Monday, November 2, 2015

Ayam Pedas Manis Ala Kung Pao Chicken



Beberapa waktu lalu aku sempat nyicip   Kung Pao Chicken di Horapa Seafood & Thai Kitchen. Ceritanya Pakdenya Yodha dari Jakarta pas ada urusan bisnis ke Semarang. Nah karena nggak sama kakak aku, akhirnya kita janjian aja ketemuan makan malam di kota Semarang bawah. Karena Kakak iparku ini orang India..yang nggak suka masakan Indonesia..hihi..jadi agak bingung juga mau ngajak makan ke mana kalau di mall, karena pas kebetulan Kakak ipar hotelnya jadi satu sama mall..ya udah kita makan malam di mall aja..daripada makan menu hotel yang begitu-begitu saja rasanya. 

Akhirnya pilihan jatuh ke Horapa Seafood & Thai Kitchen. Aku sich baru pertama makan di situ..soalnya selain mahal..aku kurang suka masakan Thai..dulu sering coba-coba di beberapa resto kok belum ada yang sreg di lidah. Kadang jika makan di suatu resto, walau   mahal tapi jika kami suka ya nggak masalah. Tapi..eh ternyata oh ternyata..setelah mencoba menu Thai di Horapa Seafood & Thai Kitchen ini aku kok cocok. enak..rasanya itu masih bisa di nikmati lidahku. Selain Thai food ada aneka olahan seafood juga. Selain mencoba beberapa menu Thai food aku juga coba  Kung Pao Chicken. Tapi setauku  Kun Pao chicken itu Chinese food ya..hihi. Tapi di resto itu kok ada juga. Dan dari berbagai menu yang kami pesan, aku paling suka soup Tom Yam dan  Kung Pao  Chicken nya. Enak banget.  Kung Pao Chicken aku baru pertama nyoba itu..dan langsung jatuh cinta..rasanya lebih ringan dari saus asam manis, jadi enak banget.

Akhirnya penasaran aku pengen coba sendiri, tapi setelah lihat  bahan-bahan kok ada beberapa bumbu yang nggak punya aku..akhirnya aku mencoba versi sendiri aja..jadi ini bukan original Kung Pao Chicken ya..resepnya..tapi ala-ala aja..hihi. Kalau Kung Pao Chicken asli ada yang pakai kacang tanah ya..tapi kalau di Horapa resto itu pakai kacang mede..jadi aku suka banget..karena mede adalah salah satu kacang favoritku. Buat campuran masakan, ternyata enak banget. 

Kalau resep-resep Kung Pao Chicken yang aku lihat itu ayam di tumis aja, tapi kalau di Horapa resto itu kayak di balut tepung tipis luarnya dan di goreng, jadi ada lapisan crunchy lembutnya. Jadinya aku langsung ingat sama tepung kentang pati punyaku..kan pas banget untuk lapisan luar seperti itu yang renyah dan lembut. Akhirnya iseng aja tadi aku pakai tepung kentang pati buat baluran luar ayamnya. Dan perfecto..beneran..dapat tekturenya..renyah dan lembut, setelah di balut saus, jadi lebih mengkilap dan menggoda penampakannya. Seneng dech..walau nggak otentik, tapi paling nggak resep ala-ala  Kung Pao Chicken aku ini juga enak. Suka dech..di gado aja enak.


Yang unik dari bumbu  Kung Pao  Chicken itu adalah cabe kering. Aku pakai cabai keriting aja yang aku oven pakai suhu rendah hingga kering. Cobalah sensasi sepotong  Kung Pao Chicken berpadu dengan pedas unik cabe kering, bawang bombay dan daun bawang. Ketika menyatu di mulut secara bersamaan..hemm..harmoni rasa yang indah di padu saus pedas manis yang gurih. 

Okey..ini menu rekomended..karena super cepat dan praktis. Jadi bisa kita siapkan sesaat sebelum makan malam tiba atau jika mendadak ada tamu di rumah, bisa jadi menu dadakan yang praktis, enak dan cukup layak di sajikan untuk tamu..hihi. Menu ini bisa di masak cepat dan di santap pas hangat-hangat sesaat setelah di masak..jadi berasa makan di resto..tapi nggak pakai mahal..hihi. Beneran ekonomis, soalnya aku cuma pakai ayam sepotong fillet dada aja udah cukup bikin menu sepiring...hihi.

Okey, mau coba..yukk..catet resepnya ya teman-teman jika suka ya..:D

Ayam Pedas Manis ala Kung Pao
Chicken

Bahan :
150 gram daging ayam filet bagian dada, potong kotak-kotak tipis
3 sendok makan tepung kentang pati / maizena
1 sendok teh saus tiram 
2 batang daun bawang, potong serong
50 gram kacang mede goreng 
6 buah cabai merah keriting kering, potong serong
2 siung bawang putih, geprek hingga agak remuk
1/2 buah bawang bombay, potong panjang
1 sendok makan saus sambal
1 sendok kecap manis
2 sendok teh saus tiram
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
Air 50 ml

Cara Membuat :
Lumuri potongan ayam dengan 1 sendok teh saus tiram atau garam secukupnya, jika nggak suka saus tiram
Lumuri ayam dengan tepung kentang pati, aduk rata dan segera goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan matang.
Masukkan aneka saus dan bumbu serta air. 
Aduk rata, koreksi rasa. Masak sebentar hingga saus agak mengental, lalu segera masukkan ayam goreng, daun bawang dan kacang mede goreng. Aduk rata, dan sajikan segera

14 comments :

  1. Kalau sama chicken adobo pilipin, enakan mana mb?
    Dia jg pedas manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda jenis masakan mba..kalau Chicken Adobo itu sejenis *Stew..atau kalau di kita kayak semur yang di masak lama, jadi rasa dan tekture , bumbu dll tentu saja walau sama ada pedas manisnya tapi beda rasa...jadi nggak bs di bandingkan. Kalau Kung pao Chicken lebih ke arah tumisan cepat.

      Delete
  2. Makasih banyak resepnya mbak diah didi, langsungngng saya coba detik-detik anak-anak pulang sekolah, biar terasa fresh dan memenuhi rasa laparnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba.iya..paling enak di sajikan sesaat sebelum di santab..biar kayak makan di resto mba..hihi

      Delete
  3. Waaaaaahhhh...jadi pengen nyoba nih buat bekal ngepantai Ntar weekend,tengkyu mbak dee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..pas itu..ikuttt ke pantai ya..hihi...lama ngga jemuran d pantai..:D

      Delete
  4. ada fotonya gak mbak cabe yang sudah kering di oven?kaya gimana sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabe biasa di keringkan Mak..nanti jadi kisut2 kering..:D Aromanya khas :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Mbak Diah, saya juga coba resep ini. Tdk ada kacang mede, jadi saya ganti dg kacang tanah sangrai sisa bikin wedang ronde. Enak, rasa manis gurih! Penampilan cantik dg kombinasi merah, hijau, putih! Berasa makan di resto. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..iya..aslinya pakai kacang tanah ya chicken kungpao. Kapan2 cobain pakai mede mba..gurih juga..:)

      Delete
  6. Mba .. post resep pedesan entog dong mba . Samapai skrg blm ada resep yg pas kaya dijual2 di rmh mkan gt soalnya . Hehe

    ReplyDelete
  7. Mba .. post resep pedesan entog dong mba . Samapai skrg blm ada resep yg pas kaya dijual2 di rmh mkan gt soalnya . Hehe

    ReplyDelete
  8. Td malem bingung masak apa.ngulik.web mb diah kepilih resep ini...hahaha ponakan yg ngeludesin...suami cm kebagian dikit.thx ya mb bro:)

    ReplyDelete