Monday, October 3, 2016

Oseng Jambu Mete


Ini menu paling unik yang aku masak..dari segi bahan. Yupp..Oseng Jambu Mete...atau jambu monyet...hihi. Jambu yang rasanya cukup unik..nyegrak agak sepet-sepet manis jika masak. Airnya banyak...enak di rujak atau di cocol garam aja jika udah matang..enak. Dulu jaman kecil..kadang tidak ada makanan lain yang di cemil..ya biasa nyemil Jambu Mete dari kebun..hahah. Jaman dulu tuch apa-apa enak..dan malah sehat lho..anak-anak makan apa yang ada di kebun..ada Jambu Mete..Duwet, Jambu Air, dll..tinggal cari di kebun..fresh dan gratis. Sekarang..mau beli buah Duwet aja mahal lho..seharga buah Anggur...Lol..!


Kemaren pak Tukang kebunku bawa Jambu  Mete. Buahnya udah matang dan ranum. Aku jadi ingat dulu pernah membaca info kalau Jambu Mete ini bisa di masak. Aku lalu posting di instagram aku foto Jambu Mete ini...ternyata bisa di oseng kata teman-teman yang udah pernah coba. Jadi memang aku belum pernah makan masakan dari Jambu Mete ini. Kalau di rumahku dulu ya cuma di rujak aja..palingan biji metenya di bakar...wah enak sekali itu rasanya..:D


Menu masakan dari Jambu Mete ini adalah olahan khas Jepara. Katanya bisa di oseng atau di sambel terasi juga. Wah..aku jadi penasaran, akhirnya tadi aku coba oseng Jambu Mete dulu. Cara mengolahnya, pertama kita harus kupas dulu jambunya, di  potong panjang, lalu di remas-remas dengan air garam, agar rasa sepetnya hilang.

Tapi beneran, setelah di remas pakai garam, rasa sepetnya memang hilang lho, tinggal rasa asem seger sedikit. Siap di olah dech. Bumbunya juga bumbu oseng biasa, bawang merah, bawang putih, cabai. Aku tadi tambah ebi dan sedikit terasi. Kata teman-teman lain, oseng Jambu Mete ini enak juga di campur kikil, teri, dll. Selain di oseng, bisa di buat bothok atau di buat setup juga. Kapan-kapan aku coba dech...jika punya Jambu Mete lagi.

Oke dech, langsung saja yuk di coba...jika di sekitar tempat tinggal teman-teman, ada Jambu Mete..coba aja di oseng..unik rasanya...kenyil-kenyil seperti jamur, tapi ada sedikit rasa asem seger..hihi.
Oseng jambu Mete

Bahan :
10 buah jambu mete
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
1/4 sendok teh terasi
1 sendok makan ebi
garam dan gula sesuai selera
100 ml air

Cara membuat :
Kupas jambu mete, potong memanjang
Remas dengan 1 sendok teh garam hingga airnya keluar
Cuci bersih
Iris bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum 
Masukkan terasi, cabai dan ebi
Tumis hingga matang
Masukkan air dan irisan jambu mete, serta bumbu lain
Masak hingga meresap
Cicipi rasanya




8 comments :

  1. Aduh jambu 🐒 jkt langka mbak. Musti mudik kampung dulu kalo makan beginian. Pergi keladang dulu, manjat2😅. Ampun deh, uda lama bingits ga makan 'daging kebo' (jambu 🐵) hihihi . Daun yg masih muda/pucuk bisa di masak juga mbak... *kangen kampung dah jadinya... hiks..hiks😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ini termasuk buah langka ya mba..kecuali di Gunungkidul sana memang penghasil kacang Mete ..jadi banyak pohonnya..:)

      Delete
  2. lah, menunya kok samaan saya mb. kebetulan d tmpt saya banyak. klo saya d tambah petis ikan sedikit(tanpa.trasi) mantapb mb:-)

    ReplyDelete
  3. Mbak, saya beneran baru tahu kalau jambu mete bisa dimasak dibikin begini, biasanya dibuang2 aja, yang diambil kacang metenya aja. :)

    ReplyDelete
  4. mba diah, baru ngeh kalo jambu mete bisa dimasak jadi sayuran, hehe. biasanya aku cemilin aja kayak buah .

    ReplyDelete
  5. Ditempat mertua banyak jambu mete,kpn2 dicoba ah...mkasih resepny mb

    ReplyDelete
  6. Ditempat mertua banyak jambu mete,kpn2 dicoba ah...mkasih resepny mb

    ReplyDelete
  7. kalo di tempat saya oseng jambu mete di bumbu pedes. buat teman makan nasi jagung. sedaap

    ReplyDelete