Friday, November 20, 2015

Pisang Goreng Krispi Sambal Terasi


Tadi waktu ke pasar, aku mampir ke Mbah yang jual..macam-macam hasil kebun sendiri..eh Simbah nya nawarin pisang kepok kuning masih mengkal..matang pohon. Aku jadi teringat pesan WA dari mba Yeni beberapa waktu kemaren...katanya mba Yeni membuat pisang goreng Krispi..pakai Tepung Krispi yang beli dari aku..dan katanya itu enak banget..sampai jadi favorit mba Yeni dan suami. Dan uniknya lagi pisang goreng krispi itu di makan pakai sambal terasi. Kata Mba Yeni..beliau terinspirasi dari pisang goreng sambal Roa yang pernah di cicipi waktu ke Menado. Wah..aku jadi penasaran rasanya gimana..secara tepung krispi kan gurih. Setelah dapat pisang yang mengkal  agak kuning, tapi dalamnya masih keras, pas banget dech untuk membuat  pisang goreng krispi ini. Akhirnya aku coba tadi....duch.ternyata..memang enak..pake banget..! Makasih mba Yeni..idenya..aku jadi punya menu cemilan baru yang mudah..praktis dan enak..hihi.

Aku kira aneh rasanya..pisang goreng di makan sama sambal terasi..tapi ternyata cocok banget. Pilih pisang yang belum empuk..jadi masih pulen dan nggak lembek, tapi sudah ada rasa sedikit manis..itu enak banget di buat pisang krispi ini. Apalagi pisangnya pisang kepok kuning..yang keset dan enak. pas banget berpadu sama kriuk renyah tepung krispi. Tepung krispi yang aku jual ini memang nggak terlalu gurih / neg bumbunya..jadi pas saja di buat cemilan pisang krispi ini. Jika tidak ada, bisa meracik sendiri tepung krispinya ya teman-teman..sudah banyak resep lapisan tepung krispi yang aku share di web ini...tapi jangan terlalu asin ya. Tapi jika mau praktis..boleh kok pesan di aku..Tepung Krispinya..hihi. Tapi nggak aku sarankan pakai tepung krispi merk pabrik yang terlalu asin atau pakai penyedap ya..takutnya malah nggak match rasanya..:) 

Untuk sambal..aku pakai sambal terasi aja..jadinya enak kok...cocok..sambalnya semi mentah seperti sambal penyet..hihi. Mau pakai sambal lain andalan teman-teman sendiri juga boleh. Okeh dech..semoga bisa jadi ide ya..cemilan yang beda dan baru di rumah teman-teman.



Pisang Krispi Sambal Terasi

Bahan :
1 sisir pisang kepok kuning masih mengkal tapi sudah agak kuning
250 gram TEPUNG KRISPI ( Liat di SINI ya..jika ingin tau tentang tepung krispi, salah satu best seller tepung mix jualanku ini..:D )
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
Belah pisang jadi dua bagian
Ambil 100 gram Tepung Krispi, aduk dengan air secukupnya hingga jadi adonan yang agak kental, seperti adonan pisang goreng.
Panaskan minyak goreng
Celup pisang ke adonan pencelup basah, gulingkan ke sisa Tepung Krispi kering, cubit-cubit agar keriting hasilnya.
Masukkan ke minyak yang sudah di panaskan di api sedang hingga matang dan renyah luarnya

Tips :
Untuk menggoreng tepung krispi, minyak harus di panaskan dahulu ya teman-teman di api sedang, agar lapisan tepung bisa mengembang dan renyah hasilnya. Jika minyak belum panas, adonan sudah masuk, serta api kecil, maka akan jadi keras lapisan tepung krispinya ( mbeling )

Sambal terasi 

6 buah cabai rawit merah mentah
1 sendok teh terasi goreng
1 siung bawang putih goreng
1 tomat ukuran kecil, goreng
1/8 sendok teh garam, sedikit gula merah

Cara membuat :
Ulek semua bahan sambal, tuangi sedikit minyak panas, koreksi rasa sudah pas belum rasanya.
Colekkan pisang goreng krispi ke sambelnya....hemmm..enak..!



15 comments :

  1. Wahhhh salam kenal y mb.. Walopun cm pisgor mesti gmbar'y menggugah selera.. Hmmmm.. Yummy.. samaaaa qt mbak.. Aq jg bikin pisang crispy.. Pake' sambal terasi jg.. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama-sama ya Mas..salam kenal juga..wah..samaan dong ya..! :)

      Delete
    2. salam kenal mba diah... resep masakannya jempolan

      Delete
  2. selain pisgor, singkong goreng jg enak lho mbk dicocol pakai sambal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau itu memang sipp ya..dr dulu sering kalau itu..:)

      Delete
  3. Mba Diah, usul aja nih ya gaya penulisannya diperbaiki dong, terlalu banyak titik-titik ganggu banget.
    "Tadi waktu ke pasar, aku mampir ke Mbah yang jual..macam-macam hasil kebun sendiri..eh Simbah nya nawarin pisang kepok kuning masih mengkal..matang pohon."

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga masalah sih mnurut aku,, itu kan gaya bhasa bercerita yg seakan mngajak kita ngobrol,, asikk mlah,,, klo mb diah dd tuh kelemahannya sering slh ketik aj mnurut aku....tp it's ok ok aj..krn maklum aj,, repot tp msh mnyediakn waktu buat share masakan plus ceritanya...

      Delete
    2. Wah..tau aja mba..maksudnya memang begitu..jadi kayak cerita sama teman ngobrol..biar nggak lempeng kayak cerpen..hahah.
      Iya mba..kadang buru-buru..postingnya..udah mikir deadline kerjaan lain..hihi.

      Delete
    3. Makasih juga buat Mba Anonymous yang di atas masukannya..:)

      Delete
  4. hihi, baru tahu pisang bisa dicocol sambal, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..beberapa daerah di luar Jawa getu..kalau makan pisang...:)

      Delete
  5. Kalo aku seh bersyukur ajaa kalo mbak diah itu udah mau berbagi ilmu tips ama resep masakan...

    malah aku lebih suka gaya bahasa yg kaya mbak diah didi...seolah2 ngobrol lgsg ama mbak diah didi...heheheh

    ReplyDelete
  6. Wahhh enyak ini mbaaa. Jaman di Makassar pasangan pisgor ya sambal. Tapi gatau sambal apa hihihi

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah saya mau deh pesen beli tepung crispynya. Bagaimana ta caranya. Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
  8. Mbak Diah saya mau deh pesen beli tepung crispynya. Bagaimana ta caranya. Terimakasih mbak.

    ReplyDelete