Google Ad

Thursday, November 26, 2015

Semur Bihun Jagung & Jamur Kuping


Wuaa...koneksi internetku kok beberapa hari ini lemot banget ya..mau upload foto-foto di web tuch susahnya minta ampun...padahal pulsa internet masih full..baru di  top up kemaren. Jadi mau posting dua kali resep-resep warisan keluarga kiriman teman-teman jadinya nggak bisa jam segini. Akhirnya buka-buka draft ..eh kemaren ingat udah upload foto masakan ini tengah malam kemaren waktu merekap kerjaan pesanan tepung..sekalian upload. Lumayan..di posting aja..buat rame-rame resep..hihi. Tapi nich..resep harianku biasa ya teman-teman..bukan resep yang *Give away..jadi aku posting di sini aja..nggak di page..biar nggak bingung yang mau nge vote resep-resep kiriman teman-teman lain. Oh ya..yang belum tau dan like Diah Didi's Kitchen di fb..ayukk..minta tolong di like dulu dan di vote ya resep-resep kiriman teman-teman lain, biar seru. Jadi pemenang mingguan nanti di tentukan jumlah like di page fb ya.

Okeh dech..yang rindu menu harian ala aku..ini buat selingan dulu ya..hihi. Sambil nunggu koneksi internetku oke lagi buat upload foto-foto peserta give away yang lain. Jadi nich menu favoritku..sama Yodha..semur bihun Jagung. Menu mana ?..Menu Jowo lha..hihi. Semur bihun jagung ini murah..meriah..dan hasilnya enak banget. Bihun jagung itu murah meriah. Jika kita bisa mengolahnya..akan jadi hidangan yang enak dan bergizi kok buat keluarga teman-teman. Bihun jagung ini, kelebihannya di banding bihun beras, itu tahan banting..eh tahan di masak ding..hihi. Jadi nggak mudah lembek dan remuk ketika di masak. Agar bumbu meresap, rebus bihun jagung hingga benar-benar empuk, siram dengan air dingin, tiriskan. Waktu memasak, tambahkan sedikit air, agar bumbu bisa meresap sempurna. Jika bihun beras kan nggak perlu air juga udah cepat matang.

Kali ini aku pakai variasi bumbu ebi. Ebinya di rendam air panas aja nggak usah di haluskan, jadi buat aroma gurih aja..dan bonus dapat kejutan rasa ebi..jika beruntung di suapan semur ini..hihi. Kalau di haluskan kawatir terlalu kuat dan gurih aroma ebinya. Jadi rasanya itu semur gurih manis aja..dan ada kejutan aroma ebinya..enak banget. Biar tambah bergizi dan enak..tambahin jamur kuping. Tambah sip dech..jamur kuping yang kenyil-kenyil enak..sebagai pengganti daging..jadi murah meriah..enak..!

Oke dech ini dia resepnya ya teman-teman..semoga bisa menambah menu koleksi harian ya. Aku suka pedas, jadi tambahin aja cabai rawit merah utuh, soalnya Yodha juga makan. 

Bentuk bihun jagung mentah..sudah tau kan teman-teman..kayak gini ya :


Semur Bihun Jagung & Jamur Kuping Aroma Ebi

Bahan :
200 gram bihun jagung, rebus hingga matang, tiriskan
50 gram jamur kuping, rebus sebentar , potong-potong
8 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi / ayam, dan garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar, tiriskan
6 buah bawang merah, iris tipis

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah kemiri

Cara membuat :
Tumis bawang merah iris hingga layu dan harum.
Masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang semua
Masukkan air dan semua bumbu lain
Masukkan jamur kuping, tutup sebentar sekitar 2 menit, agar bumbu meresap ke jamur.  
Masukkan bihun jagung, aduk rata dan masak hingga kuah mengering
Koreksi rasa
Sajikan semur bihun hangat. Yummy..di gado aja juga enak..!




8 comments :

  1. Wah mba di...ini sih favorit anak2ku Andhirni+Dirgham...tapi biasa'a aku kasih tambahan wortel yg dipotong korek api,baso ikan sama udang segar...jadi tambah maknyuss apalagi dimakan sama nasi anget hehee

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Bunda_didi mba..tapi jarang upadate di sono..:D

      Delete
  3. Alhamdulillah, really,td mlm dah niat siang ini akan bikin mihun gor..".tiba2 " dpt tip n tricks cara lain.Langsung dipraktekkan.Terimakasih Mbk Diah,insya Allah jd menu buka puasa milad ku.(Salam dari Omi van Obien).

    ReplyDelete
  4. javaisme recipes mbk diah punya mmg bestlah..selalunya jd acuan bila ingin mkn masakan jawa, tq mbk..

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah, di step 3 (Masukkan air dan semua bumbu lain), air yang dipakai berapa banyak yah? Thank you :)

    ReplyDelete
  6. Sudah dipraktekkan, ga punya jamur, diganti jagung aja, eby nya bikin sedeeeppp!!

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel