Saturday, November 14, 2015

Balado Terong & Tahu


Hari ini Sabtu, tapi super sibuk..kebetulan banyak kiriman jumlah besar yang harus di kirim via ekspedisi cargo, jadi dari semalam sudah lembur packing. Otomatis..jadi nggak banyak waktu masak yang lama-lama di dapur. Tapi alhamdulillah..habis sakit Yodha kok malah lahap makan,..pakai apa aja mau..tadi sarapan aku buatin nasi goreng dan telur dadar aja lahap banget..hihi. Siap..makan mie godog sama bakso..sore..alhamdulillah dapat rejeki kiriman nasi box dari tetangga yang nujuh bulanan..itupun di lihat Yodha..langsung minta makan..hahah. Mungkin karena nasi box katering yang penyajiannya bagus gitu, Yodha jadi tertarik. Kalau habis sakit malah doyan makan ya Kak. Tak lihat ada ayam bakarnya..pantesan Yodha pengen. Tapi..setelah mencicipi rasanya dan sambil makan tetep komen gini.."Ayam goreng atau bakar Mami lebih enak dari ini..! " ..hihi...iya tho Kak ?

Giliran aku..karena siang cuma ngemil..nggak makan siang..kok jadi pengen makan yang pedes-pedes. Pas kebetulan Yodha juga udah makan..jadi aku buat balaso terong aja..yang cepat dan enak. Biar sekalian ada proteinnya..campurin tahu..hihi..enak juga ternyata..tahu campur terong. Karena ada campuran tahu, otomatis bumbu, misal cabenya kudu lebih ekstra banyak...biar meresap bumbunya..ke terong dan tahunya. 

Kalau buat balado gini, aku suka terong ungu. Menggoreng terong ungu untuk balado, jangan terlalu lama ya teman-teman, agar nggak lembek. Jika mau lebih sehat terong ungu bisa di panggang di teflon anti lengket, itu e nak juga. Untuk tahu, pakai tahu yang asin atau sudah gurih, karena masak balado kan jenis masakan cepat...jika pakai tahu yang anyep ( tawar, nanti kurang meresap bumbunya ).  Untuk tingkat kepedasan, sesuaikan selera masing-masing ya. Penyedap untuk balado ini adalah terasi..jadi pilih terasi yang enak ya teman-teman.

Untuk tehnik masaknya aku pakai cara yang bumbu di haluskan dulu, baru di tumis. Kadang-kadang aku pakai tehnik bumbu di goreng dulu, baru di haluskan. Ada resepnya yang versi itu di web ini, search aja ya. Semua enak..tinggal di sesuaikan selera. Okeh..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..:)

Balado Terong & Tahu

2 terong ungu, potong sesuai selera
3 buah tahu , potong jadi 6 bagian, goreng
2 lembar daun jeruk purut
1 buah tomat merah
100 gram cabe ( campuran cabe merah dan cabai rawit merah )
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok makan terasi bakar
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
2 sendok teh gula merah 
100 ml air
Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Rendam terong di sedikit air dan garam, goreng sebentar saja hingga layu
Haluskan cabai, bawang merah, terasi, tomat
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang
Masukkan air, dan bumbu lain
Aduk rata, masukkan terong dan tahu goreng, masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa hingga pas citarasanya


Oh ya..ini cemilan sore kami..jamur krispi pakai taburan bumbu tabur. Iseng pas punya jamur..sekalian ngabisin Tepung Krispi yang sudah aku buka.  Aku kan jualan Tepung Krispi untuk Jamur Krispi, Ayam Goreng Krispi, Steak Krispi, dll. Hasilnya seperti ini nich..renyah..empuk dan bisa keriting lapisan tepungnya. Oh ya..kemaren ada teman yang tanya teknik menggoreng aneka gorengan dengan Tepung Krispi. Kuncinya..minyak harus agak banyak dan sudah benar panas, baru bahan yang sudah berlumur tepung krispi di masukkan. Jangan lupa ketokan dulu sisa kelebihan tepung, agar tepung yang nggak menempel di bahan nggak ikut masuk minyak, jadi minyaknya nggak akan keruh. Jika minyak sudah panas, maka lapisan tepung akan langsung mengembang ketika di masukkan dan hasilnya lapisan tepungnya bisa empuk renyah krispinya. Jika lapisan gorengan krispi keras, itu bisa jadi karena..minyak belum panas, bahan berbalut tepung udah masuk duluan, terus di goreng lama..wuaa..maka jadi keras dech gorengannya. Istilah  bahasa Jawanya..*mbeling ( membatu )...jika begitu. Jadi ..tehnik..juga harus di perhatikan ya teman-teman, dalam mengolah suatu makanan.

1 comment :

  1. Uwaah..mba diah..hari ini aku juga masak yg sama ini balodo terong, cuma klo aku dengan teknik bumbu yg digoreng dulu lalu tak tumis lg pake kemangi, dengan sedikit minyak dan ga pakai bawang merah hanya bawang putih 2 siung,tomatnya aku pakai 2 buah, jd mirip sambel pecel lele tuh loh mba diah. Jd segar ada kemanginya,bisa ngabisin nasi berpiring piring ..makasih resepnya mba diah

    ReplyDelete