Wednesday, November 4, 2015

Ayam Goreng Kampung


Kemaren malam ke supermarket deket rumah..kok nemu ayam kampung murah banget...cuma 34 ribu satu ekor. Wah..yo langsung aku teliti baik-baik..beneran ayam kampung tidak . Ternyata ayam kampung beneran, tapi masih mudah dan ukuran sedang..seukuran ayam pejantan. tapi bukan ayam pejantan lho..aku bisa banget membedakan ayam pejantan dan ayam kampung. Yipi...nemu ayam kampung murah itu..sesuatu banget buat emak-emak kayak aku. Secara beberapa waktu lalu beli di pasar ukuran lebih besar 72 rb. Tapi ya malah mblenger jika terlalu besar. Makanya ketika nemu ayam kampung kecil ini aku kok malah seneng. Langsung kebayang ayam goreng kampung ala ibuku. Coba di sini ada gojek kali ya..hihi..yang serba 10 rb..pesan antar.  Bisa beli ayam kampung sering-sering tiap pagi, begitu supermarket buka..jadi dapat ayam kampungnya segar. Kalau beli malam, walau masih bagus, tapi sudah layu sedikit kan di lemari pendingin. Adanya di sini Mas Ojek biasa..yang bisa lebih mahal ongkosnya dari ayamnya...haha. Padahal supermarketnya ya dekat rumah cuma 15 menit..tapi siang-siang aku paling malas keluar rumah..selain panas, juga mending ngerjain kerjaan yang setumpuk..waktu siang hari sangat berharga buatku..hihi.

Akhirnya tanpa mikir lama..langsung di buat ayam goreg kampung aja..tapi sebelumnya..ambil kaldunya dulu. Baru di ungkep bersama bumbu-bumbu. Nggak pakai lama..cepet matang dan empuk ayamnya. Air buat merebus nggak perlu banyak-banyak, karena sebelumnya udah di rebus dengan api kecil di ambil kaldunya. Kaldunya tentu saja yang paling pas ya di buat Soto kampung juga..wah enak banget seger..soto bening yang sederhana, tapi enak dan seger

Ayam kampung ala ibuku, bumbunya nggak maacam-macam, tapi terasa gurih dan nikmat. Yapp..ayam kampung di olah dengan bumbu sederhana saja udah enak pastinya. Ayam gorengnya ya buthek gini ..nggak pakai kunyit..rasanya gurih manis. Karena pakai kemiri banyak, maka ketika di ungkep sampai asat ( kering ) maka lumuran bumbu menempel di ayam dan jika di goreng, jadi masih menempel juga di ayam gorengnya. Gurih banget. Oke..mungkin banyak ragam ayam goreng udah aku posting..hihi..yang ini yang paling simple bumbunya. Rasa ayam kampung mudanya begitu manis dan lebih gurih..suka dech.

Ayam Goreng kampung

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran kecil ( atau ayam pejantan )
600 ml air ( 300 ml air biasa dan 300 ml air kelapa ), jika nggak di ambil kaldunya boleh 800 ml
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas , memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
1 sendok teh ketumbar
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
5 butir kemiri

Cara Membuat :
 Campur bumbu halsu dan semua bahan sert abumbu, serta ayam dalam panci
masak dengan api kecil atau sedang hingga bumbu meresap dan hampir habis airnya. Koreksi rasa
Angkat ayam dan goreng sebentar saja di minyak yang sudah di panaskan hingga mengkilat bagian luarnya.

Tips :
Menggoreng ayam jangan terlalu lama ya agar ayam goreng tidak alot.


 Untuk resep sotonya, aku pakai soto bening ala Yogya..lihat di SINI ya..resepnya.


Perkedelnya..pakai resep perkedel crunchy di SINI, tapi tapioka ku ganti potato starch..jadi terasa..kentang banget..:D

5 comments :

  1. mbak...bedain ayam kampung dengan ayam pejantan gimana sih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mba mau beli tepung kenyang nya mba diah gimana cara pesen nya yaa

    ReplyDelete
  4. Mba mau beli tepung kentang nya mba diah gimana cara pesen nya yaa

    ReplyDelete
  5. Mba mau beli tepung kentang nya mba diah gimana cara pesen nya yaa

    ReplyDelete