Friday, November 20, 2015

Bolu Nangka


Sekarang selain musim mangga..musim nangka juga di sini. Di pasar ada yang jual bagus-bagus murah. Tapi..aku tetap paling suka dan rindu nangka pojokan rumahku. Alhamdulillah..tahun ini berbuah..setelah tahun kemaren ngambek nggak berbuah nangkanya. Tapi banyak yang busuk..huhu....jadi cuma ada beberapa buah yang selamat. Nangka pojokan rumahku ini manis banget  teman-teman..karena memang nangka buah..kalau di sayur nggak enak..nangka mudanya. Dulu kalau berbuah banyak banget..sampai aku bagi-bagi ke tetangga. Dan semua pada suka. Tapi..gara-gara di *rampalin ( di potong ) dahan dan daunnya sama pak Satpam RT karena nutupin jalan..jadi suka ngambek nggak banyak buahnya..hihi.

Untung kemaren  ada satu buah yang bagus..jadinya..bisa makan nangka pohon sendiri dengan puas. Karena cuma satu buah..di bagi-bagi tapi dikit..aku masih nyimpan seperempat buah untuk bikin kue-kue. Karena kalau di makan langsung kok yang doyan cuma aku. Aku pengen ngetes Yodha..doyan nggak setelah aku buat kue bolu nangka. Ternyata ..doyan..dia. Tapi ndak tau kalau pakai nangka. Dia anget-anget pas baru keluar dari oven..dia habis banyak. tapi..sambil protes..ini apa sich yang harum dan lembek Mi ?..Kayak mentega...katanya..aku senyum-senyum aja..soalnya..kalau aku bilang nangka..takut malah nggak mau makan dia...hihi. Jadi..karena nagkanya matang banget kan jadi agak lembek..dan harum...kata Yodha kayak mentega..hihi.

Membuat bolu nangka ini...pakai resep dasar bolu aja..intinya bolu dasar yang sering aku pakai..tehnik kocok telur gula hingga mengembang, masuk terigu, nangka dan mentega. Aduk perlahan adonan kocokan telur dengan tepung agar adonan nggak turun ya teman-teman..jika memakai tehnik kocok telur hingga mengembang ini. Juga waktu mencampur mentega atau margarin leleh..perlahan saja..jangan di aduk kuat agar tidak turun adonannya. Mudah kok..jadi buat pemula yang belajar bikin kue..semangat ya..akan bisa...karena biasa. Nah..biar lebih mudah..aku buat step by step aja ya..resepnya

Nich bahan-bahannya :
5 butir telur
1 sendok teh SP / TBM
170 gram tepung terigu
100 - 125 gram gula pasir ( sesuai selera, kalau aku 100 gram, tapi rasa manis samar-samar aja )
100 gram mentega / margarin leleh
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
100 gram nangka matang, potong-potong kecil


Cara membuat, pertama kocok telur dan gula, serta emulsifier ( SP ata TBM ), 1 sendok teh, kocok dengan mixer speed tingga hingga kental berjejak. Lamanya tergantung mixer masing-masing ya..jadi nggak bisa di pastikan berapa menit..kalau aku pakai hand mixer Philip sekitar 15 menit udah   kental berjejak.


Adonan kental berjejak ini..seperti ini ya teman-teman..ada jejak adonan yang nggak mudah hilang ketika mixer di angkat.


Ayak tepung terigu, garam dan vanili, masukkan ke dalam kocokan telur, aduk perlahan hingga rata.


Masukkan potongan nangka, jika mau nangka menyebar, baluri sedikit tepung terigu tipis-tipis ya, aduk perlahan hingga rata.


Masukkan mentega atau margarin leleh, nah..ini yang biasa bikin keder teman-teman pemula yang baru belajar buat adonan bolu..karena jika di aduk terlau kuat atau tidak rata..bagian ini penyebab utama bolu bantat. Jadi aduk perlahan hingga rata, jangan lupa aduk nya pakai tehnik aduk balik dari bagian dasar  adonan di bawa ke atas..agar mentega yang meleleh ke bagian bawah juga ikut terangkat ke atas dan rata. Jika ada mentega yang belum tercampur rata dengan adonan, maka bisa menyebabkan bolu bantat.


Masukkan  adonan bolu ke loyang bulat standart , hingga 3/4 tinggi loyang. Alasi dulu dengan kertas roti ya..loyangnya. Nggak perlu di oles mentega nggak masalah. Cara melepaskan bolunya jika sudah matang, tinggal pakai pisau keliling pinggiran loyang muter, nah bagian bawah akan mudah lepas, karena ada alas kertas rotinya. Oven selama sekitar 30 - 40 di suhu 170 C menit tergantung panas oven masing-masing. Jika sudah matang, bisa test tusuk bolu, jika sudah matang makan lidi akan bersih.


Jika sudah matang bolunya, letakkan dulu di rak kawat, fungsinya agar bolu dingin perlahan-lahan dan nggak kaget. Jadi bagian atas tidak jadi basah. Jika sudah dingin bolunya, lepaskan dari loyang. Sajikan, kalau Yodha..suka pakai taburan gula halus..semriwing..:D


Oke..selamat mencoba ya...jika suka bolu nangka ya teman-teman. Ini jenis bolu ya..yang tekture mengembang dan berpori kuenya..tapi moist dan empuk hasilnya..nggak seret..tapi tetap ekonomis bahannya..jadi siapa tau bisa jadi ide usaha ya. Pilih nangka yang harum dan matang agar cakenya juga harum semerbak nangka.


23 comments :

  1. Salam kenal ya mbk di...mbk itu kalau nangkanya dihalusin kayk bikin cake tape bisa g ya?

    ReplyDelete
  2. Pagi2 sudah ngintip dapurnya mba Diah...eh langsung disuguhi bolu nangka, sayang aku kok gak nyium wanginya si bolu nangka ya.. hiks..^_^ Tak bayangin pas mateng tuh bolu pasti wanginya sampe kemana-mana deh...hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau pinter baking emang ya, apa yang adadi kulkas bisa jadi kue yang enak. Kalau saya yang bikin ya harus berulang-ulang tuh untuk bisa berhasil. Makasih resepnya, kapan-kapan kalau punya nangka,saya coba deh.

    ReplyDelete
  4. Mau coba ah...sapa tau bisa jadi usaha juga...hehehe...thanks ya Di...

    ReplyDelete
  5. Mb d,, pux resep brownis yg muantep gk.hehehe... Ankq ska bgt ma brownis amanda( brownis d toko2 gt dah). Syangx kalo beli mst hrus kesurabaya dlu. Pengenx sich bkin sendiri. Tiap kali nyoba resep hasilx cm ky bolu biasa gt.. Pengenq teksturx padat tp lembut gt. Bkn ky kue bolu. Kalo ad tolong d sahare y.. Thnks

    ReplyDelete
  6. Nangkanya dimixer sisan gimana ya mbak, biar nggak nggrindil pas jadi. Soalnya anak yang bungsu kurang suka. Kalo yang sulung sih suka banget.

    ReplyDelete
  7. Mba..mau tau jenis2 tepung protein rendah,sedang n tinggi itu dmn ya... merk ap..

    ReplyDelete
  8. Mba..mau tau jenis2 tepung protein rendah,sedang n tinggi itu dmn ya... merk ap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba search di web ini..sdh pernah ku ulas mba :)

      Delete
  9. aku dah coba mba diah.. resepnya recomended,cakenya lembut,aku modif terigunya jadi 150 gr terigu + 20 gr maizena
    Aku panggangnya pake baking pan.. 35 menit matang.. makasih ya mba

    ReplyDelete
  10. Aku sudah nyoba, mb. Berhasil. Tp nangka diganti wortel import. Ngembang dan fluffy. Wortel tersebar merata. Diparut kasar. Semuanya sama, kecuali mentega aku pakai minyak goreng, mb. Gulanya pakai 100 gr, samar2 manisnya. Rasanya 👍

    ReplyDelete
  11. Maturnuwun resepnya mb...teksturnya lembut...

    ReplyDelete
  12. Maturnuwun resepnya mb...teksturnya lembut...

    ReplyDelete
  13. Thx ya mba... Udah nyoba resep bolu nangka nya. Manteeeep

    ReplyDelete
  14. mbak Di, kalau dikukus apakah resepnya juga sama? makasih mbak...

    ReplyDelete
  15. mbak Di, kalau dikukus apakah resepnya juga sama? makasih mbak...

    ReplyDelete