Monday, October 17, 2016

Serabi Imut



Lagi suka koleksi peralatan dapur yang lucu-lucu, karena Yodha sekarang juga sudah semakin rajin masak. Karena Yodha sukanya bikin kue-kue, maka aku banyak koleksi alat-alat untuk membuat kue seperti waffle maker, dll. Nah..ini penghuni dapur baruku...cetakan Takoyaki.

Walaupun namanya Takopan..tapi sebenernya bisa di buat untuk membuat kue apa aja lho ini teman-teman. Jadi..ayuk..yang punya alat ini, jika udah bosan Takoyaki..jangan langsung di simpan manis di dapur ya..hihi. Masih bisa kok untuk membuat aneka cemilan lain.

Kemaren malam..iseng banget buat Serabi pakai cetakan ini. dan hasilnya sungguh imut-imut...jadi dua kali panggang..banyak juga hasilnya. Sayangnya Yodha nggak suka Serabi..jadi sebagian aku kasih mba Elmi..dan anaknya langsung habis 6 biji..hihi..masih kecil padahal. Serabi ini paling cocok di makan pakai saus kinca..tapi kemaren nggak sempat motret sausnya...karena malem-malem..cuma motret pas manggang serabinya.

Proses membuat serabi yang paling males itu bagian ngeplok adonan..hihi..lama. Tapi karena pakai ragi instan...jika males ngeplok ya tetep jadi sich..cuma seratnya saja yag beda. Saran aku..kalau ngeplok adonan di depan tivi aja..sambil nonton tivi, pasti nggak kerasa udah 20 menit..hahah.

Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman...

Serabi Imut

Bahan Serabi:
200 gram tepung beras
25 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh ragi instan
1 butir telur, dikocok lepas
450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
50 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, dibuat simpul
3/4 sendok teh garam

Bahan Olesan, rebus :
100 ml santan dari 1 butir kelapa
1/8 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Bahan Kuah:
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
125 gram gula merah, disisir
25 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, dibuat simpul
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat :
Saus: rebus santan, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Saring.
Rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Biarkan hangat.
Campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan. Aduk rata.
Tambahkan telur kocok dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni dan dikeplok-keplok 20 menit.
Diamkan 30 menit.
Tuang satu sendok adonan kedalam cetakan Takoyaki setinggi 3/4 lubangnya
Biarkan sampai berlubang - lubang. Kecilkan api.
Tutup dan biarkan sampai matang.
Oles atasnya dengan bahan olesan.

Sajikan serabi dengan disiram sausnya.

2 comments :

  1. Kalo Serabi "nyarangnya verikal" gitu beda ya sama rotu. ŤH̶̲̥̅̊ĄÑK$ mbak Diah

    ReplyDelete
  2. Enyaaak... Dan aku punya cetakannya!!! Segera eksekusiii.. Makasii resepnya mba didi.. U always inspiring..

    ReplyDelete