Thursday, November 26, 2015

Sate Serepeh Khas Rembang


Sate Madura..udah sering makan dan buat ya teman-teman..pastinya. Nah..ada lagi nich..sate ayam khas kuliner dari Rembang..yang pastinya..banyak dari kita yang belum pernah coba...namanya Sate Serepeh. Aku sudah penasaran dari dulu tentang sate ini. Pernah dengar dari suami yang pernah makan, katanya enak. Aku sering cari resepnya di internet, tapi jarang ada resep komplet juga. Sampai akhirnya..di event ini..ada mba Mell yang kirim resep sate Serepeh ini warisan nenek beliau di Rembang. Konon katanya di sebut Serepeh karena bentuknya yang kecil-kecil dan tipis satenya, atau ada juga yang bilang, karena bumbu rendaman khasnya yang warna merah dan beda itu. Senangnya aku..bisa mendapat resep otentik..dan akhirnya bisa membuat sate unik ini. Makasih mba Mell..kiriman resepnya.kami suka banget rasanya..aku dan suamiku. Kalau Yodha karena agak pedes, nggak mau nyoba..:D

Sate Serepeh ini beda dengan sate lain yang di bakar dari daging mentah. Kadang jika makan sate ayam yang di panggang langsung, jika manggangnya kurang tepat, kadang kita masih mencecap sedikir amis ayam mentah ya teman-teman..hihi. Makanya kadang-kadang aku kurang suka beli sate di pinggir jalan..selain kurang bersih..kena debu..dll...ayam mentahnya juga udah nangkring lama sebelum di panggang..belum lagi jika manggangnya nggak matang..hemm..amis..jadinya. Beda dengan sate Serepeh ini, daging ayamnya di rebus dulu teman-teman..jadi lebih matang dan pastinya..aman buat bumil-bumil nich. Jadi nggak perlu ngidam sate ya..jika lagi hamil..tetap bisa kok makan sate enak..ya sate Serepeh ini..hihi.

Sate Serepeh ini dari yang aku baca-baca, biasa di sajikan dengan Nasi Tahu. Nasi putih yang di siram dengan kuah kacang dan tahu goreng goreng yang di penyet...serta sayur santan. Aku sich kemaren pakai lontong aja enak. Pokoknya..I love this sate..uenak dan beda rasanya..unik. Bumbunya bumbu merah maknyuss. Jika mau lebih enak..pakai ayam kampung, jadi gurih rasanya dan lebih keset..itu tips dari mba Mell. Tapi memang enak..pakai ayam kampung. Oh ya..aku baca di internet ada yang basah berkuah satenya, kalau resep dari mba Mell ini di bakar, jadi lebih keset..aku suka. tapi..di siram sisa kuahnya juga enak..setelah di bakar..hahah..jadilah penampakan Sate Serepehku antara kesat di bakar dan di siram kuah..enak..lebih berbumbu. Maaf ya mba Mell..aku suka usil mengutak atik resepnya...hihi.

Okeh..ini dia langsung saja resepnya ya..aku copiin dari kiriman mba Mell..:)

Sate Serepeh ( Resep Nenek mba Mell dari Rembang )

 Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
• 1 ekor ayam kampung, diambil dagingnya, dipotong-potong kecil lalu pipihkan 
• 5 pasang ampela hati ayam kampung, direbus, dipotong-potong 
• 1 sendok teh garam 
• 1/2 sendok teh air jeruk nipis 
• 3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya 
• 2 lembar daun salam 
• 1/2 sendok teh garam 
• 1 sendok makan gula merah sisir 
• 400 ml santan dari 1 butir kelapa 
• 2 sendok makan minyak untuk menumis Bumbu Halus: 
• 5 buah cabai merah keriting 
• 3 buah cabai merah besar 
• Cabe rawit merah, sesuai selera 
• 5 siung bawang putih 
• 8 siung bawang merah 

Cara Pengolahan : 
• Lumuri ayam , rempela dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 
• Lalu ayam direbus hingga empuk 
• Tusuk-tusuk ayam ditusuk sate bergantian dengan ampela hati. 
• Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan daun salam sampai harum. 
• Masukkan santan, garam, dan gula merah. 
• Di aduk terus sampai Masak sampai matang dan kental, Sisihkan. 
• Celup tusukan sate dalam tumisan bumbu. 
• Bakar bentar sambil diolesi tumisan bumbu sampai matang.
Nb : kalau bisa menggunakan ayam kampung..karena dagingnya lebih keset

Ini yang belum di bakar, baru di lumuri bumbu...jika mau meresap, diamkan dulu sebelum di bakar dalam kulkas, kalau aku agar bumbu meresap.


Ini Sate Serepeh yang sudah di bakar..


 Ini hasil akhir ala aku, habis di bakar, di siram kuah..:D









7 comments :

  1. Huaaah..mbak diah foto2nya menggoda loh..mau bikin ah..sangat mudah dan ga ribet buatnya

    ReplyDelete
  2. sya suka sya suka....sll suka sma hsl karya mb DD,,moga2 ad yg kirim resep ayam pop,,,klo mb diah yg praktekin dlu kita jd mantep ntar cobanya...salam...
    *bunda CheRa

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget mbak acara eksekusi kuliner ini, lanjut terus ya...

    ReplyDelete
  4. Mbak diah didi... blognya mbak ini favorit sy, setiap mau masak apapun yg sy intip dl resep2nya. Dan hasilnya selalu pas di lidah... ndak ribet bg pemula ky saya. Makasih mbak... mau coba sate ini ahh...

    ReplyDelete
  5. Aku dari Rembang mbak...emang enak banget nih sate serepeh ,aku kangen banget makanan ini, besok Natal aku pulang Rembang, jadi ga sabar makan sate ini... :)

    ReplyDelete
  6. Makasih mbak resep sate-nya.. Menggugah selera :D

    ReplyDelete
  7. Mantab mbak kualitas bagi saya makanannya

    ReplyDelete