Sunday, November 22, 2015

Risol Kuah Bestik


Yeay..besok kita mulai Jelajah *Citarasa Etnik Nusantara* ya teman-teman..udah banyak nich..yang kirim resep andalan dan otentik khas daerah-daerah di Indonesia. Unik-unik dan khas resep yang di kirimkan oleh teman-teman pembaca Diah Didi's Kitchen. Nggak sabar dech mencoba satu persatu. Beberapa udah aku coba kemaren dan bisa membuatku terharu..karena citarasanya yang unik dan khas yang nggak mungkin aku makan di daerah asalnya ya. Tapi karena kebaikan teman-teman yang mengirim resepnya, maka aku bisa mencicipinya. Penasaran kan..pantengin terus tiap hari ya dapurku besok dan selama 1 bulan ke depan ya..dan temukan kejutan menu apa yang akan aku masak secara acak setiap harinya..atau siapa tau salah satunya kiriman teman-teman juga..di tunggu, seperti apa hasilnya jika aku yang masak ya..hihi. Mohon koreksinya ya..jika ada salah atau beda hasil dengan yang di masak teman-teman di rumah.

Buat teman-teman lain yang mau ikutan kirim resep..ayuk di tunggu ya..masih sampai minggu ketiga Desember ya..aku tunggu. Dan sebagai hadiah ada sedikit uang ya..senilai 2 juta rupiah untuk 8 orang teman yang resepnya banyak di sukai pembaca. Cuma kirim resep aja kok..nanti aku yang masak dan posting di sini foto-fotonya..dan teman-teman lain yang jadi juri ya..hidangan yang paling di sukai dengan banyaknya like di page Diah Didi's Kitchen..itu pemenangnya..jadi bukan aku yang menilai..kalau aku mesti bingung..karena enak semua..pastinya..hihi. Jadi jika teman-teman mau kirim resep, selain resep andalan keluarga, juga sebisa mungkin khas daerah di Indonesia ya teman-teman..jadi ada nilai historinya gitu...dan dengan event  ini..semoga kita bisa saling mengenalkan aneka kuliner khas dan unik dari berbagai daerah di Indonesia dan melestarikannya ya teman-teman.

Nah..sebagai pemanasan aku posting contoh kuliner etnik dari solo nich..yang mungkin belum banyak di kenal luas. Nich masih sejenis sama Bestik Jawa khas Solo, namanya Risol Kuah. Buka risol goreng seperti cemilan favoritku ya yang di makan sambil nyeplus cabe rawit. tapi ini risol kuah bestik...khas Solo. Biarpun di Jawa, kita juga kenal yang namanya *Steak..atau dalam istilah Jawa di sebut Bestik. Tapi bestiknya..bestik Jowo bener..karena kuahnya cenderung manis gurih..berkecap..hihi. Tapi justru bestik ini yang sesuai dengan lidah banyak orang Jowo..termasuk aku...hahah. Risol Kuah ini menu khas yang biasa di jual di warung bestik Solo..salah satunya di warung makan Sumber Bestik Darmo. Risolnya bukan risol sungguhan sich, tapi telur dadar yang di isi orak arik daging cincang berbumbu, kemudian di bungkus telur dadar, dan di sajikan dengan kuah bestik yang segar. Di padu dengan kentang goreng dan wortel rebus..hemm..kombinasi menu yang bergizi..dan enak..segar di nikmati tanpa nasi. Yodha suka banget sama risol kuah ini, sejak dia mencobanya di Warung makan Bestik Darmo..yang asli Solo dan ada cabangnya di Semarang atas sini..di daerah Ngesrep. Jadi menu ini beneran ada ya teman-teman..bukan karanganku..hihi. Di Warung-warung bestik di Solo, pasti juga ada menu risol kuah seperti ini. Seperti ini penampilan risol kuah di Warung Makan Sumber Bestik Darmo..tapi maaf ya, ini fotonya pakai kamera tab..jadi agak buram..hihi.


Nah..kemaren sore kita makan di Sumber Bestik darmo lagi..nah Yodha pesan risol kuah juga. Pas makan di bilang.."Kenapa Mami nggak membuat sendiri resep ini..? Kan Mami bisa meniru aneka makanan..! " kata Yodha. Oh..terimakasih Kak..atas pujiannya..hahah. Yodha sampai hafal..kalau menemukan menu unik di luar, pasti aku akan segera menirunya di rumah. Dan beneran dech, akhirnya pulang dari makan kemaren langsung ke supermarket beli daging giling. dan..taraa..hasil tiruan Risol Kuah ala Sumber Bestik Darmo..jadi dech untuk makan siang kami tadi. Rasanya sama enaknya. Yodha dan Papinya lahap..habis lho Yodha risol satu segede ini..hihi. Yapp..risol Kuah ini satu porsi aja isinya satu buah risol ukuran lumayan, isinya daging cincang aja sama telur, tak heran satu porsi itu harganya 27 ribu rupiah untuk sekelas Warung Makan Sumber Bestik Darmo. Jadi..daripada beli terus, masak sendiri lebih hemat dan murah..puas dech. Jika isian daging cincang amsih sisa, bisa buat campuran martabak daging..hihi.


Okeh dech nich resepnya ya teman-teman, hasil modifikasi aku sendiri..tapi enak dech..seger banget rasa kuahnya, gurih isian dagingnya. Jika suka pedas, tambahin irisan cabai rawit merah sesaat sebelum di asjika..duch tambah enak..kemepyar rasanya lho. Yang suka mayo silahkan tambah juga..kalau kami sich ndak suka..hihi. Tapi kalau di Sumber Bestik Darmo sich mayonya..mayo Jowo juga sich kayaknya..hihi.



Risol Kuah

Bahan Isian Risol :
200 gram daging cincang
1 bawang putih, cincang halus
1/4 bawang bombay, cincang halus
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kecap manis
2 butir telur

Cara mmebuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang, aduk hingga berubah warna, sisihkan di pinggir wajan.
Tuang telur, buat orak arik berbutir kecil, campur dengan tumisan daging cincang di wajan , beri semua bumbu, aduk rata dan koreksi hingga pas gurihnya. Jangan terlalu asin ya..cukup gurih ringan rasa isiannya.

Isian risol ready, kita buah kulit dadarnya, aduk rata semua bahan, dadar seperti menggoreng telur dadar, tapi agak lebar dan jangan robek ya :
3 butir telur
1 sendok makan terigu
100 ml air
1/8 sendok teh  garam dan sedikit merica

Nah..yang ketiga tinggal bikin kuahnya nich :
2 buat tomat di rebus, blender dengan 600 ml air
Tumis 1/2 buah bawang bombay, 4 butir bawang merah yang di iris tipis, dan satu bawang putih yang di geprek saja, tumis hingga harum, masukkan ke rebusan air tomat.
Tambahkan 1 sendok makan saus tomat, 4 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk. 
Rebus saus hingga matang dan meresap, koreksi rasa hingga pas segernya sesuai selera

Pelengkap :
Daun selada secukupnya
Mayo Jawa atau Mayo beneran secukupnya
Kentang goreng potong dadu secukupnya
Wortel rebus secukupnya
Tomat segar secukupnya
Caba rawit iris secukupnya jika suka pedas

Cara Penyajian :
Ambil satu lembar dadar telur, isi dengan orak arik daging agak banyak, lipat bentuk seperti risol, tapi agak besar. Letakkan di piring saji, beri daun selada, tomat, kentang dan wortel. Siram dnegan kuah bestik
Sajikan hangat..yummy !




17 comments :

  1. Hmmmm....yuummy...😊sepertinya enak each...jd pgn cb. Mdh2n g gagal...hihi...thx mbk didi...☺

    ReplyDelete
  2. Boleh nih di coba. Makasih banyak nggih bu Joko atas resepnya. kebetulan hobby banget maem telur.

    ReplyDelete
  3. Blum pernah ngerasain jadi penasaran. Kudu harus bikin nih. Daging cincang, telur, kentang dan tomat itu selalu ada di dapurku. Terima kasih Mba Diah.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya enak..wajib di coba nih..tq mba diah😀

    ReplyDelete
  5. Mba diah maaf mau tanya klo mayo jawa itu yg seperti apa ya baru denger aku mba diah?
    Terus klo daging diganti daging cincang yg kemasan kaleng tuh loh ,bisa ga ya mba diah? Terimakasih. Ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging cincang sebaiknya segar ya mba..:) Mayo Jowo..biasa di pakai di warung bestik dan Selat Solo..di buat sendiri, dari kuning telur, terigu, dll yang di masak, jadi kayak vla tapi lebih kental..:)

      Delete
  6. Unik bangeeet..beneran lo Mbak di aku kira tadinya ini menu karangan Mbak Diah hahaha

    ReplyDelete
  7. Mb DD,,, klo mao ikutan give away,,tp resepku ga da takaran bumbu n bahannya boleh ga?? krn klo masak pakenya sistem kira2 asal cmpalng cmplung aj,, thxxxx....

    *bunda Che-Ra

    ReplyDelete
  8. kuahnya kayaknya seger banget tu mbak diah :D

    ReplyDelete
  9. Mbk didi, klo daging cincangnya d ganti sama daging ayam cincang bisa gak?:D

    ReplyDelete
  10. Mba Diah, makasih banyak yaa utk resep2nya. Saya asli Solo tapi skrg tinggal di Denmark. Tapi teteeppp dong cintanyahhh masakan indonesia. Sy sering pake resep2 Mba utk menjamu teman2 luar negeri yg kepingin ngicip masakan2 Indonesia. Bangga bgt deh sama masakan Indo yg enak2 banget. Terimakasih banyak Mba...

    ReplyDelete