Sunday, October 23, 2016

Ronde Sekoteng Jago Salatiga



Hari ini aku mengulas kuliner Salatiga lagi ya, yang belum pernah aku tulis di webku ini. Namanya Wedang Ronde Sekoteng Jago Salatiga. Yupp..seperti ronde, tapi campur sekoteng juga rasanya. Jadi lebih mengigit pedas kuahnya. Cuma yang bikin beda itu adalah isiannya yang banyak..beda sama ronde biasa yang hanya isi bola-bola ketan, kolang kaling , kacang sangrai. Kalau di ronde Sekoteng Jago ini..isiannya banyak banget...ada pacar Cina juga..ada kacang yang sudah di rebus empuk, seperti bahan Wedang kacang tanah, ada juga manisan kulit jeruk dan satu lagi manisan apa ya..ndak tau.

Sebenernya dari dulu pengen coba ronde Sekoteng Jago ini, karena letaknya itu persi di belakang Sate Suruh, Sate Sapi langgangan kami..kalau lewat Salatiga..mesti mampir sana. Sayangnya seringnya belum buka..kalau pas mau sekalian ke Warung Wedang Ronde Sekoteng Jago ini, karena bukannya jam 2 siang, dan biasanya kami makan sate waktu makan siang. Jadi kadang males tunggu buka. Nah..kemaren di niatin tunggu warungnya buka..sampai di bela-belain muter-muter dulu di seputar Pasar Raya 2 Salatiga..hihi.

Warungnya kecil, berada di gang gitu di belakang area pertokoan Pasar Raya 2 Salatiga. Kalau mau gampang carinya ya persis di belakang Sate Sapi Suruh yang super enak itu. Jadi paduan yang pas, setelah makan sate sapi, lalu minum Wedang Ronde Sekoteng ini. Dan lebih baik lagi..datanglah waktu baru buka..ya di siang hari..jam 14.00 gitu. Kalau udah sore atau malam..katanya..antri..pakai nomer..hihi. Sayangnya warungnya di belakang pertokoan, jadi agak gelap, nggak bisa dapat cahaya yang cukup untuk motret, jadi kurang banyak dan maksimal dech fotonya.

Warungnya sich konsep jadul, lucu juga, konsep warung wedangan yang hangat. Jadi kita bisa duduk mengelilingin meja yang penuh cemilan kering, dan aneka gorengan, dll. Bahan-bahan untuk wedang rondenya tersembunyi di belakang mejanya. Tapi menurutku konsepnya kurang totalitas klasiknya..karena banyak wadah-wadah plastik kekinian yang mengganggu pemandangan. Coba kalau semua klasik seperti mangkuk dan piring-piringnya..serta toples jajanannya..pasti lebih menarik..hihi.

Untuk rasa..aku bilang unik aja. Yodha aku suruh coba nggak mau...nggak suka jahe, katanya..hihi. Citarasa kuah pedas menggigit, hangat..khas rasa sekoteng. Yang bikin unik itu karena isiannya banyak. Oh iya..Warung ini sering di kunjungi artis-artis juga lho..terbukti di dinding sampingnya banyak testimoni dari artis-artis yang pernah datang ke situ. Kalau aku di tanya mau datang ke situ lagi nggak ya ?..Hemm...mending buat sendiri dech di rumah..mudah saja kok, asal bahan-bahan isiannya lengkap..hihi. Yang susah cari adalah manisan kulit Jeruknya..musti cari ke Gang Baru dulu nanti.

Oke..semoga bermanfaat sedikit info tentang Minuman khas salatiga ini ya teman-teman...:D

DD


2 comments :

  1. kalau suka banget makan ronde pas di jogja.. enak apalagi kalau pas malam2 gitu haha

    ReplyDelete
  2. Jadi kangen wedang ronde dikampungšŸ˜¢(gombong).
    Mbak bikin resep ronde dnk...disini ada ronde tp krg enak

    ReplyDelete