Tuesday, November 3, 2015

Puding Sutra Coklat


Kemaren waktu jalan-jalan aku nemu botol lucu yang udah aku pengen dari lama..yey..akhirnya punya botol imut tempat susu, jus dll. Langsung angkut dech. Paling nggak tahan melihat pernak pernik dapur lucu yang langka dan nggak banyak di jual bebas..serasa nemu baju lucu limited edition..hihi. Aku kok lebih semangat belanja pernak pernik dapur ya di banding baju..hihi. Kalau beli baju..aku cenderung nggak beli banyak, tapi bagus dan mahal sekalian, jadi nyaman dan awet di pakai. Maklum..udah umur..jadi nggak bisa sembarang beli baju asal lucu dan baru. Kalau masih muda dan langsing..pakai baju apa aja pasti kelihatan bagus, walau nggak mahal. Asal baru dan lucu ya..dulu tapi jaman muda..hahah. Sekarang aku lebih suka shopping yang lucu-lucu itu yang pernak pernik dapur..:D

Nah..karena di rumah stock buah menipis, aku iseng buat puding aja tadi, taruh di botol..eh lucu juga lho..jadi lebih cute dan imut pudingnya. Jadi ingat puding botol yang beberapa waktu kemaren nge trend juga ya. Tapi aku mau buat puding sedot itu kok masih mikir..hihi. Jadi buat puding sutra aja..masih enak buat di sendokin dari dalam botol. Wah..seandainya bikin puding buah warna warni juga pasti makin cantik ya..pakai botol ini. Kapan-kapan di coba dech. Misal ada acara di rumah..menyajikan puding botol ini juga pasti menarik. Tapi jika buat acara pesta..sebaiknya cari botol yang agak kecil lagi..biar tambah imut dan nggak terlalu mengenyangkan. Kalau ukuranku ini..tak kira kok kenyang makan puding aja nanti tamu yang datang..hihi. Satu resep ini tadi pas, untuk 6  buah botol. Yeppeuda !..Cantik..kalau kata orang Korea mah...hihi.

Okey..puding sutra ini cairannya banyak ya teman-teman, karena memang sangat lembut pudingnya. Nggak perlu pakai gula, karena susu kental manis kan udah manis. Tapi manisnya pas sedang saja..jika suka lebih manis, bisa ditambahkan gula secukupnya. Aku tulis merk susu dan agar-agarnya agar hasil maksimal seperti yang aku buat ya..karena kalau beda merk, beda tingkat kental susu, manis, dll, nanti bisa beda hasil mungkin ya. Tapi sesuaikan selera aja jika suka merk lain..monggo..nich bukan postingan review produk kok..hihi. Oke..yang suka puding lembut dan nyoklat di musim panas yang panjang ini..bikin yukk...:D


Puding Sutra Coklat

Bahan :
500 gram susu kental manis coklat ( aku pakai 1 kaleng Frisian flag plus 1 sachet ) Atau 1 kaleng aja cukup sich jika suka manisnya semriwing aja..:D
1 bungkus agar-agar coklat merk Agarasa yang besar  ( pakai ini agar warna puding coklat cantik )
50 gram coklat blok, serut kasar
1350 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan.
Masak dan didihkan sambil di aduk-aduk agar susu tidak pecah. Masak puding api jangan terlalu besar dan harus selalu di aduk agar lemak susu tidak pecah hingga mendidih. Jika lemak susu pecah nanti bisa misah dan nggak cantik pudingnya.
Saring..dan tuang ke cetakan sesuai selera
Dinginkan di kulkas terlebih dahulu sebelum di sajikan..hemm..yummy seger dan lembut.

Tips :
Usahakan pakai puding cup atau gelas, botol dll, yang satuan agar tidak perlu memotong puding, karena puding ini sangat lembut, susah di potong-potong. Puding ini harus masuk kulkas dulu ya..agar bisa mengeras, jika suhu ruang akan susah mengeras. Tekturenya seperti tahu sutra yang lumer lembut, bisanya langsung di sendokin. Jika mau  lebih ada tekture pudingnya, kurangi takaran air, jd 1000 ml aja. Susu kental manis cukup 1 kaleng saja ya.
Jika suka bisa di sajikan dengan vla. Resep vla..lihat di puding ala kfc yang pernah aku posting di SINI.

36 comments :

  1. mbak...ini mah enak sekali...apalgi pas dinikmati selagi dingin..segerrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba..memang kudu masuk kulkas dulu biar agak set pudingnya..:)

      Delete
  2. solo panass...maem puding itu langsung makclessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini juga mba..ndak siang..ndak malam..super hot..hahah..hawanya maksudnya..:D

      Delete
  3. mbak Di..botolnya unyuu...
    boleh tau beli dimana?

    ReplyDelete
  4. Klo coklatnya diganti coklat bubuk bisa ga ya mba diah ?gula nya harus ditambah juga kah? Soale mash asli coklat bngt tanpa campuran gula tuh loh mba diah.trims. ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja..tapi jangan byk2 ntar malah neg kalau coklat bubuknya salah pilih..karena nggak semua coklat bubuk rasanya enak. Gula di sesuaikan selera ya :)

      Delete
  5. Wuah enak nih, mau nyoba ah, thanks resepnya mbak Diah Didi :)

    ReplyDelete
  6. Mba nama ato jenis botolny apa ya klo mau nyari d ACE ?

    ReplyDelete
  7. Mbak diah.. nanya donkk.. itu botol nya tahan panas yaa mbak? Kalo gak..kapan masukin puding nya mbak? Kalo dingin apa gak keburu mengeras yaa mbak? Tks yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahan tuch mba..tadi habis mendidih aku diamkan sebentar hingga suhu agak turun dikit. No problemo kalau puding sutra ini ndak akan mengeras jika belum masuk kulkas..kan tekturenya lembut kayak tahu susu sutra lho mba..:)

      Delete
  8. lucu banget botolnya mbak...suka banget sama puding sutra,lembuttt^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..lumer ya puding sutra kayak tahu sutra :)

      Delete
  9. Blh tau gk hrga btlx brapa?? D sni sush bgt cri btl ky gt. Klo mw psen via online ad gk y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ribu berapa gt lupa aku mba..soalnya..beli byk brg gak merhatiin harga..:D

      Delete
  10. Duh pengen banget nih :D, catet dulu ah resepnya

    ReplyDelete
  11. Biasa bikin puding begini tapi pakai cup2 kecil mba Diah... Ihhh botolnya lucu bgt deh... di ACE belinya memang satu set sekalian tempatnya ya mba Di...?

    ReplyDelete
  12. salam Mbak Diah, kalo susu kental manis, yg putih saya suka Frisian Flag, kalo yg coklat saya suka yg Indomilk, hehe

    ReplyDelete
  13. wah pas banget buat cuaca di bukittinggi hari ini mb...makasi resep ny mb

    ReplyDelete
  14. Agar2x yg bungkus bsr ap yg kecil mb diah,,,

    ReplyDelete
  15. Aq ud praktek nich.. Dn alhasil anakq suka bgt. Coklatx terasa lumer d lidah. Hemmm... Nyummyyy... 😊😊mksi resepx mb diah. Kalo ad resep puding sutra rasa lain tlonng d sahare y mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jika berhasil dan suka ya anaknya..:) Iya next mau coba puding sutra rainbow yang warna warni mba..:D

      Delete
  16. Mb diah,, aq td bka2 resep brounis pux mb diah. D situ ad "brounis ny L...." aq lpa namax. Mw tanya ne... It teksturx sama ky Brounis Amanda gk. Anakq tuh ska bgt ma brounis amanda. Pengenx sich bkin sndr. Tiap nyoba bkin brounis teksturx cm ky bolu biasa. Walaupun rsax legit sich. Kalo ad tolong d share y mb.

    ReplyDelete
  17. Mbak diah kalo coklat blok di ganti sma choco chip d cairin bisa ngk?atau pake coklat toping merk mariza?

    ReplyDelete
  18. Mbak diah kalo coklat blok di ganti sma choco chip d cairin bisa ngk?atau pake coklat toping merk mariza?

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum, Mba diah mau tnya dunk, kalo buat puding sutranya mau rasa mangga gimana caranya ya?, coklat blok nya tinggal diganti buah mangga kah?.

    Makasih banyak mba

    ReplyDelete