Saturday, November 21, 2015

Putu Mayang Isi Pisang


Maaf baru postingnya sore ya teman-teman..tadi siang mainan di dapur sama Yodha..keasyikan..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa pisang dan nangka, akhirnya kepikiran buat kue Putu Mayang aja. Pas kemaren bongkar gudang, mau mindahin peralatan dapur sebagian ke atas, nemu cetakan Petulo atau Putu Mayang yang kayu, dulu beli udah agak lama. Akhirnya Yodha ikutan nimbrung dech..dia suka...kalau masak pakai alat yang unik-unik gini. Aku kasih tau cara pakainya sebentar..langsung semangat dia..ngajak segera masak di atas. Jadi..yang kangen *Chef Yodha siapa hayo ? Mari merapat kesini ya..hihi.

Lihat nich..gaya Yodha teman-teman..serius bingits ya..sampai mlongo gitu nyetak Putu Mayangnya..hihi. Jadi tadi buat satu adonan, terus aku bagi dua warna, yang merah buat Yodha..dan yang hijau aku yang nyetak. Jadi lho..punya Yodha..dia cepat sich..kalau di ajarin sesuatu..daya ingatnya cepat dan *nyantelan..istilah orang Jawa..hihi. Kalau belajar aja..cukup sekali dia..nggak mau di suruh ngulang-ngulang..dan alhamdulillah..nilainya di sekolah selalu baik.


Dan..tara nich hasil Putu Mayang cetakan Yodha nich teman-teman..lumayan kan. Walau belum seragam ukurannya. Pas aku tanya.."Kok Putu Mayang Kakak kecil-kecil Kak..?" Katanya..kan..sesuai yang buat...kalau punya Mami besar-besar..kayak Mami..katanya..hahah. Suka aja Kak Yodha godain Maminya..! Lol..


Oke dech..aku kasih step by step bikin adonannya dulu ya teman-teman..siapa tau ada yang mau coba buat Putu Mayang juga. Pertama, siapkan tepung beras 300 gram, campur dengan 500 ml santan dan 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh vanili, dan 2 1/2 sendok makan gula pasir. Masak di api sedang hingga menggumpal seperti di foto ya. Setelah agak dingin, tambahkan 75 gram tepung tapioka ( kanji ), aduk rata. Bagi adonan jadi dua, satu beri sedikit pewarna merah, dan satu lagi pewarna hijau. Aduk rata ya masing-masing adonan dengan pewarna makanan hingga adonan kalis, tapi lembut.




Siapkan cetakan Putu Mayang sesuai selera, tadi aku coba pakai cetakan yang kayu ini, enak di pakai, lebih mudah sich, karena tinggal di tekan aja, adonan keluar bisa panjang cantik. Sayangnya tapi lubangnya agak besar untuk ukuran Putu Mayang. Jadi kayaknya lebih cocok buat  gethuk lindri. Nah lho..aku kok malah jadi pengen buat gethuk lindri juga besok pakai cetakan ini..haha. Tapi nggak masalah sich..Putu Mayang gendut-gendut kata Yodha ini..! Hihi..

Cara pakainya mudah saja kok, olesi dulu cetakan dengan sedikit minyak goreng. Masukkan adonan ke lubang cetakan, lalu angkat dan tutup cetakan sambil di tekan. Kayak gini nich...*kata Kak Yodha..*




Letakkan adonan yang sudah keluar dari cetakan di daun yang di oles sedikit minyak. Letakan sepotong pisang di ujungnya, lalu gulung. Aslinya sich Putu Mayang nggak pakai pisang, tadi aku coba iseng aja di isi pisang..eh enak lho..dan makin cantik kan..penampilannya teman-teman.






 Nich hasilnya..setelah di gabung, hasil cetakan Mami dan Yodha..nggak keliatan beda kok ya..hihi


Nah..Putu Mayang sudah matang, siapkan saus santannya ya. Sesuai selera aja sich..aku tadi pakai santan 500 ml, gula merah 100 gram dan sedikit gula pasir untuk memantapkan manisnya. Jangan lupa garam secukupnya dan daun pandan, biar harum sausnya. Terakhir, jika sudah mendidih, matikan api dan masukkan nangka, agar nggak lembek..jika pakai sich, nggak pakai juga nggak masalah.


Dan..Putu Mayang hasil kolaborasi Yodha dan Mami..siap di sajikan..ada yang mau coba ?...:D





4 comments :

  1. ternyata pakai alat ya mbak buat bentuk putu mayangnya

    ReplyDelete
  2. Woalah..aku baru tahu lho mbak Di ternyata cetakan putu mayang seperti itu to.. hiks ^_^
    Ternyata gampang bikinnya.. Itu cetakan unik deh dan kayaknya bisa jg buat nyetak getuk lindri ya mba..? Dua jempol deh buat "Chef Yodha"...

    ReplyDelete
  3. keras nggak mbk waktu nyetak ?..saya nyetak kok ampe keras bnget.. ga sangguup hiks*tepok jidat

    ReplyDelete