Tuesday, November 10, 2015

Roti Goreng Kentang Isi Coklat


Yodha masih demam..jadi absen lagi hari ini sekolah. Kalau lagi demam dan batuk gini..duch..makannya jadi susah..sedikit dan pilih-pilih. Akhirnya tadi waktu dia lagi  bobok aku sempatin bikin cemilan favoritnya..Roti isi coklat. Alhamdulillah..walau sakit, masih habis 2 biji tadi bangun tidur. Dasar Yodha..walau sakit..masih suka ngeles dan becanda,..kalau di suruh makan banyak. Katanya..dia sudah lumayan banyak makan waktu sakit..bisa 5 sendok makan, kalau temannya katanya cuma mau makan 2 sendok jika lagi sakit...:D. Beragam jurus udah di keluarin untuk maksain dia makan agak banyak jika lagi sakit, tapi kok ya susah. Tapi ya wajar ya..namanya lagi..flu..demam..makan apa-apa terasa nggak enak. Jadi aku buatin roti goreng isi coklat ini buat jaga-jaga jika lagi malas makan dia.

Roti goreng kali ini..aku buat versi beda lagi..tetep..pakai tepung kentang untuk pengempuknya. Tapi aku buat dalamnya lebih berpori  besar, jadi bisa di isi coklat setelah matang. Jadi isian coklatnya di semprot ke donat setelah matang. Jadi aman dari acara mbleber jika di goreng, dan bisa awet leleh coklatnya. Beberapa teman pernah nanyain coklat isian donat yang katanya nggak leleh lagi jika sudah dingin. Gampang sich, solusinya..di semprotkan saja isian di akhir jika donat atau roti sudah matang. Agak awet lelehan coklatnya nggak menggumpal...campur coklat lelehnya dengan sedikit susu cair atau susu kental manis, dan lelehkan. Masukkan ke kantong plastik segitiga, semprotkan ke roti atau donat dengan bantuan sumpit. Tusuk dulu donat dengan sumpit hingga bagian dalam, lalu semprot ke dalamnya.

Adonan roti goreng juga beda aku suka aja coba-coba beragam variasi resep roti goreng atau donat biar    nggak bosan. Walau udah ada resepp roti atau donat yang enak..selalu ingin mencoba berbagai tehnik..dan komposisi bahan yang berbeda, jadi bisa mendapatkan hasil yang beda juga. Itulah serunya eksperimen bermacam-macam resep menurutku. 

Jadi..jangan bosan ya teman-teman..jika  aku sering share aneka macam roti goreng atau donat dengan beragam variasi. Mana yang paling enak...? Di coba saja semua ya..selera masing-masing nanti yang akan menentukan..kalau aku sich suka semua..hihi. Pokoknya homemade itu lebih enak..dan ekonomis..daripada beli..itu prinsipnya. Jadi jika kadang di resep tertentu..aku pakai air dingin, di resep satunya pakai air hangat, resep lain pakai susu, dll..itu adalah salah satu bentuk eksperimen resep yang seru untuk di coba. 

Okey..jika mau ikutan berpetualang rasa bersama aku..yukk cobain aneka donat, roti goreng homamade, dll di webku ini..salah satunya ini nich. Hasil roti goreng kali ini hasilnya malah seperti roti goreng bolang-baling, tapi lebih empuk, karena pakai tepung kentang dan susu...nah..surprise kan. Hasil beda seperti ini yang justru jadi keseruan tersendiri..karena rencana awal mau bikin roti goreng biasa, dengan komposisi resep berikut..malah ketemu resep roti goreng yang rasanya mirip roti goreng jadul..roti bolang baling...hihi.

Roti Goreng Kentang Isi Coklat

Bahan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung kentang flakes, seduh dengan air panas hingga jadi adonan kentang kukus lumat, dinginkan
200 ml susu cair, hangatkan hingga suam kuku ( jangan panas ya )
2 1/2 sendok makan margarin
50 gram gula pasir
1 butir telur
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 sendok teh garam

Bahan isian :
Coklat blok 100 gram, lelehkan. Tambahkan 1 sendok makan susu kental manis coklat

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula dan ragi dan kentang lumat
Masukkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga lembut ( agak lengket nggak apa-apa
Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis
Adonan akhir nggak kalis banget, agak lengket.
Tutup adonan dengan plastik segitiga, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali lipat sekitar 30 - 40 menit ( tergantung cuaca )
Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket.
Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika di gilas.
Gilas adonan hingga rata
Cetak bentuk bulat kecil hingga adonan habis.
Diamkan 10 menit untuk fermentasi kedua
Panaskan minyak padat, goreng adonan roti di minyak padat hingga matang.
Jika sudah dingin, tusuk roti dengan sumpit, semprot dengan coklat leleh yang di masukkan ke kantong plastik segitiga.
Taburi gula halus. Sajikan waktu hangat. Enak..kriuk renyah di luar..empuk di dalam..seperti roti goreng bolang baling..:D





4 comments :

  1. Mbak, nusuk pakai sumpitnya pas masih panas rotinya? trus jadinya ada bolong bekas sumpit ya?

    ReplyDelete
  2. mbak kalau diganti kentang kukus apa ttp 50 gr? mkasih

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Minyak padat itu kaya gimana mba..??apa beda dgn minyak yg biasa di pake masak??

    ReplyDelete