Google Ad

Sunday, March 2, 2014

Siomay Goreng



Wah....nggak terasa...udah jam segini..padahal baru selesai semua kerjaan..hihi, jadi baru sempat online. Udah sibuk..ini..itu..dari pagi..kok ya masih ada aja yang belum beres. Ternyata,..memang kerjaan sebagai ibu rt..nggak ada matinya ya teman2..kalau di turuti..bisa2 melebihi kerja kantoran..15 jam tak akan cukup..nyelesain semua kerjaan rumah. Memang sich dari beberapa hari kemaren juga lagi seneng menata ulang rumah..biar ada suasana baru dan lagi seneng ganti pernak pernik..dll. Nah..biarpun bukan aku yang ngerjain..tapi ikutan sibuk gitu..beres2 ini..itu..ngatur2 tukang..dan art ku..dll. Dan beneran dech..hasilnya rumah jadi lebih nyaman..hati jadi lumayan riang..liat suasana rumah yang sedikit berubah.Tapi tetep..kegiatan di dapur tetep jalan..tapi baru sempat dech di posting sekarang.
16

Saturday, March 1, 2014

Pangsit Udang Gulung



Happy weekend teman2 ya....! ^^
Yang mau di rumah aja..ayukk..bikin cemilan atau masakan yang spesial buat keluarga..pasti seru dech buat kumpul2 di rumah. Kalau aku sich udah ada rencana keluar..biasa..seminggu sekali Sabtu atau Minggu adalah waktu buat kami jalan2..sedikit hiburan buat Yodha..setelah sibuk belajar di sekolah. Jadi hari ini sebelum pergi aku posting satu resep baru dulu ya..semoga bisa jadi ide menu weekend ini. Menu simpel sich..cuma pangsit goreng gulung. Bahannya udang dan ayam..di bungkus kulit pangsit, kemudian di goreng dech. Enak buat cemilan..di cocol saus sambal atau di buat isian bakso kuah yang seger.
11

Friday, February 28, 2014

Semur Soun Ayam


Semur soun adalah salah satu masakan favoritku. Kalau di tempatku di Yogya..semur soun ini baisa jadi salah satu menu besekan..yaitu menu untuk nasi hantaran atau kendurian. Kendurian adalah tradisi doa bersama jika suatu keluarga ada hajatan..maka malamnya mengundang tetangga kiri kanan untuk berkumpul dan mendoakan sesuai tema hajatan. Nah..sesuai tradisi setelah acara kendurian selesai setiap yang datang ke acara akan membawa nasi dan lauk pauk komplet untuk di bawa ke rumah masing2. Karena nasi dan lauk pauk di tempatkan di wadah dari besek..maka si sebut juga nasi besekan. Tapi kini kadang2 besek telah tergantikan oleh kardus. Padahal lebih eksotis lho kalau pakai besek..hihi. Seru aja..ingat jaman kecil..kalau dapet nasi besekan itu menyenangkan di makan rame2 bersama sauadara2..biasanya masing2 pada suka bagian2 tertentu dari nasi besekan. Nah..aku paling suka semur soun ini dan nasi golong...atau nasi gurihnya..wah..jadi pengen nasi gurih juga.
19

Thursday, February 27, 2014

* Bubur Gila..^^


Sudah pernah mendengar nama masakan Nasi Gila teman2 ?..Aku sendiri kurang tau ya asalnya dari mana..cuma dulu pernah beli dan makan aja..nasi gila ini. Mungkin kayaknya menu ini terinspirasi dari masakan Chinese food dech..tapi di adaptasi sesuai lidah lokal. Nasi gila..adalah nasi biasa..yang di makan bersama tumisan yang simple..namun padat gizi..karena semua bahan tumisannya protein..hihi. Di tumis juga cepat sekali dengan bumbu2 simple dan minimalis..tapi hasilnya sangat enak dan gurih. Nah..tadi buat sarapan karena Yodha lagi males makan nasi..aku bikinin bubur aja..dan liat di freezer stock lauk komplet akhirnya kepikiran bikin bubur gila..hihi..*ngarang namanya..*..ya kan kalau si makan sama nasi..namanya nasi gila kan..kalau di makan pakai bubur..berarti namanya jadi bubur gila kan teman2..^^
19

Wednesday, February 26, 2014

Cap Cay Pak Tukino



Beberapa hari ini..maaf ya teman2..belum bisa posting masakan harian seperti biasa..aku memang jarang masak yang ribet2..karena badan kurang fit lagi..keseringan begadang..biasa..kalau Yodha lagi flu..otomatis..aku dan suami begadang..karena dia tidur nggak bisa nyenyak..dikit2 bangun..kalau di tinggal suka nggak mau..pokoknya nempel kayak perangko dech kalau tidur malem dia...kalau dia lagi flu..sering terbangun..manggil kami atau minta minum..atau ini itu..wis pokoknya..walau cuma sakit flu..kalau buat Yodha udah heboh gitu..hihi. Akhirnya aku juga ikutan nge drop. Jadi belum bisa masak komplet sperti hari2 biasa..dan akhirnya lebih sering jajan dech. Walaupun kadang2 yang kurang sesuai selera ya kalau jajan itu teman2.

Kayak tadi malem..kami cuma beli capcay dan ayam goreng. Cap cay nya aku penasaran sama Pak Tukino..yang terkenal banget di Semarang bawah dan pernah aku baca reviewnya di internet..kalau beli sampai ngantri2 dan ambil tiket dari jam 12 siang..ha..seenak apa sich pikirku..hihi. Sampai aku dapat info juga dari teman..kalau cap cay Pak Tukino ini buka cabang di Banyumanik..deket rumah..jadilah penasaran pengen coba...dan ternyata warungnya yang di Banyumanik ini deket sama rumah..di depannya soto angkring mas Boed..persis..wo alah..nggak ngeh aku..kalau itu cap cay terkenal tho..hihi..lha soalnya warungnya kecil dan biasa banget..cuma warung tenda gitu dan baru buka beberapa bulan ini. Tapi kata suami..kalau malem lewat situ emang rame. Ya udah akhirnya..aku minta tolong suami buat beli tadi malem..dengan embel2 pesan..tanpa saus *angciu*..jika pake. 

Akhirnya penasaranku terjawab sudah..hemm..menurutku menang di porsi besar aja sich cap cay Pak Tukino ini..mungkin itu kali ya yang bikin rame. Kalau rasa sich..masih kategori biasa menurutku. Enak..tapi nggak istimewa banget..masih jauh lebih enak..cap cay mie Tio Nusantara yang ada di Jalan Sukun Banyumanik..itu baru enak banget cap caynya. Penampilan cap cay mie tio ini juga lebih menarik..dan lebih mewah gitu kesannya..kayak di resto..padahal warung aja lho. Sayurannya di masak sempurna, cuma sebentar gitu di api besar..jadi masih seger..tekturenya masih kres2 dan  menggugah selera gitu..juga dalam potongan besar2. Bakso dan kekiannya juga komplet..ada ati ampela dan ayamnya juga. Sama tipenya sich dengan cap cay Pak Tukino ini..cap cay Semarangan yang pakai kuah kental merah, karena pakai saus tomat merah menyala dan kental..tapi rasanya itu nggak neg, tapi enak dan seger gitu, kalau yang cap cay mie Tio Nusantara. tapi karena kayaknya pakai saus tertentu yang nggak boleh kami makan..jadi sekarang jarang juga beli ke sana lagi. Mungkin saus tomat merahnya itu yang khas..racikan sendiri..soalnya aku sering coba..bikin cap cay pakai saus tomat botolan yang bermerk..rasanya malah beda..hihi. Memang..masak cap cay ala Semarangan memang tergantung sausnya..kalau salah saus..rasanya malah jadi eneg dan aneh. 

Cap cay Pak Tukino ini memang porsi besar , harganya 35 ribu perporsi..cukup murah sich.untuk porsi sebanyak itu..jadi bisa di makan rame2 sampai 4 orang...makanya jadi terkenal dan ngantri2 gitu kali ya kalau di Semarang bawah. Kalau cap cay di mie Tio Nusantara..harganya 16 ribu...bisa di makan berdua. Target ku memang mau mencoba terus bikin resep cap cay ala Semarangan yang bisa seenak cap cay mie tio nusuntara...nanti aku share ya teman..jika udah uji coba lagi dan ketemu resep yang pas. Kalau tanpa saus merah sich..aku udah bisa bikin cap cay yang enak. Masalah bakso dan kekian..juga udah sering bikin sich..jadi menurutku lebih enak bikinan sendiri juga. Memang di Pak Tukino kekiannya lumayan enak..udangnya banyak..tapi rada amis menurutku..mungkin kualitas udangnya. Aku memang sensitif banget sich..karena sering banget masak udang..dan sering bikin kekian juga. Jadi..tau aroma dan rasa udang segar di masakan. Kalau udang yang di pakai seger..aromanya jadi manis dan gurih..misal di campur ke kekian gitu..bukan amis.

Ya..yang penting udah nggak penasaran lagi sama cap cay pak Tukino ini..dan intinya enak sich..tapi nggak istimewa banget menurut aku dan suamiku. Jadi..kalau misal di suruh antri dari jam 12 siang buat ambil tiket dulu untuk beli cap cay ini di Semarang bawah..jelas..emoh..hihi..alias nggak mau. Kalau yang di cabang Banyumanik sich nggak antri begitu untungnya..^^
30

Resep Wedang Uwuh



Badan masih rada nge drop karena masuk angin...jadi minuman hangat tetep jadi menu harian buat di minum sore2 buat kami beberapa hari ini. Akhirnya..memanfaatkan sisa kayu secang yang udah lama nganggur..jadi juga bikin wedang uwuh khas Yogya. Minuman ini pertama kali terkenal di kawasan Imogiri Yogya..di sana banyak warung2 yang menjual wedang uwuh. 

12

Tuesday, February 25, 2014

Pukis Labu Kuning


Masih memanfaatkan labu kuning..jadilah pukis. Karena masih ada tukang kerja di rumah..jadi bisa buat coba2 resep dan ada yag ngabisin juga. Kue2 tradisional Indonesia..memang cocok banget di tambah aneka umbi2 an ya teman2. Citarasanya bertambah dan juga warnanya cantik alami. Jadi..aku bakalan sering memang bereksperimen dengan aneka kue2 tradisional di tambah umbi2 an ini. Kali ini aku nggak pakai cetakan pukis..tapi pakai cetakan snack maker double pan..jadi pukisnya bentuk bulat. Tapi aku kok lebih suka pakai cetakan pukis sebenernya..karena hasilnya pukisnya kan jadi kecil2..dan jika makan nggak terlalu kenyang..beda sama snack maker dari double pan yang hasilnya jadi gede2..^^..makan satu kenyang dech. 
17

Monday, February 24, 2014

Wedang Bajigur Coklat



Bajigur..adalah minuman yang tepat ketika lagi masuk angin. Biasa teman..kalau anak sakit..pasti begadang buat seorang ibu itu biasa ya teman2. Kayak tadi malem..Yodha mau flu..hidung mampet..pasti sangat menjengkelkan buat anak2..jadinya tidur sama sekali nggak nyenyak..otomatis..daku juga begadang lagi dech jagain dia tidur. Untungnya nggak demam cuma mau flu aja Yodha..alhamdulillah. 

11

Sunday, February 23, 2014

Kue Ku Labu Kuning


Kalau ke pasar..tak pernah terlewatkan olehku untuk beli labu kuning. Tau dech..aku suka banget berekplorasi dengan aneka resep kue2 tradisional dari labu kuning..ubi dll. Seru aja..jika mencoba2 dan berhasil membuat penganan yang enak dari campuran umbi2 an yang harganya cukup murah..tapi jika sudah di olah..bisa jadi snack baru yang beda dan cantik alami warnanya. 

16

Google Ad

Visit Our You Tube Channel