Wednesday, October 12, 2016

Lentho Kriuk


Kemaren weekend makan di warung pecel yang terkenal di Semarang dengan gorengan Lentho nya. Pas kita makan di sana kok habis..katanya ada pesanan Lentho banyak. Wah...padahal yang tak tuju ya itu..kalau makan di sana..mesti Lentho nya. Akhirnya..buat sendiri dech...mumpung sekarang lagi musim singkong bagus dan banyak yang mempur.

Jadi Lentho itu goreng dari bahan utama singkong, kaacang Tolo atau kacang Gude...kelapa dan bumbu rempah. Rasanya gurih enak..ndeso gitu..hihi. Di webku udah ada beragam resep Lentho ya teman-teman, ada Lentho Original, Lentho tanpa singkong, Lentho gaplek, dll..namun aku selalu suka aja bereksperimen dengan resep baru biar nggak bosan.

Biasa Lentho bentuknya ada yang bulat atau gepeng dengan ciri khas cap jari...hahah. Jadi waktu membentuknya itu kan di kepel-kepel pakai tangan, jadi ada cap jari tangannya. Itu Lentho yang dalamnya masih agak empuk..bisa di  makan sama cabe rawit.

Kalau sekarang aku lagi buat Lentho yang garing, kriuk..seperti Lentho di warung pecel favoritku. Kunci agar Lentho kriuk, singkongnya jangan terlalu banyak...jumlahnya sama dengan kelapanya...jadi bentuknya bisa nggak beraturan cantik. Oke..langsung aja ya ini dia resepnya..Lentho Kriuk yang cocok untuk makan pecel atau Tahu campur Lamongan..hemmm...enak..!

Lentho Kriuk

Bahan :
100 gram kacang Tolo ( kacang gude ), rendam semalaman atau minimal 5 jam
200 gram kelapa parut sedang, parut panjang
200 gram singkong parut
1/4 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk purut

Cara Membuat :
Campur semua bahan hingga rata, cicipi rasa hingga pas gurihnya
Panaskan minyak hingga benar2 panas
Kepal-kepal adonan ukuran kecil-kecil saja
Masukkan ke minyak yang sudah di panaskan , goreng hingga matang dan kering

4 comments :

  1. Itu salah satu lentho favoritku mba Di... Kalau aku seneng yg singkongnya agak banyak biar bisa nyeplus rawit mba... heheh

    ReplyDelete
  2. Mmmmm...maknyus banget lentho kriuknya mba :)

    ReplyDelete
  3. baru tau ada gorengan namanya lentho lainkali coba ah :)

    ReplyDelete
  4. Mba Di...kacang tholonya ngga perlu direbus dulu ya mba? Pingin coba bikin, mumpung ada stok kacang nih.. Tks ya mba
    ~sri han~

    ReplyDelete