Tuesday, October 25, 2016

Pindang Telur Bunga Telang


Beberapa hari kemaren, aku melakukan eksperimen yang unik...bikin pindang telur memakai bunga telang. Penasaran hasilnya..dan setelah aku peram di kulkas semaleman..hasilnya cantik sekali warna biru. Jadi..Telur pindang itu adalah telur rebus, yang biasa di beri warna memakai daun jambu biji, kulit bawang merah, dan garam. Makanya terpikir olehku..bisa juga kan di warnai biru, pakai bunga telang. Dan bisa tuch..hasilnya jadi biru cantik telurnya..dan tidak merubah rasa..rasanya ya seperti telur pindang coklat yang memakai daun jambu biji..sedikit asin aja karena bumbunya garam aja.

Tapi kemaren aku nggak menambahkan kulit bawang merah, karena aku ingin tau murni aja dari air  bunga telang. Aku tidak mau resiko berubah warna, jika ada tambahan kulit bawang nanti. Jadi aku bumbuin garam aja kemaren..sama 1 lembar daun salam. Jadi warna bunga telang ini...bisa berubah jika tercampur asam...aku pernah buat manisan kolang-kaling, maunya warna biru, malah jadi berubah ungu, karena air bunga telang ini bercampur asam dari kolang-kaling. Biasa..kolang-kaling yang di rendam air kan biasanya berubah sedikit jadi agak asam ya. Jadi jika kita buat sirup bunga Telang, jika mau bisa kita teteskan air jeruk nipis, maka seketika air akan berubah menjadi ungu...hihi.


Cara membuat pindang telur bunga telang ini mudah saja. Telur di rebus dulu, di kupas..lalu di rebus kembali dengan sari air bunga telang dan kita tambahkan air serta garam sedikit untuk perasa telurnya. Pemakaian bunga Telang secukupnya saja..aku kemaren buat 6 biji telur aku pakai segenggam bunga telang yang aku remas-remas dengan air hangat, lalu aku saring sarinya untuk merebus telurnya, di tambah air secukupnya. Selanjutnya tinggal di rebus kembali, dan jika sudah dingin, masukkan ke dalam toples, tutup rapat dan taruh di kulkas semalaman atau lebih, maka warna birunya kana meresap cantik hingga ke bagian dalamnya.

Bunga telang memang dari dulu di kenal sebagai pewarna biru alami untuk makanan, seperti Nasi Kerabu dari Malaysia atau untuk membuat kue Ketan Biru khas Pecinan. Jadi aman-aman saja di makan, tidak berasa dan tidak berbau aneh kok sari air bunga telang ini...jadi tidak mempengaruhi rasa jika di pakai sebagai pewarna makanan. Aku sudah sering membuat aneka makanan dengan pewarna bungga telang, dan sudah pernah aku posting di webku ini.

Oke...semoga bisa memberikan inspirasi sedikit di pagi hari ini ya teman-teman..tentang bunga telang ini. Bentuk bunganya seperti terlihat di foto bawah ini ya. Pohonnya merambat dan sangat mudah tumbuh jika sudah kita tanam. Dulu aja sempat menyerbu pohon jeruk sambalku pohon bunga telang ini..merambat ke semua dahan pohon jeruknya hingga hampir mati. Akhirnya aku korbankan dech bunga telangnya. Tapi ya itu jika udah numbuh sekali..pantang menyerah bunga ini. Mati satu tumbuh seribu...hihi...sekarang merajalela lagi di kebun belakang rumahku, tapi tak tempelkan di tembok pagar saja..jadi nggak mengganggu tanaman lain.

Oke..Selamat beraktifitas ya teman-teman...^^




9 comments :

  1. Bunga telang itu apa y mbak,?yg kayak di foto itu,yg disampinggmbr telor??

    ReplyDelete
  2. Sekilas kayak bunga anggrek ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba fotonya yang biru2 itu bunganya..di samping telurnya :)

      Delete
  3. Jd cantik telurnya. Mbak pernah posting nasi kerabu?

    ReplyDelete
  4. Wahhh jd cantik sekali mbak warna telurnya. 😍😍

    ReplyDelete
  5. Wah telurnya kelihatan bagus sekali ya, baru tahu telur bisa di masak jadi secantik ini.
    Buatnya juga sederhana, bisa di coba nanti mbak hehehe

    ReplyDelete
  6. Posting nasi kerabunya dong mba...

    ReplyDelete