Google Ad

Saturday, October 1, 2016

Seblak Bakso


Setelah sibuk beberapa hari di luar rumah seharian terus, akhirnya bisa kembali lagi ke dapur..hihi. Rasanya  memang aku lebih nyaman di rumah..berkreasi dari rumah..di banding beraktifitas di luar rumah..kalau pas hari kerja..menembus macet..menembus hujan..hahah..lebay...! Padahal ya naik mobil, tinggal duduk aja. Tapi rasanya itu beda...lebih ayem..anteng aja di rumah..toh bisa bekerja juga dan berkarya dari rumah.

Dari semalem lagi rajin di dapur, tadi malam bikin pizza sama Yodha..pagi bikin sate jamur..siang bikin Seblak. Hawa yang dingin dan mendung, pas banget dech makan seblak yang puedess dan hangat. Awas ingat diet ya...kalau masak seblak, karena di jamin nambah terus..kapok pedes, tapi kapok lombok..pengen nyuap terus gitu.

Biar beda seblak kali ini aku tambah bakso yang aku goreng dulu. Enak ternyata..buat sensasi gurih-gurihnya. Kalau seblak kerupuk kanji aja kok monoton rasanya..hihi. Jadi biar ada tambahan gizi juga..Seblak itu bisa di variasikan kok teman-teman. Dulu aku pernah buat seblak ceker, daging, dll. Kalau pakai ceker, daging kan musti lama masaknya. Jadi yang paling praktis nich Seblak bakso, sosis gitu, tinggal cemplung-cemplung bahan..mateng dech.

Tips membuat Seblak, agar sedep, tumis bumbu hingga benar-benar matang. Kerupuk aku udah nemu cara biar nggak mudah lembek atau hancur waktu di masak dan bumbunya bisa meresap. Kerupuk masuk dari mentah aja..setelah di cuci bersih dan di rendam air sebentar. Jadi waktu proses pemasakan, kerupuknya menyerap bumbu-bumbunya. Ketika matang, makan tekture kerupuknya akan pas, tidak terlalu lembek, namun sudah empuk. Jika kerupuknya terlalu matang atau lembek, biasanya kuahnya akan terserap juga, jadi kurang sip rasanya.

Seblak ada berbagai versi bumbunya. Ada yang cabai sama kencur dan bawang putih aja, aku udah pernah coba dulu yang Seblak Ceker. Resep sudah ada di webku ini. Kalau sekarang aku pakai bumbu yang lebih lengkap..bawang merah, bawang putih, cabai, kencur. Aku lebih suka versi ini, lebih sedep. Terserah saja sesuai selera ya teman-teman. Ada juga yang pakai telur yang di kocok, di masukkan ketika Seblak hampir matang. Tapi aku kurang suka, karena kuahnya agak amis jika dingin seblaknya. 

Oke, langsung saja ini dia resep seblak ala aku ya..:)

Seblak Bakso

Bahan :
150 gram kerupuk kanji, rendam air selama 15 menit
10 buah bakso, belah dua, goreng
50 - 100 gram cabai rawit merah ( sesuaikan level pedasnya..hihi ), jika mau merah kuahnya, campur cabai merah juga
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kencur
400 ml air
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih dan kencur
Tambahkan cabai rawit, ulek kasar saja cabainya
Tumis bumbu di atas hingga matang dan harum
Masukkan air dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan kerupuk kanji
Maska hingga kerupuk agak empuk
Tambahkan bakso
Koreksi rasa
Sajikan hangat

Silahkan..Seblaknya, siapa mau coba nich..yang doyan cuma aku di rumah..hihi...jadi langsung dari wajan saja nich ya..nggak usah plating..Lol..!

10 comments :

  1. Tambahi trasi dikit enak mb makin sedep

    ReplyDelete
  2. Tambahi trasi dikit enak mb makin sedep

    ReplyDelete
  3. Kerupuk kanji yang enak dibuat seblak yg kayak apa ya, mbak? Ada merk yang direkomendasikan kah? Soalnya saya belum pernah buat dan belum pernah makan seblak sama sekali sebelumnya. Heheheee...

    ReplyDelete
  4. bikin ngiler nih seblaknya, sy coba resepnya yaa mba :)

    ReplyDelete
  5. subhanallah...
    jadi gemeter nih liat makan kayak gini, pasti seneng banget yah punya istri yang pinter dan hoby masak, jadi sama-sama diuntungkan, suami diuntungkan karena bakal makan enak tiap hari, istri juga seneng karena memang hobinya masak trus, hehe

    ReplyDelete
  6. usul nih,, tambah nori pasti enak,, biar agak bau bau masakan jepang gitu hehehe

    ReplyDelete
  7. waaahh menarik sekali resep seblaknya moms, tapi sekarang ada solusi baru memaak seblak tanpa ribet yuupss Seblak Kane Bandung menyediakan seblak instan dengan berbagai macam topping soal rasa dijamin mantap :D untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi wbsite kami http://seblakkanebdg.com/
    terimakasih :)

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel