Monday, October 31, 2016

Lentho Kacang Hijau


Lentho lagi...ya...aku suka...jadinya ya sering buat. berbagai resep Lentho..Etho..dll..nama lain banyak..tergantung daerah  masing-masing ya. Pokoknya ini jajanan terbuat dari singkong parut, kelapa parut, dan bumbu rempah. Yang membedakan adalah isian atau bahan utama lain. Kalau di Jawa Tengah itu biasanya , isiannya kacang Tholo. Namun ada juga yang versi kacang tanah, versi tempe semangit, dan ada juga yang isiannya kacang hijau.

Nah..yang isian kacang Tholo, kacang tanah, atau tempe semangit..aku sudah pernah coba semua. Kali ini aku coba yang versi isian Kacang Hijau. Setelah aku coba..ternyata..sama enaknya dengan isian yang lain. Pokoke enak semua..hihi. Yang isi kacang hijau ini juga khas rasanya. Enak dan pas kok berpadu sama singkong parut dan gurihnya aneka  bumbu rempah. Aku suka juga ini...!

Agar Kacang Hijaunya empuk, aku rendam semalaman terlebih dahulu. paginya baru di olah. Bumbu utama Lentho ini bawang putih, ketumbar, kencur dan daun jeruk. Sepertinya aneh ya buat yang belum pernah coba perpaduan bumbunya...hihi. Tapi percayalah..hasilnya enak banget jika sudah bersatu padu salam sebutir Lentho ini..:D

Oke dech..langsung aja..cobain yuk,..Lentho Kacang Hijau ini teman-teman..enak rasanya...

Lentho Kacang Hijau

Bahan :
300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
Kelapa parut 1/2 butir
Kacang Hijau 100 gram ( rendam semalaman )

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sendok teh bumbu kaldu instan / garam secukupnya 
1/4 sendok teh ketumbar
2 lembar daun jeruk purut
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Campur singkong parut, Kacang Hijau dan kelapa parut dengan semua bumbu. Cicipi..sampai rasa gurihnya pas..jika kurang bisa tambahkan garam . Ambil sedikit adonan..kepal bentuk sesuai selera dengan tangan. Goreng di minyak yang sudah panas..sampai kuning keemasan..atau sampai coklat renyah..jika suka.

No comments :

Post a Comment