Friday, October 14, 2016

Rollade Ayam Sayur


Ini menu Yodha kemaren..niatnya  mau ngakalin Yodha biar makan Brokoli..tapi ketahuan..katanya.."Ada brokolinya ya Mie ini !"..hahah. Yodha tuch udah pinter menganalisa makanan. Aku buatin cumi atau daging bakar aja..aku kasih bumbu beda dari sebelumnya..tau dia..hihi. Kadang emaknya kan terlalu kreatif...bosan jika masak dengan bumbu yang sama...jadi suka bereksperimen gitu dengan aneka bumbu. Eh..Yodha protes..katanya..aku paling suka yang saus Lada Hitam..hahah..tau aja dia. Kalau aku kasih bumbu tradisional komplet misal pakai kunyit..jahe..gitu dia kurang suka..lebih suka saus tiram sama lada hitam.

Kemaren aku buat Rollade Ayam..kalau ayam aja kok garing ya rasanya. Akhirnya, mulai dech..wortel masuk..brokoli masuk...haha. Tapi jadi cantik lho penampilannya..ada bintik-bintiknya..cuma di protes Yodha aja. Dia protes kok rolladenya pakai sayur..katanya. Tapi tetep lahap..karena makannya pakai saus Jamur favoritnya. Yodha lagi suka banget sama jamur..apa-apa minta di kasih jamur..hihi. Sekedar jamur tiram di masak saus tiram aja..sepiring di habisin sendiri.

Untu rolladenya.enak..tapi jika mau lebih gurih sebaiknya di campur udang sedikit ya..karena ayam kurang gurih citarasanya ya jika di kukus. Misal buat siomay ayam gitupun aku selalu tambahkan udang. Sayangnya kemaren nggak punya udang..jadi pakai ayam aja. Jadi biar lebih enak aku tambahkan sedikit kaldu ayam. Membuat Rollade ini sebenernya mudah..cuma butuh telaten sedikit ya teman-teman. Rollade ini bisa langsung di goreng, atau di sajikan langsung setelah di kukus jika mau lebih sehat..atau bisa juga di lapis panir..seperti nugget..sesuai selera saja ya :)

Okeh..langsung aja ini dia resepnya :)
Rollade Ayam Sayur

Bahan :
250 gram ayam giling ( beli di supermarket atau cincang sendiri ), 50 gram tepung panir halus
1  buah wortel kecil, serut
50 gram brokoli, cincang  kecil
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 sendok makan bawang merah
1/2 sendok teh kaldu ayam
2 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh pala bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1 butir telur

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Koreksi rasa, dengan cara merebus sedikit adonan..jika sudah pas gurihnya siap di kukus
Ambil dua lembar daun pisang, beri adonan secukupnya
Bungkus seperti lontong
Kukus 35 menit hingga matang
Dinginkan
Potong-potong, goreng
Sajikan dengan saus sesuai selera
Jika mau saus jamur, udah pernah aku posting sebelumnya ya resepnya


9 comments :

  1. Mba diah, 1 sdm bawang merah itu, yang digoreng ato bwg mentah halus?

    ReplyDelete
  2. hmmm,,,maksnyuss ya ciin,, liat gambarnya aja jadi pingin nyobain.. :D

    ReplyDelete
  3. Aki mau jadi yodha..... tiap hari dimasakin yg macem2 dan enyak enyak.... 😀😀

    ReplyDelete
  4. Asoy... enak tenan nih... aku mau coba dong mbak :D

    ReplyDelete
  5. rollade yang sangat enak nih...mantapp

    ReplyDelete
  6. Enak sepertinya mb.. Saya mau cobain ah... Setiap resep mb diah yg saya coba sell enak.. Smp suami saya blng... Sekarang umi udh pinter masak.. Masakan umi enak.... hehe.. Suami saya ga th rahasianya ya mb.. Pdhl stp x ke dapur.. Saya sell bawa hp and liat contekan resep mb diah.. Thanks for all sharingnya mb..

    ReplyDelete
  7. Enak sepertinya mb.. Saya mau cobain ah... Setiap resep mb diah yg saya coba sell enak.. Smp suami saya blng... Sekarang umi udh pinter masak.. Masakan umi enak.... hehe.. Suami saya ga th rahasianya ya mb.. Pdhl stp x ke dapur.. Saya sell bawa hp and liat contekan resep mb diah.. Thanks for all sharingnya mb..

    ReplyDelete
  8. makasih resepnya mbak....buat variasi bekal anak ke sekolah

    ReplyDelete