Thursday, October 13, 2016

Tahu Isi Sayur &Telur Puyuh



Aku tuch suka banget sama yang namanya Tahu..tahu apa aja..kok selalu tergoda untuk beli..jika di tawari..hihi. Bahkan di budhe sayur..kalau udah kesiangan ke rumah..cuma bawa tahu dan tempe..tetep aku beli walau cuma beli tahu sebungkus..hihi. Kemaren Budhe sayur cuma ada Tahu Pong sebungkus..langsung aku ambil dech.

Pengen masak sayur tahu pong sama kacang tolo pedes. Tapi waktu Yodha pulang sekolah..dia minta snack. Waduch..belum bikin apa-apa. Aku tawari tahu isi aja..dia mau. Akhirnya buat sebentar dan anget-anget di makan mendung-mendung kelabu gitu..Yodha habis 4 biji. Wuaaa..senengnya hatiku liat perut Yodha semakin gembil..karena dia senang makan dan ngemil. Maaf ya teman-teman..ini Emaknya rada lebay...telat liat anaknya suka makan..jadi senengnya tuch di sini..di hatiku..hihi.

Yodha memang termasuk telat doyan makan semua..baru kelas 4 dan 5 ini..jadi sekarang badannya udah seksi berisi...hahah. Suka di ledekin sama Papinya..karena saingan makan sekarang. Hobbynya makan jamur dan seafood sekarang. Ini tadi udah pesan sponsor..minta Cumi bakar buat makan malam. Wis..pokoke apa aja dech yang di sukai Yodha...aku masakin..soalnya lagi ngerasain *Golden Momen dia yang suka makan...kalau dulu kan *picky eater banget Yodha tuch.

Okeh dech langsung saja ini dia resep Tahu Isi favorit Yodha..
Tahu Isi Sayur & Telur Puyuh

Bahan :

Bahan :
10 buah tahu pong
10 buah telur puyuh rebus, kupas
250 gram wortel, rebus sebentar, potong korek api
3 lembar kol, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
2 ekor udang segar ( atau ganti ebi 1 sendok teh )
2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera

Bumbu halus :
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan udang, telur puyuh, sayuran serta semua bumbu 
Aduk rata dan masak sambil di aduk-aduk hingga bumbu meresap
Koreksi rasa
Dinginkan

Adonan pencelup :
75 gram tepung beras
50 gram tepung terigu protein rendah
200 ml air
1/4 sendok teh baking powder

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
1/2 sendok teh kaldu ayam dan Garam sesuai selera 

Penyelesaian :
Siapkan adonan pencelup
Isi tahu pong dengan adonan isi secukupnya, beri masing-masing isian satu butir telur puyuh
Celup ke adonan tepung, goreng hingga matang
Sajikan hangat dengan cabai rawit..hemm enak..!

3 comments :

  1. Sebagai Pecinta makanan sejati.... aKu mau coba yang ini... :D

    makasih resepnya Mbak :D

    ReplyDelete
  2. widih biasanya kalau di tempat saya namanya tahu brontak..tapi g pake telur dalemnya.. kalau ini enak banget pasti hehe

    ReplyDelete