Thursday, October 27, 2016

Keripik Jamur Rasa Paru



Pernah makan Keripik Jamur Rasa Paru teman-teman ?..Enak banget lho..jika suka Keripik jamur...jika sudah mencoba yang  rasa Paru, pasti akan ketagihan. Aromanya itu khas ada aroma paru, dan rasanya juga makin gurih. Keripik Jamur seperti ini harganya lebih mahal tapi, daripada Keripik Jamur biasa. Aku suka banget Keripik Jamur rasa Paru ini, makan sekantung kecil..harganya 35 ribu...hihi..mahal memang..biasa nggak kerasa cemal cemil sendiri hingga habis.

Aku memang suka banget yang namanya Keripik jamur, aneka macam Keripik Jamur..suka semua. Beda sama Yodha..yang lebih suka jamur jika di masak. Kalau aku lebih suka kriuk-kriuk gurih jika udah jadi keripik. Makanya aku pengen coba buat sendiri Keripik Jamur Rasa Paru ini. Aku cari tahu referensi kok nggak ada petunjuk cara pembuatannya. Akhirnya aku kira-kira saja. Aku campur dengan keripik paru yang di haluskan jamurnya, dan memang hasilnya enak..mirip sekali dengan yang di jual-jual. Tapi, karena aku pakai keripik paru siap saji...jadi jatuhnya mahal..hihi. 

Mungkin lain kali harus goreng paru sendiri hingga kering ya..baru di haluskan, jadi lebih ekonomis. Tapi pantes saja harga Keripik jamur rasa Paru ini mahal, ya karena memang harga parunya juga mahal. Tapi nggak apa-apa sich, kalau buatku..daripada penasaran..hihi. Sekarang udah bisa buat sendiri Keripik Jamur Rasa Paru.

Kali ini aku pakai Jamur Tiram, yang banyak di jual di Pasar. Pilih jamur yang segar, rebus dulu sebentar, lalu peras, suwir-suwir dan di beri bumbu, selanjutnya tinggal di lumuri tepung beras, lalu di goreng hingga kering. Hasilnya..enak sekali..seenak jika beli. Jika mau tanpa paru, juga bisa..jadinya Keripik Jamur biasa ya teman-teman.

Oke..Selamat mencoba ya..jika suka...

Keripik Jamur Rasa Paru :

Bahan :
500 gram Jamur Tiram segar
5  lembar keripik paru kering ( atau dari paru segar di iris tipis, kemudian di goreng hingga kering )
1/2 sendok teh ketumbar, 2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1/4 sendok teh gula pasir
150 gram tepung beras

Cara Membuat :
Haluskan Paru goreng hingga halus, bisa di ulek atau pakai food processor
Didihkan air, Rebus Jamur tiram sebentar saja hingga layu
Peras airnya tapi biarkan sedikit basah agar tepung bisa menempel, suwir-suwir ukuran sesuai selera
Campur dengan bumbu halus, dan bumbu lain
Aduk rata dengan paru goreng yang sudah di tumbuk
Lumuri dengan tepung beras
Goreng hingga kering
Kemas di toples ketika sudah dingin


1 comment :

  1. wah kayanya cocok buat camilan....

    aku mau masak pake resep ini boleh kkan mbak :D

    ReplyDelete