Thursday, October 20, 2016

Sermier Kucai


Olahan singkong lagiiii....!
Yupp.di pasar lagi banyak singkong bagus nich teman-teman..ayuk manfaatkan untuk membuat aneka cemilan dan snack ya. Karena singkong itu ternyata musiman..kalau lagi musim bagus ya bagus semua...kalau lagi jarang ya susah dapat singkong berkulitas. Kata mba artku yang sering nanam singkong...bulan ini bagus kualitas singkongnya. Dan di pasar memang aku lihat banyak singkong bertebaran..besar-besar dan mempur semua. Di lihat dari kulit dalamnya yang pink dan ukurannya yang montok-montok..hahah

Singkong bisa di buat aneka kudapan, manis atau gurih. Nah jika bosan di buat olahan jajanan basah, bisa juga kok singkong di olah jadi cemilan kering, seperti kerupuk sermier ini. Cara membuatnya mudah, cuma di butuhkan telaten aja di prosesnya. Pertama pilih singkong yang bagus, kemudian di parut, di beri bumbu, garam..bawang putih, ketumbar dan sedikit kaldu bubuk jika suka, lalu  untuk tambahan aromanya, bisa di tambahkan kucai atau daun bawang. Kalau aku lebih suka kucai..lebih sedep aromanya. Selanjutnya campuran singkong tadi, di ratakan tipis-tipis di bawah piring *blek atau tutup panci, lalu di letakkan di atas uap panas agar matang. Caranya adonan tadi di tutupkan di panci yang berisi air mendidih. Sebentar saja udah matang kok. Selanjutnya tinggal di jemur hingga kering, lalu di goreng.

Kemaren aku share foto sermier ini di instagramku dan banyak teman-teman yang komentar, ternyata tiap daerah punya nama masing-masing untuk sermier ini, ada kecimpring, ada Opak..Romeo..Sandariah, dll...hihi. Lucu-lucu dech namanya. Yang jelas rasanya sama kali ya..beda di bumbu aja masing-masing tergantung selera. Kalau jaman kecilku...malah bisa di makan pakai bumbu rujak, kerupuk ini..hihi.

Resep dan step by step cara pembuatan sermier, sudah pernah aku posting di SINI ya teman-teman. Di klik saja..nanti keluar linknya. Yang dulu itu yang versi pedas. Kalau yang ini versi gurih dengan tambahan kucai. Selamat mencoba ya..jika suka.

8 comments :

  1. Link nya gak ada itu mbak. Gak bisa Diklik 😂

    ReplyDelete
  2. Link nya gak ada itu mbak. Gak bisa Diklik 😂

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah,suka bngt opak kenangan ms kcl di Jkt,tksh mbk Di..ketik'resep sermier'..Alhamdulillah ktmu resepnya th 2013..bhn pun mdh di dpt.(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp bunda...bikin sendiri lebih gurih dan enak tentunya..:D

      Delete
  4. Kalo di Jawa Timur namanya Samiler Mbak. Enak. gurih. Apalagi kalo ada irisan daun bawang. Makin enak. Enak nyemilin cemilan gini dibanding beli cemilan kekian yg ada bubuk cabai/rasa2 lainnya.

    ReplyDelete
  5. Mbak klo ini kan istilahnya di garangi y...klo dikukus trus,dipotong2 bisa kagak?baru dijemur...kayak bikin krupuk udang

    ReplyDelete