Sunday, November 8, 2015

Sweet Red Bean Bbang ( DanPatBbang )


Hari ini lagi rajin lagi, bangun pagi..di hari Minggu bukannya lari pagi biar sehat..eh malah berantem sama adonan roti..hihi. Soalnya lagi pada malas semua..di bangunin susah..ya udahlah biarin aja, kan hari Minggu. Tadi malam habis pergi keluar, pulang malam..capek mungkin Yodha dan papinya. Kalau aku..kalau capek malah susah langsung tidur, jadinya tadi malam bukannya istirahat..malah nonton drama Korea..setelah pulang ke rumah.

Buat aku..nonton drama Korea itu jadi acara menyenangkan..serasa jalan-jalan ke Korea beberapa jam..hihi. Karena lewat Drama Korea bisa tahu..di Korea lagi musim apa..terus suasana kota, makanan, baju apa yang lagi trend di sana..semua ada di drama Korea. Nah..kemaren di komporin teman-teman buat nonton drama Korea Oh My Ghost..akhirnya dapat dech DVD nya..sayangnya yang You Was Pretty belum ada. Akhirnya beli  yang lain, Lets Eat 2. Pertama nonton Lets Eat...tak kira bakalan seru, ternyata cerita dan alurnya agak membosankan. Jadi aku skip aja langsung ke scene acara makan-makannya..haha. Yang paling menarik di drama ini buatku hanya presentasi masakan khas Korea yang bagus dan mengundang selera dalam beberapa adegan acara makan-makan. Kayaknya memang sengaja untuk promosi makanan khas Korea dech drama ini..hihi. Sayangnya masakannya ya itu-itu aja..kebanyakan aku udah pernah makan..kecuali Iga piggy nya..hahah. Jadi aku ngga terlalu drooling atau penasaran rasanya. Akhirnya nonton Let Eats nggak nyampai setengah jam..dan nggak tau cerita kompletnya..karena  menurutku kurang menarik. 

Lalu pindah dech ke Oh My Ghost. Nah..kalau ini beneran seru..ceritanya masih seputar dunia Chef juga..Chef ganteng ?..Iya dong. Nah..ceritanya ini tentang seorang gadis assisten di sebuah restoran terkenal di  Korea, yang aslinya pendiam, extrovert, kemudian berubah jadi gadis yang periang, lucu, dan agresif..serta jatuh cinta sama Chefnya. Gadis ini menjadi berubah sifatnya, karena kerasukan hantu perawan yang gentayangan, karena belum rela atas kematiannya, dan masih penasaran tentang cinta, dll..karena sebelumnya gadis ini belum pernah pacaran, tapi keburu meninggal. Pokoknya seru dech..dan lucu. jadi si gadis yang di rasuki roh itu juga seperti punya kepribadian ganda, dari gadis pendiam berubah menjadi gadis ceria serta agresif. Untuk yang belum nonton..nonton sendiri ya..aku mau masak lagi nich..jadi singkat aja reviewnya..hihi.

Nah..biasa,..habis nonton drama Korea..mesti kok pengen maska sesuatu dari negeri Ginseng tersebut. Akhirnya..mampir ke Aeriskitchen..salah satu blogger Korea ternama. Tapi aku ubek-ubek resep..yang memang sedikit ya..aslinya masakan Korea itu jenisnya..hihi..udah banyak yang aku coba soalnya. Hanya ada beberapa yang menarik perhatianku untuk di coba. Beruntungnya kita ya teman-teman..aneka makanan Indonesia itu nggak habis-habis untuk di coba dan di explorasi. Sayangnya kurang terkenal aja di banding masakan Korea..huhu. Akhirnya..karena menyesuaikan bahan yang ada..aku coba roti tradisional Korea aja...namanya Sweet Red Bean Bbang ( DanPatBbang ). Ini merupkan salah satu roti tradisional Korea yang terkenal. Rotinya sederhana daja..berisi pasta kacang merah, di bentuk bunga, di beri hiasan wijen hitam atau putih, lalu di panggang. Adonan rotinya nggak pakai telur. Pas buat adonan aku jadi ingat bakpia basah ala pasar, kan adonannya juga adonan roti tanpa telur seperti ini, hanya ngga pakai susu.

Akhirnya setelah aku coba..berhasil dan setelah matang..aku cicipin rasanya. Wo alah..tepat dugaanku..rasanya sama..kayak roti pia basah ala pasar hihi. Tapi memang lebih lembut dan ngembang ini adonannya, karena pakai susu. Jadi intinya ini termasuk *flat bread, atau roti pipih..jika di bentuk kecil-kecil ya jadi bakpia basah juga..jadi aku kira di isi kumbu kacang hijau ya enak ya juga..hihi. Kalau di Korea, roti ini di bentuk cantik, bentuk bunga dan di beri hiasan wien hitam. Cantik dech penampilannya. So far..roti ini enak dan mudah di buat, serta ekonomis, nggak pakai telur. Jadi buat teman-teman yang suka galau telur mahal..ini nich bisa di coba..roti nggak pakai telur tapi tetep lembut dan empuk kok hasilnya. Next time mau coba isi kumbu kacang hijau..pasti enak juga. Cara membuatnya juga mudah saja...cobain yuk..teman-teman. Yang punya takaran cup, pakai takaran cup aja ya lebih cepat dan praktis, yang nggak punya..udah aku ukurkan pakai gram dan ml ya.

Sweet Red Bean Bbang ( DanPatBbang )

Bahan :
  • 3½ Cups All-Purpose Flour ( 350 gram tepung terigu protein sedang ( aku ikutin resep pakai yang sedang, hasilnya memang lebih lembut untuk roti tanpa telur begini )
  • 2½ Cups Red Bean Paste ( Aku tadi buat pasta kacang merah dari 150 gram kacang merah kering, rendam semalam, di  presto hingga empuk, lalu di masak dan di buat pasta, tambah gula 50 gram dan garam sedikit serta daun pandan 1 lembar. Bulatkan jadi 16 buah. Cukup kok untuk satu adonan )
  • ⅔ Cup Lukewarm Water ( 158 ml ), ⅔ Cup Lukewarm Milk ( 158 ml ) ( Aku pakai 1 kotak susu putih, tambahin air hingga jadi 316 ml, hangatkan )
  • ¼ Cup Sugar ( 50 gram )
  • ¼ Cup Butter ( aku 2 sendok makan mentega )
  • 2 tsp Fast Active Dry Yeast ( 2 sendok teh ragi instan )
  • 1½ tsp Salt ( aku 1 sendok teh )
  • Some Melted Butter (for Brushing ) ( secukupnya )
  • Some Black Sesame Seeds (to Garnish ) ( secukupnya )
Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula dan ragi instan
Tuangin campuran susu dan air , dalam kondisi hangat suam-suam kuku ya, jangan panas.
Uleni adonan hingga rata. Awalnya adonan agak lengket..no problem..!
Masukkan mentega dan garam, uelnbi hingga adonan halus dan elastis. Adonan masih sedikit lengket ?..Iya..gak masalah..lanjut ya...:)
Tutup adonan dengan serbet atau plastik wrap, diamkan di tempat hangat hingga 40 menit hingga mengembang dua kali lipat.
Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan untuk mengeluarkan gas di dalamnya.
Lumuri tangan dengan tepung, angkat adonan. Pulung dengan kedua tangan agar sisa udara di adonan keluar semua. Potong adonan jadi 16 bagian, bulatkan.
Ambil satu buah adonan, pipihkan. Isi dengan pasta kacang merah, rekatkan kuat sambaungan ujung bagian bawah, lalu pipihkan adonan. Bentuk kelopak bunga di bagian sisi-sisinya dnegan bantuan pisau. Taburi wijen hitam untuk hiasan.
Diamkan 15 menit untuk fermentasi kedua.
Panggang dalam oven yang sudah di panasakan 200 C  hingag mengembang dan matang. Sesaat sebelum kelaura oven, olesi mentega leleh agar permuakann mengkilat.
Sajika hangat....em[uk dan lembut rotinya, legit isiannya...yummy !

Note :
Hasil akhir pemanggangan tergantung oven masing-masing ya. Untuk memanggang roti di perlukan suhu yang panas agar roti cepat mengembang dan cepat matang. Jadi suhu min 200 C. Jika roti di panggang api kecil dan lama, hasilnya akan kering dan keras rotinya.



7 comments :

  1. Baru juga nyobain resep roti sosiny, ee mbk didi ud update roti lg hahaha
    Happy sunday mbk

    ReplyDelete
  2. Dipanggang nya berapa menit mbak? Makasih
    ^_^

    ReplyDelete
  3. aku masih kesulitan ngulenin loh mbak, udah baca2 tipsnya padahal di blog mbak Diah

    ReplyDelete
  4. mbak diah, kalo mau liat drama yg lebih update (tp subtitle english). bisa di : dramayou.com. yg she was pretty tinggal nunggu ep 16 yg terakhir. biasa.. 1~3 hari uda keluar eng sub nya.. maklum aku juga penggemar drama korea ^^. btw aku suka nyoba masakan2 mbak yg khas jawa~~top !^^

    ReplyDelete
  5. mbak diah, kalo mau liat drama yg lebih update (tp subtitle english). bisa di : dramayou.com. yg she was pretty tinggal nunggu ep 16 yg terakhir. biasa.. 1~3 hari uda keluar eng sub nya.. maklum aku juga penggemar drama korea ^^. btw aku suka nyoba masakan2 mbak yg khas jawa~~top !^^

    ReplyDelete
  6. Saya sdh episode terakhir mbak nonton was pretty..

    ReplyDelete
  7. Mba diah, kalo mentega nya diganti margarin bisa ga ya?
    Oh ya, mba post resep aneka olahan labu kuning lainnya dong, selain onde2...

    ReplyDelete