Wednesday, October 19, 2016

Bubur Manis Pati Kerut & Mutiara


Dari kemaren makan yang pedes-pedes terus. Waktunya mendinginkan perut dech. Tadi pagi suami pagi-pagi sudah berangkat keluar kota. Yodha mintanya sarapan sandwich sama daging asap aja. Jadi nggak masak yang ribet dech pagi. Akhirnya aku pengen makan yang ringan aja untuk sarapan. Dan pilihan jatuh ke Bubur Manis Mutiara dan Pati Kerut atau Garut. kebetulan masih ada sisa tepung Garut yang udah aku buka beberapa waktu lalu, sayang jika tidak di olah.


Pati Kerut atau Garut ini memang di kenal sebagai pendingin perut alami..selain enak..juga nyaman di perut. Alhamdulillah..aku termasuk pemakan cabe..sepedas apapun suka...jadinya kalau ada pendingin perut alami dan enak gini...jadi nggak pernah kapok makan cabe..hihi. Tapi sayang udah langka..jadi aku jual..tapi nggak selalu ada..tergantung musim kali ya. Kali ini kebtulan ada stok kemaren dari pembuatnya sedikit. Jadi bisa kirim ke teman-teman yang udah lama pesan Tepung Garut untuk pengobatan alami. Tapi kalau aku memang suka Tepung Garut ini, enak di buat Ongol-Ongol atau kue kering. Rasanya jika di buat kue kering itu berbeda tekture dan kresnya, di banding tapioka atau sagu. 

Membuat bubur manis mutiara dan pati kerut ini mudah banget dan cepat. Aku share resepnya ya...jika ada yang mau coba :)
Bubur Pati Kerut / Tepung Garut

Bahan :
50 gram pati kerut / tepung garut, ayak hingga halus
400 - 450 ml air
1/2 sendok teh garam
75 - 100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera manisnya )
2 lembar daun lembar

Pelengkap : 100 ml santan di rebus dengan sedikit garam dan 1 lembar daun pandan

Cara membuat :
Aduk rata tepung garut dan air hingga licin , lalu masak dengan bahan2 lain, sambil di aduk terus hingga mengental. Dinginkan sebentar. Sajikan dengan kuah santan
Bubur Mutiara

Bahan :
50 gram sagu mutiara
400 ml air
25 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Pelengkap : 
Santan rebus secukupnya
Cara membuat :
Rendam sagu mutiara di air bersih minimal 2 jam, tiriskan
Rebus dengan air dan semua bahan lain hingga mutiara bening dan mengental.
Sajikan dengan santan yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan daun pandan hingga mendidih


4 comments :

  1. Salam mb Diah...
    lihat postingan bubur mutiara yang bening-bening selalu bikin iri kenapa y saya tidak pernah bisa sukses membuat bubur mutiara yang bening-bening bergerindil besar?? selalu kalau tidak masih ada yang belum matang bagian tengahnya, pasti hancur menjadi satu tidak bergerindil sendiri-sendiri padahal sudah saya coba direndam dulu sebelum direbus..
    mohon solusinya terima kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama saya Tika...mohon maaf akun kantor terpakai saat coment

      Delete
    2. Di rebus api kecil mba..air jangan sampai kehabisan ya :)

      Delete
  2. itu memakai biji mutiara yang biasa dipasaran kan mb? # merk Ku*i*g? atau ada yang lebih bagus...

    ReplyDelete