Thursday, October 6, 2016

Sego Wiwitan


Aku lagi rindu kampung halaman nich..makanya dari kemaren masaknya yang ndeso-ndeso aja..menunya. Yupp...kangen masakan ibu..mau pulang belum sempat. Akhirnya masak aja, sambil telp ibu di rumah..ngobrolin masakan. Kemaren aku pengen makan Sambel Gepeng...sambel untuk Nasi Wiwitan...atau Sego Wiwitan..kalau sebutan di Yogya begitu. Nasi Wiwitan ini terdiri dari Nasi putih yang di masak dengan cara tradisional ( di liwet dengan periuk ), dengan berbagai lauk nya yang sederhana, tapi enak.

Ayo..siapa yang masih ngalamin masa kecil menanak nasi dengan periuk dan kayu bakar ? Aku pernah..enak lho. Jadi masak nasi hingga umep ( mendidih ), lalu di diamkan hingga agak meresap airnya. Kalau kebanyakan airnya ( air tajin ), bisa di ambil..di minum..hahah..enak lho..kan sari beras. Dulu berasnya mah..fresh semua..hasil panen sendiri..jadi sering  minum tajin pun tidak masalah..:D

Okeh, kembali ke Sego Wiwitan..dulu pernah aku ulas ya di webku. Jadi Nasi ini biasa di pakai untuk acara selamatan ketika waktu panen padi tiba. Nasi dan lauk pauk, berupa Ingkung, urap megono, telur rebus, dan yang paling enak dan unik nich Sambel Gepengnya, yaitu sambel yang terbuat dari Kedelai goreng.

Dulu pernah aku ulas Sambel Gepeng yang bumbunya di goreng dulu hingga kering, jadi lebih awet di simpan. Nah..kali ini aku mau share resep Sambel Gepeng yang mentahan ya teman-teman bumbunya,  jadi bisa di buat mendadak. Tapi harus langsung habis ya..dan di nikmati segera Sambel Gepeng dadak ini, karena semua bumbunya mentah. 

Nasi hangat pulen, Sambel Gepeng, telur rebus dan Gereh Pethek..udah jadi dech Nasi ala Sego Wiwitan..enak banget rasanya. Apalagi jika tambah Ingkung ( Ayam Gurih ) dan Urap Megono ya. Sayangnya nggak ada ingkungnya..hahah. Okeh dech..aku share resep Nasi Wiwitan atau Sego Wiwitan..versi sederhana ya..begini saja udah enak kok..apalagi di makan di tepi sawah..hahah. Tapi di mana ada sawah di Semarang atas sini ya....akhirnya menikmati Sego wiwitan ini cukup di dekat jendela dapur lantai atas rumahku..sama sepoi-sepoi juga kena angin..Lol..!

Sego Wiwitan

Bahan :
Nasi putih pulen secukupnya
100 gram kedelai kering
Ikan asin Pethek goreng ( Gereh pethek ) secukupnya
Telur rebus secukupnya

Bumbu Halus :
5 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
1 cm kencur
2 siung bawang putih ukuran kecil atau jika besar satu aja
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )

Cara membuat :
Rendam kedelai dengan sedikit garam hingga agak mekar
Goreng hingga kering
Haluskan semua bumbu
Tambahkan kedelai
Ulek kasar saja ( masih terasa krenyes-kreyesnya )
Siapkan daun pisang
Beri nasi secukupnya
Beri lauk telur rebus separo, Gereh Pethek goreng dan taburi sambel Gepeng
Sajikan segera ya..enak..!



2 comments :

  1. Sepertinya mirip mkanan tempatku di gunungkidul mba..namanya penchok..cm ditempatku sambelnya dicampur klapa parut

    ReplyDelete
  2. hi bunda didi diah mo nanya gereh pethek itu apa yaa,trims

    ReplyDelete