.

    ReplyDelete
  4. Mba ini klo adonan otak2, bakso & pangsitnya dikukus dl bisa ga..? trs taro di freezer, tiap mau makan baru digoreng.. soalnya aku mau buat agak banyak skalian
    -shinta.swid80-

    ReplyDelete
  5. Mba ini klo adonan otak2, bakso & pangsitnya dikukus dl bisa ga..? trs taro di freezer, tiap mau makan baru digoreng.. soalnya aku mau buat agak banyak skalian
    -shinta.swid80-

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs mba..:) atau di goreng setengah matang..nanti tggl di goreng lagi..:)

      Delete
  6. Mba.. tepung bakso apaan ya?

    ReplyDelete