Monday, November 2, 2015

Jangan Bening


Selamat hari Senin...teman-teman..semangat ya..nggak ada istilah "I hate Monday ! "..semua hari baik kan..hihi. Yang di kantor ayuk kumpulin semangat buat ngerjain tugas-tugas yang menumpuk, buat ibu-ibu rumah tangga kayak aku..semangat juga ngerjain tugas rumah ya..weekend pasti datang lagi..hihi. Ah..hari ini setelah sibuk setengah hari ngurus kerjaan, aku kok jadi pengen makan yang seger. Jadi pengen Jangan Bening ala kampung. Hemm..seger..murah meriah dan enak.

Jangan Bening itu istilah lain dari sop, kalau di Yogya. Sop nya ngga pakai bakso, sosis  dkk, tapi cukup beningan..alias isinya sayuran aja. Kalau suamiku ndak mau sop gini..hahah. Jadinya buat dikit aja buat aku dan Yodha ntar sore masak yang lain. Padahal seger lho sop bening gini. Rasanya..seger ala ndeso. Paling enak di makan anget sama sambal tomat dan tempe goreng. Jika ada tempe goreng garit dari tempe yang bungkus daun. wah..enak sekali. Sudah cukup itu aja lauknya sudah enak banget.

Jadi teringat dulu jika di rumah Yogya..jaman kecil hingga remaja, menu seperti ini pasti ada seminggu sekali di rumah. Kalau tempe sich tiap hari..hihi. Kalau nggak ada apa-apa di rumah..yang cukup Jangan Bening ini. wah..rasanya sudah enak sekali. Menu Jangan Bening ini juga biasa di sajikan misal acara hajatan..kan banyak yang bantu-bantu masak di rumah...atau jika lagi sambatan ( acara gotong royong )...karena bahannya murah meriah dan bisa jadi banyak..hihi. Kalau lagi ada acara hajatan di rumah..menu favorit para tetangga yang masak itu ya Jangan  Bening ini, karena kalau hajatan kan udah *mblenger dengan masakan ayam atau daging, jadi Jangan Bening ini cukup ringan dan menyegarkan untuk di sajikan ramai-ramai. Aku suka makan tanpa nasi..seger..*kemepyar..rasanya. Apalagi tambah sambal tomat yang pedas..:D

Cara membuat Jangan Bening ini juga mudah banget..bumbunya...bawang putih, kemiri dan merica. Ciri utama bumbu khas Jowo itu adalah ketiga bumbu tersebut. Biasa untuk nasi goreng atau Mie Goreng Jowo dan Jangan Bening ini. Kunci agar  Jangan Bening ini terasa segar dan nggak hambar, masak bumbu hingga benar-benar matang. Perpaduan gurih dan sedikit gula harus pas, maka akan tercipta harmoni rasa sederhana yang enak. Okeh...menu sederhana ini bisa jadi alternatif menu tanggal tua nich..haha. Karena bahan-bahannya murah dan mudah..D

Jangan Bening

Bahan :
1 buah wortel, potong serong tipis
1/6 buah kol, potong kasar
1 buah kentang ukuran besar 
2 batang daun bawang
1000 ml air
1 sendok teh kaldu sapi
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
Pelengkap : Bawang goreng, sledri, tempe goreng dan sambal jika suka
Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang.
Masukkan air, dan bumbu lain. Didihkan.
Masukkan wortel dan kentang, masak hingga setengah matang
Masukkan kol dan daun bawang 
Masak hingga sayuran layu dan bumbu meresap. Taburi dengan sledri cincang dan bawang goreng.
Sajikan hangat dengan sambal tomat dan tempe goreng. Seger..!


Sambal Tomat 

8 buah cabai rawit merah
5 cabai merah keriting
6 buah bawang merah, potong-potong
1 siung bawang putih
1 buah tomat
1 sendok teh terasi
1/4 sendok teh gula merah
1/ 8 sendok teh garam ( sesuai selera )

Cara Mmebuat :
Goreng semua bahan kecuali garam dan gula
Ulek bahan sambal dengan garam dan gula, koreksi rasa


10 comments :

  1. Hihihi segernyaaa, d tambah ayam goreng pasti lbh nikmat mbk hahaha
    Mbk didi, sekalian mau nanya, buat nyimpen keju mozarella yg ud kebuka gmn yaa, cukup masuk lemari ice ato harus freezer
    Makasih mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Yodha gitu mba..sama ayam goreng..tapi kalau aku kok lebih milih tempe goreng...hihi

      Masukkan wadah tertutup, simpan kulkas mba keju mozza nya

      Delete
  2. di kampung saya (daerah kulon progo) disebut jg jangan loncom, mbak. bener banget, tambah tempe garit yg bungkus daun dan sambal tomat, enak poool. ternyata sama ya dgn di kampung saya, ini jadi menu kalo ada hajatan buat yg bantu2 di belakang, kalo ada sambatan jg. enak pokoke...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..samaan ya mba..cara makannya dan tradisinya..:D
      Tapi memang masing2 daerah punya sebutan sendiri2 ya..:)

      Delete
    2. Ikut komen... di Solo juga disebut jangan loncom... :D

      Delete
  3. Ok mbk makasih yaaa, hbs msh ketagihan sm pizza nya hihihihi
    Next mau cobain roti sosisny, kmrn gagal si kecil sakit soalny
    Sukses sllu mbk didi, oea selamat atas penghargaanny yg kemaren itu yaaa

    ReplyDelete
  4. Bener mba..jangan bening ini pasti jd menu klo lg ada sambatan atau buat yg bantu2 masak di acara hajatan..segeeerrr n makannya bareng2 jd tambah sedap, jd kangen mudik ke klaten deh nih

    ReplyDelete
  5. Unik mb, menunya. Kayak bumbu sop tp ada mirinya. Perbedaan rasa dg sop gmn, mb?

    ReplyDelete