Tuesday, October 11, 2016

Nasi Tutug Oncom


Masih ngabisin sisa Oncom, akhirnya kesampaian juga makan Nasi Tutug Oncom yang fenomenal itu..hihi. Setidaknya aku sering di iming2 sama ponakanku..kalau dia lagi makan Nasi Tutug Oncom ini. Walau..ada yang bilang harusnya pakainya Oncom Hitam ya..karena aku punyanya Oncom Orange..pakai ini aja..bisa kok kata Ponakanku.


Mudah banget ternyata bikinnya...cuma kayak bikin sambel bakar..hihi. Tinggal di campur ke Nasi. Rasanya ?..Enak..kayak makan pakai sambel dong..hihi. Kata ponakanku harus pakai lauk pauk lengkap..baru enak sekali...hahah. Walah..tak kira Nasi gitu doang je makannya..jadinya aku cuma bikin Nasi aja.

Akhirnya..habis juga stok Oncom orange ku..next time mau coba Oncom yang warna hitam...kalau sempat ke bandung..hahah. Oke dech...langsung aja ini dia resep Nasi Tutug Oncomnya ya teman-teman...jika mau coba..yang belum pernah makan ..kayak aku..hihi. Aslinya ndak pakai terasi..tapi karena oncom ketika di panggang kering malah berkurang gurihnya, aku tambah terasi dikit biar sedep ya...
Nasi Tutug Oncom

Bahan Nasi putih secukupnya
200 gram Oncom
5 buah cabai merah, dan cabai rawit secukupnya
2 siung bawang putih
6 butir bawang merah
2 cm kencur
1/2 sendok teh terasi bakar
Garam dan gula merah secukupnya 

Cara Membuat :
Cabik-cabik Oncom..bakar hingga matang bersama semua bumbu, kecuali kencur
Haluskan bumbu
Masukkan Oncom, ulek hingga rata
Cicipi rasanya
Ambil Nasi secukupnya, beri sambal Oncom, aduk rata
Sajikan dengan lalapan, ayam goreng, ikan bakar dll..sayangnya aku ndak punya lauknya..hahah..jadi cukup nasi Tutug Oncom saja..yang penting udah nggak penasaran rasa Nasi ini..hihi.


1 comment :

  1. itu wadah yg dari kayu nya bagus banget mbak. beli di mana mbak ? makasih udah berbagi ya mbak. - irene

    ReplyDelete