Saturday, November 7, 2015

Sambal Tumpang Komplet



Selamat pagi..happy weekend teman-teman. Pagi ini harum semerbak aroma Sambal Tumpang di dapurku. Hemm..jadi semangat..semangat kerja ?..Bukan..semangat buat segera sarapan..hahah. Habisnya..aroma sambal tumpangnya begitu menggoda. Wo alah..lidahku kok ndeso tenan..boro-boro sarapan roti bakar isi mentega dan coklat kayak boss kecilku yang anteng sarapan..lah ini sarapannya sambal tumpang. Tapi beneran enak kok..sambal tumpang ini teman-teman. Buat yang lagi diet, jangan dekat-dekat..karena bakalan ngabisin nasi..hihi.

Sambal tumpang aku udah posting beberapa resep di web ini, tapi kali ini aku buat lebih spesial..lebih komplet..dan lebih merah menggoda, warna Sambal Tumpangnya. Kalau biasanya akan aku buat putih pucat aja, cabenya dikit..kalau ini beneran kayak sambal goreng, tapi versi sambal tumpang, karena bahan utamanya tempe semangit. Tempe yang over fermentasi. Buat yang baru mau mencoba sambal tumpang, pakai tempe semangit fresh buatan sendiri gini ya..jadi masih agak keras, tapi sudah ada perubahan warna agak kuning atau coklat..jangan yang udah tempe semangit lembek..ntar kaget sama aromannya..hahah. Kalau yang masih keras gini..rasanya masih enak, masih ada tekture tempenya dan aromanya nggak terlalu menyengat. Nggak perlu repot bikin tempe sendiri kok untuk buat tempe semangit. Cukup beli tempe kualitas bagus, lalu diamkan di dapur dalam suhu ruang dalam kondidi stetap terbungkus daun atau plastiknya, jangan di buka ya, 3 - 5 hari, nanti jadi semangit sendiri.


Sambal tumpang kali ini aku buat komplet, pakai krecek. Nich kebetulan masih punya krecek Solo..yang lembut juga..kayak krecek Yogya..tapi bentuknya kecil panjang. Karena stock krecek Yogyaku habis, Kemaren beberapa teman menanyakan apakah krecek Solo bisa lembut dan empuk juga jika di masak Bisa banget nich..keliatan lembut dan medok kan. Rasanya juga enak..cuma memang beda bentuk..kalau krecek Yogya besar-besar, kalau Solo, kecil-kecil panjang. Kalau aku karena suka krecek, jadi ya suka semua..hihi.

Selain krecek..aku pakai tahu juga yang udah di goreng hingga berkulit, dan pakai kacang tholo juga. Wuihh..enaknya..kacang tholo ini di buat sambal tumpang gini. jadi pengen cemal cemil gado kacang tholonya. Jadi ada banyak variasi rasa dalam sambal tumpang ini..selain bintang utamanya..tempe semangit..hihi. Okey dech..nampaknya nasiku di rice cooker sudah matang..jadi..waktunya sarapan..:D Ini dia resepnya buat yang suka sambal tumpang ya..teman-teman. Resep yang ini versi ala sambel goreng aja bumbunya..pengen coba, rasanya tetep sedep..kekuatan citarasa utama sambal tumpang ini ya tempe semangit itu..hihi. Jika mau ada versi lain resep sambal tumpang aku yang bumbu komplet , pakai kemiri dll. lihat di SINI.

Sambal Tumpang Komplet

Bahan :
1 papan (  ukuran sedang  ) tempe semangit
3 buah tahu, potong serong,  goreng hingga berkulit
50 gram kacang tholo rebus
50 gram krecek sapi
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan 
500 ml santan kental
15 buah cabai merah keriting
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
1/2 - 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )

Cara membuat :
Rebus tempe, cabai, bawang merah, bawang putih hingga tempe empuk dalam 600 ml air
Keluarkan tempe, penyet-penyet kasar saja hingga agak remuk
Ambil cabai, bawang merah dan bawang putih, haluskan 
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan kembali ke dalam panci bekas rebusan tempe dan bumbu.
Masukkan santan, tempe   dan semua bahan serta bumbu lain
Masak hingga meresap. Koreksi rasa
Sajikan dengan nasi putih atau bubur



14 comments :

  1. favoritq ni mbak diah :D
    Paling suka kalau dimakan pagi-pagi sama bubur.wahh..sedepp bener pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..:) aku juga suka pakai bubur..:)

      Delete
  2. Nampak nikmat bangeeet. Apalagi kreceknya. . .aku suka!

    ReplyDelete
  3. Itu menu sarapan waktu aku kecil dlu mbak. Klo di Klaten kami menyebutnya lethok. Biasanya ditemani gudangan dan karak. Trus ada lagi yg bikin spesial... bubuk dele pedas. Hmm enak bingitz.

    ReplyDelete
  4. Mantabbss, kalau tempatku namanya sambel lethok, bumbunya ditambahin daun jeruk purut

    ReplyDelete
  5. Disini (perbatasan sala3 boyolali) terkenalnya tumpang koyor mbk.. Jd krecek nya di ganti koyor.. Dan agk kental kuah nya.. Di makan pakai nasi anget tambah nikmat.. Ada jg yg di makan pakai sayuran namanya pecel tumpang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..dr dah lama pengen coba tumpang koyornya..Salatiga..tai kudu pasgi2 ya..soale di sini cari Koyor itu susah banget mba..jarang ada :)

      Delete
  6. Resepnya udah aku coba mbaa..pakai krecek jugaa..kebetulan dapet stock tempe banyak banget dan udah mau semangit pula..secara disini lg summer, jd tempe cepet berkeringat kalau nggak buru2 dimasukkan kulkas. Aku bikin sepanci besar, pedas, pakai pete....dan lgs kubagi2kan ke temen2...wuiihhh senengnyaa merekaa...secara ini Melbourne...Jd, surprise banget dapat kiriman sambal tumpang..Tengkiuhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya...serunya...di Melbourne, bisa ketemu sambal tumpang...pasti pada seneng ya mba temen2 dari Indonesia..:)

      Delete
  7. klo aku di bumbunya tambah kencur dan daun jeruk, makin syedep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di resep sambal tumpang satunya yang komplet bumbunya mba..ini yang versi bumbu sambal goreng aja..biasa...suka ekplorasi rasa masakan kalau aku..biar nggak bosan citarasanya..:D

      Delete