Sunday, October 9, 2016

Oncom Goreng


Masih membahas tentang Oncom ya teman-teman. Secara aku jarang sekali ketemu bahan Oncom ini. Baru merasakan Oncom segar itu ya kemaren ketika di kirimi ponakan. Jadi...karena hanya di kirim satu papan Oncom, aku coba untuk membuat berbagai macam masakan agar tahu rasanya.

Nah...ternyata Oncom yang di kirim keponakanku kemaren adalah Oncom merah atau Oncom Orange...yang terbuat dari ampas tahu. Jadi rasanya lebih mirip Tempe Gembus, tapi aromanya lebih enak dan khas. karena melalui proses fermentasi dengan jamur khusus, sehingga warnanya bisa orange cantik permukaannya. Oncom jenis ini katanya lebih di kenal Oncom Jakarta atau Tasik. Sedang Oncom satu lagi adalah Oncom Hitam yang terbuat dari Bungkil kacang tanah, ini katanya khas Bandung.

Nah..untuk Oncom Orange ini memang kalau di  lihat penampakan mentahnya, tekturenya mirip tempe Gembus, makanya kata ponakanku enak di buat Oncom goreng tepung. Jadi seperti mendoan gitu, tapi di ganti Oncom. Setelah aku coba kemaren..rasanya..memang enak banget. Mirip Gembus goreng, tapi lebih beraroma khas...aku suka. Di makan anget-anget gitu sambi nyeplus cabe rawit, nggak terasa 3 potong..masuk mulut...hihi.

Oncom orange ini memang penampakannya agak ekstrim..jarmunya banyak banget warna orange menyelimuti permukaan oncomnya. Bahkan ketika di goreng, masih keliatan kan warna orange, coba lihat foto Oncom gorengnya teman-teman. Yang warna orange cerah itu jamurnya ya. Nah..liaat itu kemaren Yodha nggak mau makan. Katanya : "Tempe udah jamuran kok di makan..ntar beracun lho Mi..!"...katanya..hihi.

Alhamdulillah makan 3 biji atau lebih ya kemaren Oncom Goreng..nggak apa-apa tuch Kak..hahah. Dasar Maminya pemakan segala. Enak banget sich...lebih enak dari Gembus goreng. Cara membuatnya juga mudah. Oncomnya tinggal di iris tipis, di celup bumbu air garam dan bawang jika mau lebih gurih dalemnya. Kemudian tinggal di celup adonan pencelup, seperti adonan mendoan..dan di goreng. rasanya..enak banget teman-teman...beneran.

Ini penampakan Oncom Goreng tepung waktu aku goreng kemaren..menggoda kan..hujan-hujan..anget-anget makan ini...hemmm..enak sekali. Aku pakai Tepung Mendoan jualanku aja kemaren..praktis, tinggal kasih air, udah berbumbu...hihi. Jadi sewaktu-waktu mau goreng gorengan yang memakai adonan pencelup, ya aku pakai Tepung Mendoan ini. Alhamdulillah kok ya banyak yang suka Tepung Mendoan jualanku ini, rasa gurihnya pas..nggak berlebihan..jadi coock untuk membuat aneka gorengan seperti mendoan, tahu isi, misoa goreng, rollade goreng, ubi, dll.


3 comments :

  1. Tepung mendoannya isi brp kilo? Harganya brp?

    ReplyDelete
  2. Klo ditangerang adanya oncom orange..klo aku biasa bikkn oseng oncom campur lenca..enak lho mbak..kapan2 aku share fotonya pas aku lg masak deh ��

    ReplyDelete
  3. Bun cara beli tepung mendoan nya gimana

    ReplyDelete