Monday, October 10, 2016

Otak Otak Panggang


Musim hujan sudah tiba nich ya teman-teman...tiap hari hujan terus. Jadinya laper terus juga ya...hihi. Yodha aja sekarang jago makan...jago ngemil..! seneng dech aku. Sekarang tiap bau bumbu masakan lagi aku tumis, langsung teriak..: " Bau enak apa ini Mi ?"...hahah. Walau kadang suka aromanya aja misal aku masak sayur-sayur gitu..sambil cium-cium aromanya. Kalau di suruh makan tetep milih ayam..daging, dll. Ya..begitulah anak-anak generasi sekarang ya...taunya ya lauk yang enak-enak aja..mana mau di suruh makan sayur-sayur ndeso favorit Emaknya.


Nah kemaren waktu ke supermarket, beli satu ekor ikan tenggiri kok masih segar. Langsung dech kepengen aku bikin Otak-Otak, tapi versi panggang. Pengen tau bedanya. Biasanya, aku kalau buat Otak-Otak, pasti dech aku kukus dulu, takut ngga matang. Tapi kemaren sejak beli alat panggangan baru dari Korea nich...jadi suka panggang segala sesuatu dech...hihi. Sebenernya bagus juga sich ya..lebih sehat dan tetep enak pastinya. Jadi..menu enak dan diet sebenernya masih bisa enak ya..seperti Otak-Otak ini. Pan ini unik juga sich..aku pakai panggang bumbu  bawang merah kemaren..aku kelamaan..bisa kering lho...hihi..jadi bisa hemat minyak juga nich ya..Lol..!

Oke dech..langsung saja ini dia resep Otak-Otak Panggang nya ya teman-teman. Lebih sedep ternyata jika di panggang langsung, karena sari ikannya jadi lebih terasa ya manis..nggak kena uap air. Kuncinya, adonan kudu agak lembek dan lemes ya agar mudah matang, jangan terlalu kesat atau kalis. Jika nggak ada panggangan khusus di rumah, pakai teflon aku kira bisa juga kok atau panggangan apa aja dech.

Otak - Otak Panggang

Bahan :
200 daging fillet ikan tenggiri ( dinginkan di freezer sebentar )
50 gram sagu ( atau pakai Tepung Bakso juga bisa )
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
1 putih telur
100 ml santan kental
1 batang daun bawang, iris halus
2 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat :
Masukkan daging ikan tenggiri, dan semua bahan kecuali tepung
Proses hingga lembut dengan food processor
Tambahkan tepung
Aduk rata, koreksi rasa dengan cara memanggang sedikit adonan, cicipi dan koreksi rasa hingga pas gurihnya
Bungkus memanjang dengan daun pisang pipih dan jangan terlalu besar ukurannya
Panggang hingga matang


4 comments :

  1. Jadinya kira2 brp biji mba di? Oh iyah mba, jalan2 yg ke kampung apa itu yg mba di share di ig, tulis liputannya dong disini... Mksh mbaa

    ReplyDelete
  2. Aku gagal terus bikin otak-otak. Entah kurang tepat ngikutin resep atau bagaimana. Mau coba resep yang ini, semoga berhasil. Makasih mbak D

    ReplyDelete
  3. Mb Diah.. Aku naksir sama panggangannya. Merk apa mb? Beli dimana?

    ReplyDelete
  4. Ini nih makanan kesukaan ku, tapi sayang belum bisa buatnya yang seenak mba buat..

    ReplyDelete