Thursday, November 12, 2015

Tips Membuat Pisang Goreng Pontianak


Beberapa waktu lalu ada teman yang menanyakan cara pembuatan pisang goreng Pontianak. Wah..aku belum pernah makan je..hihi. Lha di sini nggak ada yang jual. Mau ke Pontianak kan ya jauh. Terus aku tanya diskripisinya bagaimana. Kata teman tersebut, itu seperti pisang goreng kremes, renyah gitu. Oh..pisang kremes..yang sering makan kalau itu..tapi buatan sendiri..hihi.

Karena penasaran, aku coba search Pisang Goreng Pontianak ini di internet. Dan setelah aku lihat cara pembuatan dan penampakannya ya memang persis pisang goreng kremes. Hanya bedanya, pisangnya di iris tipis, jadi lebar seperti kipas. Kalau aku biasa bikin pisang kremes aku gulung utuh aja. Akhirnya karena penasaran aku coba saja tadi. Kebetulan..kok masih ada tukang yang kerja di rumah, jadi ada yang bantuin ngabisin, ada pisang kepok kiriman mertua yang ranum, ada tepung kremes pisang goreng jualanku yang ready..siap pakai..hihi.

Jadi nggak perlu waktu lama dech untuk bisa menikmati pisang goreng kremes yang kriuk..gurih dan legit karena pisangnya ranum banget. Aku kasih ke tukang tadi..wah langsung ludes..dalam sekejab. Aku juga habis 2 potong..hihi. Habisnya enak sich. Sampai kekenyangan belum mau makan siang. Ternyata..setelah pisang di belah dan di lebarkan, ukuran pisang gorengnya jadi besar. Hasilnya..jadi ngembang gede bagus, pisang kremesnya, karena pisangnya di lebarin..hihi. Jadi kalau mau buat jualan cocok ini..keliatan besar ya..walau sama-sama memakai satu buah pisang.


Untuk Membuat Pisang Kremes ala Pontianak ini aku pakai 150 gram Tepung Kremes siap pakai, yang praktis dan tinggal di campur dengan air, sekitar 250 ml air, 1 butir kuning telur dan tambahan sedikit gula merah halus ( 1 sendok makan, dan sedikit tambahan garam , 1/8 sendok teh ).  Aku suka pakai tambahan gula merah halus ini, pisang goreng kremesnya jadi lebih legit dan warnanya bisa cantik, nggak pucat.

Untuk menggoreng pisang kremes, nggak seribet yang di bayangkan kok teman-teman. Prosesnya cepat juga. Kalau tepung kremes yang aku jual, itu cepat kering dan bisa menyarang ketika masuk minyak panas, jadi mudah menggorengnya. Jika sudah setengah matang, kumpulkan kremesan agar saling menempel, baru masukkan pisang yang sudah di potong melebar bentuk kipas.
Kunci utama menggorengnya, agar cepat kering adalah minyak benar-benar panas, baru kremesan masuk, jadi bisa langsung mengembang seperti ini kremesannya. Jangan lupa, sebelum adonan kremesan di tuang, aduk-aduk terlebih dahulu agar tidak ada tepung yag mengendap di bagian bawah.


Setelah kremesan mengembang seperti foto di atas, kumpulkan dengan cara di dorong  pinggirannya pakai spatula agak ke tengah, celup pisang ke adonan kremesan, fungsinya sebagai pengikat agar bisa nempel di kremesannya. Letakkan di atas kremesan yang setengah kering. Lipat, lalu goreng sebentar saja, cepat kok keringnya. Gunakan pisang yang sudah matang agar lebih legit dan lebih cepat matang waktu di goreng. Jadi proses menggoreng pisang kremesnya, bisa lebih cepat kering dan matang.

Oh iya, untuk menggoreng pisang kremes atau kremesan yang lain, sebaiknya pakai wajan tebal dan minyak jangan pelit ya. Kalau aku paling suka pakai wajan cekung, seperti wajan besi jadulku, lebih mudah untuk membentuk dan menyerok kremesan, karena cekung bentuk wajannya. 


Tiriskan pisang kremes di saringan / serok kawat yang berlubang-lubang agar jika ada kelebihan minyak bisa menetes ke bawah. Terakhir, tiriskan di atas tisu dapur, maka pisang kremes tidak akan berminyak ketika di nikmati. Jadi menggoreng pisang goreng kremes itu nggak sulit kok teman-teman, jika tahu tips-tips di atas. Dan misal untuk usaha pisang kremes juga tidak akan memakan waktu lama menggorengnya, sama aja seperti membuat goreng yang lain. Tapi memang karena prosesnya yang beda dari gorengan biasa, tak ada salahnya mematok harga yang sedikit lebih mahal jika mau di jual. Atau jika mau lebih menaikkan harga lagi, coba jual satuan dengan aneka topping di atasnya, misal, coklat, keju, atau es krim..masih bisa bersanding kok dengan pisang kremes ini. 

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tips membuat Pisang Goreng Pontianak ini ya teman-teman. Yang mau pesan tepung kremesnya, silahkan sms aja atau wa ke 089654712500, atau bisa pakai resep kremesan lain, banyak beredar di internet...tinggal di praktikkan bersama tips-tips di atas, semoga sukses ya..membuat pisang kremes ala Pisang Goreng Pontianak yang kriuk, nyarang dan awet renyah walau sudah dingin.



7 comments :

  1. Malam mbak diah..
    Mau nanya.. itu pisang nya di celup ke adonan tepung dlo yaa? Ato setelah di potong kipas lgsg di masukin aja ke penggorengan gt yaa mbak? Tks yaa..
    yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Celup adonan dulu sebagai perekat biar nempel di kremesan mba :)

      Delete
  2. Hhmmm yummy nih klo dcemil pas hujan2

    ReplyDelete
  3. keren tuh mba, emang lokasinya dimana? berapa mba jual tepung crispy nya? kebetulan aku pengen buka kafe yg pake menu pisang crispy pake coklat keju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semarang..sms aja ke 089654712500 jk minat tepungnya ya Mas..:)

      Delete
  4. wa nya di no. yg sama mba?

    ReplyDelete