Google Ad

Friday, October 7, 2016

Combro Asli...


Akhirnya..bisa menikmati Combro asli..hihi. Biasanya buat yang palsu..isi tempe. Jadi namanya bukan Combro kan, katanya Combro singkatan dari Oncom di jero..bener gak sich..bener aja kali ya..Lol !
Kemaren iseng minta ponakan kirim Oncom..biasanya mah dia nggak mau..takut basi di jalan katanya. Karena katanya Oncom ini kalau udah nginap lewat sehari udah nggak enak rasanya. Tapi aku paksa-paksa aja kemaren, akhirnya mau kirim juga..hihihi..pakai YES yang esok sampai..untung tepat waktu..dan sampai rumah kemaren..masih bagus..kondisinya seperti foto di bawah ini nich..


Aku share foto Oncom di Instagram, kata temen ini Oncom Tasik ya..bukan Oncom Bandung. Ah..aku nggak tau juga..yang penting bisa menikmati Oncm yang fresh.hihi. Secara kalau di sini oncom sudah di supermarket berhari-hari memang nggak enak dan asem rasanya. Nah..kemaren aku bakar sebagian, aku towel dikit dan cicipin, rasanya memang masih fresh..enak. 

Akhirnya sama ponakanku suruh ngolah semua malam kemaren, minimal di bakar dulu. Akhirnya sebagian aku buat oncom goreng, sebagian aku bakar. Ya ampun...baru tau aku..Oncom fresh di goreng tepung gitu juga enak banget ya ternyata. Biasanya sich dulu pernah beli di Bandung itu Oncom keripik..enak juga. Kalau di buat mendoan, baru pertama coba kemaren. Dan aku suka rasanya..enak..seperti Tempe Gembus, tapi aromanya lebih khas. Sukaak...!


Dan akhirnya kemaren dan hari ini menunya serba Oncom..hihi. Seneng dech..nggak perlu tunggu ke tanah Sunda..untuk menikmati Oncom fresh. Ponakanku langsung heboh..wah..bakalan sering di suruh ngirim Oncom nich sama Tante..hahah...! Iya seneng..bisa dapet makanan unik daerah lain yang fresh dan enak. Ayuk..siapa yang jualan atau punya bumbu unik dari daerah lain..bilang aku teman-teman..nanti tak order..hahah...gantian tak belanja online aku..biasanya jualan terus. Aku pengen beli Tempoyak..dll yang aku belum pernah makan...hihi. Ada yang jual nggak ya ?

Ini dia Oncomnya yang udah aku masak jadi tumisan untuk isian Combro..enak sekali rasanya.
Bahan Isian :
200 gram Oncom segar
100 ml air

Bumbu Halus :
4 butir merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai rawit
5 buah cabai merah
1 cm kencur

Bumbu lain :
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam

Cara Membuat :
Bakar Oncom hingga matang, remukkan
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan Oncom
Masukkan air dan semua bumbu lain
Masak hingga meresap dan kering
Cicipi rasanya
Dinginkan

Oke..langsung saja kita buat Combronya ya :
Bahan :
500 gram singkong parut, 50 gram kelapa parut
1 sendok makan tapioka
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/2 sendok teh garam (s esuai selera )
1/2 sendok teh gula pasir
2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan kulit
Ambil sedikit adonan, beri isian Oncom
Bentuk bulat, goreng hingga matang...mudah kan..!



7 comments :

  1. Mbaaa bikin nasi tutug oncom enak juga lho mba. Cara bikinnya gampang banget. Makan pake sambel trus ikan asin wuuaahh dah mantaaab bangeeett...

    ReplyDelete
  2. Mba, masak oncom itu nyuci nya gimana ya? Soalnya sy cuci koq jadi nya malah ber air oncom nya.
    Dan klu dibakar, pakai apa mba?
    Ngiler deh liat oncom nya mba Diah.. ^^

    *vera. Bandung*

    ReplyDelete
  3. Hi mba..Oncom kan seperti halnya tempe ya..jadi nggak usah di cuci ya..jika masih terbungkus rapat dan ersih..:D

    ReplyDelete
  4. Tumis oncom pake leunca jg enak mbak diah.....yg pedesss....weshhh mantabb pake bangett dwehhh...nasi lgsg abis sebakul....wkwkwkkw

    ReplyDelete
  5. Hmmm... ternyata mba Di jadi ketagihan ya sama oncom ? Sama seperti aku mba.. Dulu pertama aku ngrasain oncom langsung jatuh cinta mba..hihih. Dari yg cm ditepungi, dioseng pakai leunca sampai yg dibikin combro, uenak pokoke mba.. ^_^

    ReplyDelete
  6. Halo bu, mau tanya kalo combro disimpan di freezer bisa ga ya?. Terima kasih

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel