Wednesday, November 11, 2015

Roti Bolang Baling


Yeay..akhirnya bisa buat roti jadul..Bolang Baling sendiri. Walau banyak sich ya..yang jual di pinggir jalan banyak..tapi kadang mau beli suka ragu..soalnya buat adonan juga di pinggir jalan biasanya..jadi nggak tega dech..bertabur debu kayaknya..hihi. Dari dulu pengen bikin bolang baling yang empuk, tapi belum ketemu resep yang pas. Nah..kemaren waktu buat roti goreng versi resep terbaruku yang isi coklat..kok rasanya malah persis bolang baling. jadi aku penasaran..coba lagi tadi. Sekalian pas ada lagi tukang yang kerja di rumah..jadi bisa buat snack mereka. Dan berhasil..hasilnya persi bolang baling, rasanya. Tapi punyaku lebih empuk dan gurih..ya iyalah..bolang baling premium ini..hihi..soalnya pakai tepung kentang.

Jadi adonan bolang baling ini malah nggak terlalu kalis seperti adonan donat yang biasa. Adonannya agak memang lengket..tapi justru itu yang membuat tekture bolang balingnya jadi berongga dalamnya dan empuk ringan, nggak padat. hasilnay mengembang bagus. Pantesan bolang baling tuch murah ya..hihi. Memang rotinya bisa mengembang gede sich..dari ukuran awal.

Jika menangani adonan roti yang masih agak lembek dan lengket, jangan panik ya teman-teman. Lumuri saja tempat rata yang mau di pakai membentuknya dengan tepung terigu. Taburi adonan juga dengan tepung terigu tipis-tipis, tangan kita juga..maka lengket no problemo kok adonannya..tetep bisa di bentuk dengan cantik.

Roti  bolang baling ini..agak mudah    kecoklatan menggorengnya, makanya goreng di minyak agak banyak, di panaskan dulu hingga panas, tapi jangan pakai api besar, nanti mudah gosong. Hasil akhir roti bolang baling yang enak..itu..crunchy di luar..empuk dan berpori di dalam. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka roti jadul bolang-baling. Lumayan buat cemilan murah meriah..enak. Resep masih sama dengan roti goreng kemaren, hanya penyelesaian yang beda.



Roti Bolang Baling
Bahan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung kentang flakes, seduh dengan air panas hingga jadi adonan kentang kukus lumat, dinginkan
200 ml susu cair, hangatkan hingga suam kuku ( jangan panas ya )
2 1/2 sendok makan margarin
50 gram gula pasir
1 butir telur
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 sendok teh garam
Bahan Taburan : Wijen putih secukupnya
Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula dan ragi dan kentang lumat
Masukkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga lembut ( agak lengket nggak apa-apa)
Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis
Adonan akhir nggak kalis banget, agak lengket.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali lipat sekitar 30 - 40 menit ( tergantung cuaca )
Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket.
Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika di gilas.
Gilas adonan hingga rata dengan ketebalan 2 cm.
Potong-potong bentuk kotak sesuai selera ukurannya. Olesi atasnya dengan air, taburi wijen secukupnya
Diamkan 10 menit untuk fermentasi kedua
Panaskan minyak padat, goreng adonan roti di minyak padat hingga matang.
Sajikan waktu hangat.



21 comments :

  1. Makasih banget resepnya mba Di.... Kebetulan dah lama Oma katanya kangen sama kue yg satu ini :D

    ReplyDelete
  2. Ujan2 gini makan bolang balingnya mba diah yg anget, lgsg ludes pasti itu sepiring .. Hehe. Di pinggir jalan itu satu 500 rupiah mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..tapi aku jarang beli..soale bikin adonannya juga di pinggir jalan berdebu..:D

      Delete
  3. Mbk didi kalo g pke tpung kntang trs d gnti ap...cz aq blm pernah nemu....oy stu lg aq buat donat tp g ngmbang mbk...ap raginy eang udh rusak EA...trs kdu gmn dnk....jd nangis darah ney cz br bljr bkin donat buat suami....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ragi masih tertutup rapat dan di simpan di kulkas ya mba..:)

      Delete
  4. Mb.. ak mau beli tepung kentang & minyak padat caranya gimana? Kemarin sk sdh sms tp jg ga ad bls an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sms nya ke no ini kan mba 089654712500 :)

      Delete
  5. Hmhm... Yummy mb di.
    Suwun ya mb. Sudah diresepin roti yg tanpa harus dipanggang. Heeehhe..
    Ngomong -ngomong roti jadul.
    Dirimu pernah tahu resep roti klomben ga mb?
    Makanan waktu jaman dahulu kala.
    Tiba2 ngidam makan roti itu, dan susyah banget d metropolitan mencarinya.
    Suwun mb diah.
    Mugi tansah pinaringan barokah.

    ReplyDelete
  6. Waduhhh....bikin ngilerr...perlu di coba nehh...

    ReplyDelete
  7. Memang Pinter banget kok Mbak DD:-) Ini cemilan kesukaan saya:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk...buat mba..buat tombo kangen di sana..:)

      Delete
  8. Mba resep jenang grendul donk... itu lo jenang sumsum tp yg warna coklat trus ada bola2 dr ketan itu mba...

    ReplyDelete
  9. Mbak, kalo bolang baling yg topingnya spt ada krenyes-krenyes gulanya itu gimana caranya? Apa taburannya gula pasir? Nanti kalo digoreng apa gak gosong ya gulanya? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo yg ad krenyes2 gulax itu pke gula pasir yg dksh sdkit air putih tp jgn smp larut mbk...cma asal bsah aj....kmrn aq cba rsep mbk diah smbil t modifikasi pke krenyes2 gtu jg alhamdulillah hsilx maknyus...thx bwt mbk Diah jg deh...biar gak gosong klo goreng apix hrus panas dlu mbk n apix jgn bsar2,sdang aj mbk...smga bsa membantu ya mbk...

      Delete
  10. Mba, tepung kentang flakes itu yg gimana ya? aq koq blm pernah lihat?

    ReplyDelete
  11. mbak, tepung kentang flakes bisa diganti dgn apa ya? suwun

    ReplyDelete