Sunday, October 16, 2016

Talam Singkong


Masih suka mengolah singkong..karena di pasar masih musim singkong bagus-bagus ya teman-teman. Kali ini aku buat cemilan manis, karena beberapa waktu kemaren bikin olahan gurih terus dari singkong. Kali ini  bikin Talam singkong. Enak juga lho teman-teman. Jika bosan sama olahan singkong yang biasa..coba bikin talam singkong ini..

Untuk membuat talam singkong itu mudah..mirip kalau kita membuat adonan Lemet, tapi lebih lembut lagi. Di atasnya ada lapisan santan gurih yang di masak bersama sedikit tepung agar lebih kental. Sepertinya ribet ya membuat Talam..tapi sebenernya tidak kok teman-teman. 

Untuk rasa manis, sesuaikan selera ya. Aku tidak suka kue tradisional yang tidak terlalu manis, jadi cicipi dulu sebelum di kukus ya..jika suka kue yang manis banget, tambahin aja sesuai selera. Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman...masih  banyak kerjaan..huhu. 

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..jangan lupa..pilih singkong yang kulit dalamnya warna pink ya..agar Talamnya enak dan tidak pahit rasanya...

Talam Singkong

Bahan A :
500 gram singkong parut, parut peras jika terlalu berair ya sedikit saja. Jika udah kesat tidak perlu di peras
100 gram gula merah yang warna gelap, sisir halus
2 sendok makan gula pasir
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan B :
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan tepung beras
2 sendok makan tepung sagu

Cara membuat:
Bahan A, Aduk singkong, garam, vanili dan gula merah dan gula pasir. Tambahkan santan.
Tuang adonan hingga setinggi ¾  cucing talam yang telah  dioles  minyak.
Kukus 15 menit sampai setengah matang.
Bahan B, rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Aduk rata tepung beras dan tepung sagu dengan sedikit air panas. Aduk rata.
Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
Tuang bahan B di atas bahan A. Kukus 10 menit sampai matang.
Dinginkan di kulkas sebelum di lepas dari cetakan

10 comments :

  1. di bahan B air panas berapa mbak

    ReplyDelete
  2. di bahan B air panas berapa mbak

    ReplyDelete
  3. Aku pengen coba ^^. Lagi seneng-senengnya masak, hehehe.

    ReplyDelete
  4. kenapa harus ditaruh di kulkas dulu sebelum dikeluarkan dari cetakan? Kalo langsung gak bisa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lebih mudah..itu kan lapisan atas lembut

      Delete
  5. Hallo mbk diah,saya bli cetakn ko plastikny bau ya.....cr d toko bhn kue yg ternama pun bau....pnh saya cb bikin mlh mknny jd bau plastik...jadi kebuang mknny,ada tipz hilngin bau plastik g mbk atw bli yg bhanny bgus/g bau dmn ya yg bs online mksh....

    ReplyDelete