Tuesday, October 18, 2016

Sawut Singkong Dua Rasa


Ah...menunya *me time..again..Singkong...hahah. Sudah pasti yang makan aku sendiri...karena Yodha dan papinya nggak suka singkong. Untung tadi ada tukang yang kerja di rumah, jadi ada yang bantu ngabisin. Tadi aku buat sawut Singkong. Padahal tuch..enak banget lho menurutku..hihi...kok Yodha aku paksa-paksa makan singkong dari dulu..kurang suka. Dia hanya doyan keripik singkong dan singkong goreng yang empuk seperti model Tela-Tela gitu.

Yo wis lah hari ini..dengan bermodalkan singkong setengah kg..cukup jadi banyak juga Sawut Singkongya. Cara membuatnya juga mudah...dan cepat. Singkong yang kualitas bagus, yang mempur di kupas, di serut kasar atau istilahnya di sawut. Aku pakai serutan keju yang lubang besar. Kemudian tinggal di kukus sebentar saja. Mengukusnya jangan terlalu lama ya, karena ciri khas Sawut Singkong itu harus masih terasa sedikit krenyes-kreyes singkongnya. Kalau terlalu lama ngukus, selain tekturenya hilang, nanti juga akan lengket satu sama lain.

Pokoknya dari waktu air bergolak itu cukup sekitar 5 hingga 10 menit  sudah cukup waktu pengukusannya. Untuk rasa, tadi aku buat dua rasa, satu gula merah dan satu lagi putihan aja agak plain yang putih rasanya. Biar nggak monoton manis semua rasanya. Dan seringnya itu waktu makan, kita comot sedikit Sawut putih, lalu kita campur sawut yang rasa gula merah..kita masukkan mulut..biarkan kedua rasa itu menyatu..*halah..*..hahah. Lebay bingits dech akuh..!

Cobain dech..ini menu sehat..enak..murah meriah dan bisa kita jadikan snack mewah jika kita kemas dengan cantik lho teman-teman. Jika untuk suguhan, coba taruh sawut di *sudi daun pisang yang cantik, pasti lebih menarik atau  bisa di cetak juga agar lebih cantik penampilannya. Pasti akan di sukai, karena biasanya banyak yag malas membuat sendiri Sawut Singkong ini, walau rasanya sangat enak. 

Okeh, langsung aja ya, ini dia resepnya ya teman-teman..selamat mencoba ya..jika suka.....
Sawut Singkong

Bahan :
400 gram singkong yang sudah di kupas dan di serut kasar
50 gram gula merah, sisir halus ( atau boleh lebih jika suka manis )
1/2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, beri sedikit garam, lalu kukus sebentar

Cara Membuat :
Campur singkong dan garam, aduk rata
Bagi singkong menjadi dua bagian
Satu bagian, tambahkan dengan gula merah, satu bagian tambahkan gula pasir
Aduk rata masing-masing
Kukus di kukusan yang sudah di panaskan selama 5 - 10 menit.
Sajikan dengan kelapa parut


2 comments :

  1. Mba itu model parutan kasar spt apa ya ,posting dong gambar parutannya biar pas direcok hasilnya persis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dari alumunium ada 4 sisi berbagai lubang mba beli di supermarket byk :)

      Delete