Google Ad

Monday, April 7, 2014

Bubur Sambel Tumpang



Kalau di Jakarta dan sekitarnya..mungkin bubur buat sarapan yang terkenal adalah bubur ayam ya teman2.. tapi kalau di Jawa..bubur bisa lebih bervariasi penyajiannya. Kalau di Jawa..bubur banyak di jual sebagai menu sarapan. Biasa di jual di lingkungan perumahan oleh ibu2 rt biasa yang nyambi jual sarapan setiap pagi. Di Yogya..dulu masih ingat dari kecil sering banget sarapan bubur sayur dengan lauk sayur santan tempe dan kulit melinjo..atau bubur gurih dengan sayur gurih tempe juga. Atau bisa juga bubur di makan sama urap / gudangan. Pokoknya kalau pagi2 biasanya ibu2 pada males masak..penjual bubur rumahan gini sangat menolong dech buat sarapan anak2 yang mau sekolah. 

10

Heci Bertabur Kacang..Enak..! Ada Sensasi Kriuk Gurih Kacang di Setiap Gigitan..^^


Sudah pernah dengar naman makanan ini teman2 ?..Yapp heci..adalah jajana khas Magetan atau daerah Jawa Timur lain ya...sejenis bakwan..atau kalau di Semarang lebih mirip pia pia udang. Bahan dan cara buatnya juga mirip dengan pia pia Semarang..yaitu di cetak dengan sendok sayur. Bedanya..kalau pia2 ini bertoping udang..kalau heci ini bertoping isrisan kacang.

Aku coba buat heci ini kemaren..gara2 lagi pengen makan bakwan..tapi pengen versi beda gitu..biar lidah juga bisa mencicip citarasa bakwan yang berbeda. Lha..hampir semua jenis bakwan udah sering ku coba..hihi..dari bakwan ndeso sampai bakwan jamur..bakwan jagung..bakwan kangkung..dll. Terus aku keingat sama si heci ini. Pernah liat resepnya di majalah. tapi karena males cari resepnya di tumpukan majalah..akhirnya..aku cari referensi saja di internet. Pas liat foto2 heci di google..aku kok tertarik sama penampilan heci yang bertoping kacang tanah yang di iris2. Setelah meluncur ke blog yang nulis tentang heci tersebut, ternyata itu heci ciri khas kota Magetan Jawa Timur..dan penulisnya membeli heci tersebut di salah satu warung makan terkenal. Okelah..aku jadi penasaran..heci bertabur kacang nich rasanya gimana..karena ku pikir unik juga ya. Tapi ..karena yang nulis cuma mereview heci hasil beli di warung..nggak ada resepnya dong..hihi..akhirnya aku pakai resep pia2 Semarang aja..adonannya..tapi aku beri toping kacang tanah iris...karena dari hasil baca2 referensi lain..adonan heci dan pia2 ini kok ya sama saja..yaitu terdiri dari tepung terigu, air, telur, dan bumbu2, serta di beri sayuran untuk isinya. Dan ternyata setelah aku cicipi..enak lho teman2..heci bertoping kacang ini..hihi..rasanya unik..ada sensasi kriuk2 gurih di setiap gigitannya. Wah..nanti kalau bikin lagi..aku mau kasih toping kacang banyak2 dech biar semakin gurih.

Nambah satu ilmu *perbakwanan* lagi dech..yaitu heci ini. Jadi..suka berpetualang rasa kayak aku..yukk mari coba teman2..dan nikmati sensasi rasa berbeda dari heci ini. Tapi nich adonannya versi aku sendiri ya teman2..hihi..jadi maafken..jika berbeda sedikit dari aslinya di Jawa Timur sana, yang jelas..ini rasanya..enak dan gurih..^^
Heci

Bahan :
250 gram tepung terigu protein sedang
400 ml air
1 butir telur
1 buah wortel, potong dadu kecil
2 batang daun bawang, iris halus
1 batangs ledri, iris halus
1 genggam taoge pendek
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula pasir 1/8 sendok teh ( sejimpit kecil aja )
Kacang tanah secukupnya, di iris tipis2 untuk taburan
Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Campur terigu, telur dan bumbu halus, tuagi air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata dengan sendok atau spatula ( jangan di uleni pakai tangan ya agar hecinya tidak keras dan liat )
Masukkan bumbu2 lain dan sayuran iris. Aduk rata.
Panaskan minyak banyak di wajan, celupkan sendok sayur, diamkan sebentar. Masukkan adonan ke sendok sayur sampai penuh, kemudian masukkan ke minyak panas. Diamkan sebentar hingga adonan set, baru di goyang2 agar terlepas dari sendok sayur, lalu goreng hingga matang dan kering. Lakukan hingga adonan habis.

Tips : Heci yang enak..adalah yang bagian dalamnya fluffy dan lembut..jadi gorengnya di minyak yang banyak dan terendam dan api jangan terlalu besar agar matang sempurna sampai bagian dalamnya. Jika di goreng buru2 di minyak terlalu panas..kadang2 bvagian luarnya aj ayang kering, tapi bagian dalamnya masih bau tepung mentah atau tidak matang sempurna.

18

Sunday, April 6, 2014

Gembus Bacem


Tempe gembus..atau kalau di Jawa ya cukup sebut saja gembus..adalah sejenis tempe yang di buat dari ampas tahu. Kemudian di beri ragi dan di fermentasi seperti proses pembuatan tempe kedelai biasa. Karena  terbuat dari limbah tahu..tempe gembus nich di anggap kelas rendah dalam kasta makanan..* halah..bahasanya..hihi *. Iya lho..liat saja harganya yang super duper murah..sebiji cuma 200 perak..hihi. Padahal..aku pernah baca ulasan tentang tempe gembus ini di majalah..kata ahli gizi..karena terbuat dari ampas tahu..gembus ini tetep ada gizinya lho teman2..kan ada sari2 kacang kedelai yang nggak ikut kesaring di proses pembuatan tahunya. Wah..kalau pembuat tempe gembus baca..pasti langsung naik kali ya harganya..hihi. Kandungan seratnya juga tinggi lho teman2..tempe gembus ini..serta tak ada lemak sama sekali. Jadi..jangan ragu ya..masak tempe gembus..^^
21

Saturday, April 5, 2014

Tahu Gimbal Semarang




Kemaren sore lagi pengen makan tahu gimbal..akhirnya bikin dech..tapi dengan versi baru bumbunya nggak terlalu halus..beda sama yang biasa aku bikin..yang aku ulek halus kayak bumbu pecel..kali ini lagi pengen yang versi bumbu berkuah banyak dan bercitara seger..karena kacangnya nggak di ulek halus, jadi ada sensasi kres2 kacangnya. Dulu pernah makan tahu gimbal model gini di salah satu warung tahu gimbal di pojok Jatiraya deket rumah..cuma sekarang ndak ada lagi..ibu penjualnya udah meninggal. Jadi bikin sendiri aja di rumah..sama enak kok. Untuk resep kali ini juga aku coba pakai petis rada lebih banyak..dan hasilnya lebih sedep. Yapp..begitulah aku..nggak pernah puas dengan satu resep walau udah enak hasilnya..terus mencoba2 aneka versi masakan..walau jenisnya sama dan udah pernah ku posting. Tapi dengan bumbu yang semakin di sempurnakan..hasilnya juga akan berbeda dan semakin enak. 

22

Friday, April 4, 2014

Keripik Jamur Tiram Renyah



Seorang teman nanya ketika nyoba resep Jamur Krispi  yang dulu udah pernah ku posting..kok nggak awet kriuk..kayak keripik jamur. Hihi..ya memang itu kan bukan keripik jamur..tapi jamur krispi..jamur lapis tepung kayak ayam goreng krispi gitu..yang paling enak memang di makan hangat2 setelah di goreng..di cocol aneka saus. Krispinya paling2 tahan beberapa jam aja..kayak ayam krispi gitu lah. Nah..kalau mau awet dan renyah terus serta bisa di simpan di toples..ya bikin aja keripik jamur. Mudah kok..tinggal di ganti saja ya tepungnya..pakai tepung beras. Aku udah uji coba ini hari ke 4 masih renyah dan kres2 tuch di toples.

Cuma kelemahan keripik jamur ini..rasa asli dari jamur tiramnya sendiri sedikit berkurang ya..karena ikut kering juga. Tapi buat stock cemilan di rumah ya oke juga kok teman2. Tapi..ketika aku sodorkan ke Yodha..dia lebih suka jamur krispi..karena mungkin lapisan tepungnya kan lebih banyak jadi kayak ayam krispi katanya rasanya. Kalau keripik jamur ini..Yodha kurang suka..terlalu kriuk katanya..hihi. Kalau aku..suka semua..hihi..dasar tukang ngemil..! Oh ya..kalau goreng keripik jamur gini..minyak musti banyak ya teman2..dan jangan terlalu banyak naruh jamur di wajan..supaya cepat keringnya..tapi api juga jangan terlalu besar ya. Selain itu..melapis tepungnya juga..jangan langsung semua..tapi secukupnya buat di masukin ke wajan langsung..kalau sudah di lapis tepung semua, nanti jadi basah lapisan tepungnya..kan musti ngantri di gorengnya..^^

Oke..buat eman2..yang suka klethikan di rumah..yukk bikin keripik jamur..^^
Keripik Jamur Tiram

Bahan :
150 gram jamur tiram segar
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam (sesuai selera )

Bahan tepung pelapis :
150 gram tepung beras
3 sendok makan tepung maizena / sagu
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional , kalau nggak suka ganti garam secukupnya ya.. )
Garam secukupnya
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Haluskan bawang putih , aduk dengan garam dan air secukupnya.
Cuci jamur, sedikit peras ringan agar kandungan airnya keluar, suwir kecil2, lalu campur dengan bumbu, tiriskan.
Dalam keadaan basah segera baluri dengan bahan tepung pelapis
Goreng hingga matang dan renyah.
Simpan di toples ketika sudah dingin.

23

Nasi Goreng Teri Medan..Pedassss...!! ^_^




Beberapa hari kemaren aku tuch ndak makan nasi..karena sibuk bikin aneka kue..eh..kekenyangan dah cemal cemil icip2..hihi. Padahal ya tetep masak nasi dan lauk pauk buat Yodha dan papinya..cuma kok udah kenyang aja terus seharian sambil sibuk di dapur. Blenger juga kali ya ngadepin aneka kue banyak setiap hari. Tapi..tetep..karena ya lidah Indo nya kental nggak bisa bohong..sudah makan aneka cemilan..dll..berasa ada yang kurang itu beberapa hari ini..ternyata oh ternyata..daku rindu nasi..hihi. Dan..jika lagi rindu nasi..lauk yang paling enak pastinya sambal dong ya..hihi..tapi pagi2 kok ya aneh mau makan sambal..ya udah buat nasi goreng aja..tapi di bikin super pedas..sama kan..sensasi rasanya..kayak makan pakia sambal juga..^^
22

Thursday, April 3, 2014

Roti Goreng Isi Ayam


Suatu kali pernah ngobrol sama tetangga..mereka bilang.."Kok bu Diah ini sempat2nya dan rajin bikin roti..kan beli di bakery aja..banyak..murah dan juga tinggal pilih..nggak perlu repot2. Tukang roti keliling juga banyak..kata mereka." Aku sich senyum2 aja..seandainya mereka merasakan enaknya roti hangat homemade yang baru keluar dari oven..atau baru saja di goreng..mungkin akan berpendapat beda ya..hihi. Roti homamade..yang masih hangat dan fresh..rasanya enak banget..nggak bisa di bandingin dengan produk bakery manapun..yang kadang2 bentuknya cantik2..di pajang di etalase mewah..di kemas bagus..namun..kadang udah lama di pajangnya ya..jadi keras..dll..nggak fresh lah pokoknya. Jadi..aku memang sangat selektif memang kalau makan roti2 an..kalau beli di bakery2 gitu kayak nggak ada *jiwa* rasanya..halah..lebay bahasanya..iya beneran lho teman2..menurutku roti2 di bakery itu di buat dengan penuh perhitungan usaha..dengan tambahan bahan2 pengembang yang berlebih..pengempuk berlebih..jadi..kadang keliatan bentuknya cantik2 dan gede2..tapi kalau di makan..kempes dan lengket..nggak bercitarasa roti jadul lagi..hihi. Beda kalau homamade..selain masih anget..terasa dech gigitannya..bener2 makan roti..hihi. 

72

Wednesday, April 2, 2014

Oseng Peda & Daun So



Ikan asin peda....sapa yang suka ??..Ngiming ngimingi temen2 yang tinggal di luar lagi ahh..hihi..pasti lama nggak makan ikan asin peda ya..ayukk..sarapan dulu teman2..ambil nasi anget ya..terus tak kasih oseng peda pedas plus daun so / melinjo teman2..uenakk lho..hihi..walau menu deso yang super sederhana..^^

29

Tuesday, April 1, 2014

Kroket Panggang / Pastel Tutup


Kroket..bukan di goreng..tapi di panggang..biasa di sebut juga pastel tutup. Lebih sehat sich teman2..karena nggak pakai minyak dan di goreng. Enak juga..di makan anget2 pakai saus. Tapi kalau penggemar gorengan kayak aku..lebih manteb sich..kalau kroket di goreng ya..hihi..karena lebih gurih dan yang jelas bisa nyeplus cabe rawit. Tapi buat variasi snack sehat untuk keluarga..boleh di coba kok teman2..^^

13

Google Ad

Visit Our You Tube Channel