Wednesday, October 26, 2016

Bubur Candil Ubi


Musimnya sekarang udah sering hujan lagi ya teman-teman. Pagi-pagi dingin, pasti pengen makan yang anget-anget  ya. Nah...salah satu sarapan yang pas ini adalah Bubur Manis. Ada berbagai jenis Bubur manis ala tradisional kita ya teman-teman..terutama Jawa Tengah..banyak dech jenisnya. Salah satunya adalah Bubur Candil. Kalau biasanya Bubur Candil terbuat dari Tepung Ketan Hitam, kali ini aku buat versi yang dari Ubi. Enak juga lho rasanya teman-teman.

Resepnya sudah pernah aku posting dulu, tapi versi banyak. Nah..kali ini aku mau buat yang versi sedikit saja..karena di rumah paling yang doyan aku sama mba artku. Makanya kali ini aku buat resep versi sedikit cuma jadi sekitar 3 mangkuk...hihi. Untuk ubinya...yang bagus itu jika pakai ubi kuning atau orange...jadi nanti bola-bola ubinya akan jadi lebih cantik warnanya.

Untuk membuat Bubur Candil Ubi ini juga mudah sekali kok..asal telaten saja membuat bulat-bulatan ubinya. Rasanya enak sekali. Dan tentu saja lebih sehat ya..karena dari bahan umbi ubi kaya manfaat. Warnanya juga cantik dan menarik, cocok nich buat suguhan acara khusus atau mau buat usaha juga bisa nich,.tinggal di kemas dengan cantik. Ayuk...buat teman-teman yang mau usaha, semangat..pantang menyerah ya. Banyak yang lihat mungkin mba Diah enak punya usaha di rumah..dll. Betul..enak..bisa kerja dari rumah, ngga perlu ke kantor, terjebak macet, dll..namun semua itu juga perlu kerja keras dan usaha kok..terkadang terkena masalah, dll..sama seperti teman-teman lain yang punya usaha di rumah atau bekerja di luar rumah..di mana aja.

Hidup ini memang harus terus berjuang ya..berusaha sebaik-baiknya..agar kita bisa lebih baik dari kondisi kita sekarang..itu aja..kalau prinsip aku. Dengan begitu, walau banyak masalah dan rintangan juga kita tidak akan mudah menyerah. Jadi buat ibu-ibu se Indonesia, yang sedang merintis usaha atau sedang berusaha...semangat ya...mari kita berjuang bersama-sama...dan kita nikmati semua prosesnya ya. Pokoknya..semangat di dapur..semangat berkarya...! ^^

Oke..ini dia resep Bubur Candil Ubinya..aku tulis lagi dech...kali ini versi sedikit dan tidak terlalu manis ya..

Bubur Candil Ubi

Bahan 1 :
350 gram ubi kuning atau orange yang sudah di kukus dan di lumatkan
60 gram tepung tapioka / sagu
1/4 sendok teh garam

Campur semua bahan di atas, bentuk bola-bola, sisihkan

Bahan 2 :
750 ml air
1 lembar daun pandan
75 gram gula merah
1/4 sendok teh  garam

Rebus semua bahan di atas, saring, lalu didihkan kembali
Masukkan bola-bola ubi, rebus hingga matang
Terakhir masukkan 1 - 2 sendok tepung tapioka / sagu yang sudah di larutkan dengan sedikit air ( kekentalan sesuai selera )
Masak hingga meletup-letup
Sajikan dengan kuah santan yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan pandan


7 comments :

  1. Wah...Mba Diah, iki kesenenganku. Kok gak ya pernah bosan sama bubur candil ubi iki. (Shiny)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba Shiny...aku juga seneng aneka bubur manis :D

      Delete
  2. Ini kalau candilnya pakai Ubi, tambah gizinya ya, Tantee. :)

    Selamat Hari Blogger Nasional, Tantee!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuppppp mba..iya...lebih sehat..makasih ya :)

      Delete
  3. Yaaamm...enak tu di makan pas hujan2 begini..

    ReplyDelete
  4. Nek da Semarang ki enak.... bubur manis ada dimana mana,..... kangen rumah.... jadi harus buat sendiri.....

    ReplyDelete
  5. aku juga suka mba diah, kalo di jakarta namanya biji salak

    ReplyDelete