Saturday, October 29, 2016

Pia-Pia Udang Bulat



Kemaren iseng lagi....bikin sesuatu yang beda..alias nyleneh. Rencana mau buat Pia-Pia Udang kesukaan suami..tapi kok udah kesorean..kalau goreng satu persatu di cetak pakai sendok sayur kok lama. Akhirnya kepikiran aku cetak bulat aja, pakai pan Takoyaki. Ternyata berhasil..jadi bulat-bulat cantik Pia-Pia Udangnya..hihi.

Yodha dan papinya suka..langsung habis anget-anget. Kata mereka sich lebih suka ini di banding Takoyaki asli..hihi. Wo alah..wis nggak jadi beli bumbu takoyaki Jepang yang musti cari-cari online dech..bikin Pia-Pia Udang aja..malah pada suka mereka. Tapi menurutku juga enak banget sich..jadi adonan lembut..selembut Takoyaki, tapi citarasa Jowo..alias rasa Pia-Pia Udang.

Cara membuatnya mudah, asal punya alat Takoyaki pan tapi ya. Jika nggak ada ya..di cetak pakai sendok sayur seperti Pia-Pia udang biasanya. Kuncinya agar tekturenya empuk dan lembut, itu adonan harus pakai telur dan lebih encer, dari adonan biasa. Jika sekental bakwan biasa, bisabantat alias keras..nggak enak rasanya. Oke..langsung saja ya ini dia resepnya.

Pia-Pia Udang Bulat 

Bahan adonan :
150 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/4 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh merica bubuk
2 lembar kol, iris halus
1 buah wortel ukuran kecil, iris korek api halus
1 batang daun  bawang, iris halus
1 batang saun sledri, iris halus
1/4 buah buah bawang bombay, iris halus
300 - 350 ml air

Pelengkap : Udang kupas secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata perlahan bahan tepung, telur dan air serta bumbu-bumbu
Masukkan semua sayuran, aduk rata
Panaskan Pan takoyaki, olesi dengan sedikit minyak
Masukkan adonan hingga penuh
Beri satu ekor udang kupas
Panggang hingga bagian sisi bawah set
Balik perlahan agar berbentuk bulat
Panggang sambil di bolak balik hingga matang kedua sisinya

Tips :
Cara membalik adonan, bisa di lihat di video instagram aku di @bunda_didi ya teman-teman jika mau lebih jelas

3 comments :

  1. Kebayang ini anget-anget cocol saus. Hujan-hujan pula. Aaah, laper Mbak jadinya

    ReplyDelete
  2. Hmm, maknyuss tuh pia udangnya, bisa coba buat nih, thanks mbak resepnya :D

    ReplyDelete
  3. duh jadi laper nih, pengen nyoba buat ah :D

    ReplyDelete