Friday, October 21, 2016

Dua Olahan Udang Ala Resto Buatan Sendiri


Seperti biasa..kalau ke pasar lihat udang seger selalu tidak tahan untuk membeli. Padahal ya belum ada ide mau masak apa pakai udang...karena tadi juga udah beli Cumi untuk Yodha..Kerang untuk Papinya..hihi. Seleranya sendiri-sendiri. Kalau aku tetep paling favorit ya Udang. Tadi sebenernya nggak niat beli udang, tapi iseng aku pencet masih keset dan warnanya itu masih seger bening, akhirnya beli juga..walau cuma 250 gram.

Mungkin teman-teman berpikir ..beli udang sikit banget..jadi apa coba di masak ?..Tenang..dengan sedikit kreatifitas..250 gram udang seharga 15 ribu..bisa jadi menu mewah ala resto lho teman-teman..hihi. Dua macam lho..bukan cuma satu..nich..buktinya...hihi.

Separo aku goreng pakai panko..jadi dech Ebi Furai ala resto Jepang yang kalau beli itu sudah pasti mahal. Satunya..masih ala Jepang juga..Tempura Udang. Tapi biar beda, aku tambahkan sledri cincang. rasanya jadi lebih harum..gurih dan enak Tempura Udang nya.

Nah..bagaimana caranya..udang yang ukurannya tidak terlalu besar, kita sulap jadi hidangan ala resto yang jadi lebih besar ukurannya dan cantik..jadi lurus-lurus panjang. Pertama..kita bersihkan udang, lalu kupas, tapi sisakan bagian ekornya. Kemudian, ambil tali hitam di punggung udang tuch, tinggal di tarik aja. Selanjut, kerat bagian bawah udang ( yang sebelum di kupas tempat kaki-kakinya )...kerat tapi tidak sampai  putus. Selanjutnya...pijit-pijit udang hingga lurus dan jadi panjang. Lumuri udang dengan sedikit garam dan merica. Siap di olah dech.

Untuk Ebi furainya, agar jadi gendut-gendut, celup terlebih dahulu udangnya ke adonan tepung berbumbu ( aku pakai tepung krispi yang di beri air sehingga jadi adonan kental seperti mendoan ). Kemudian, celup udangnya, lalu gulingkan ke Tepung Panko serpihan kasar, agar cantik lapisan pankonya. Panko itu tepung roti ala Jepang ya biasa untuk membuat aneka gorengan ala resto Jepang, seperti Katsu, Ebi Furai, dll.
Cara Membuat Ebi Furai Praktis :

Bahan :
250 gram Udang Segar ukuran sedang, kupas sisakan ekor
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk

Bahan pencelup ( A ) :
100 gram Tepung Krispi ( atau Tepung bumbu lain ), aduk rata dengan 150 ml air 

Bahan pelapis ( B ) :
150 gram Tepung Panko putih

Cara membuat :
Buang tali hitam di badan udang, kerat bagian bawang udang, pijit-pijit agar udang lurus
Lumuri dengan garam dan merica, diamkan 15 menit
Panaskan minyak goreng
Celup udang ke bahan pencelup ( A )
Gulingkan ke Tepung panko putih ( B )
Goreng hingga matang dan renyah luarnya
Tips :
Pilih udang yang segar agar citarasa Ebi Furai gurih dan manis. Jika udang kurang segar, rasa Ebi Furai cenderung amis. Udang yang segar cirinya, jika kita pegang masih kenyal dan kenceng badan udangnya. Kepala belum terpisah dari badannya. Warna masih transparan seger, bukan kuning ya.


Tinggal di goreng dech. Untuk Udang Tempuranya..aku pakai Tepung Tempura ( klik tulisan untuk keterangan lebih lanjut tentang tepung tempura )  ala Jepang. Biasa..memanfaatkan sisa Tepung tempura yang udah aku buka untuk coba-coba resep. Tinggal di tambah bumbu  lagi sesuai selera ya, karena tepung Tempura ini agak *plain rasanya, karena otentik ala Jepang. Selanjutnya, udang yang sudah di bumbuin garam merica, di celup ke adonan tempura, lalu di goreng dech. Mudah banget. Kalau Tepung Tempura, kuncinya harus di adonin pakai air es, agar kriuknya itu kres tahan lama hingga dingin.

Oke..selamat mencoba teman-teman..jika  kesulitan mencari tepung panko kasar yang bagus, aku jual..ada Tepung Krispi, Tepung Tempura juga, dan masih banyak lagi aneka jenis tepung yang praktis dan enak...sms atau wa aja ke 089654712500 ( no call )




Selamat menyambut weekend ya...:D

DD

1 comment :

  1. wah mba aku liatnya sampe ngiler nih, pas banget lagi laper-lapernya nih...

    ReplyDelete