Sunday, November 8, 2015

Ayam Lodho, Nasi Gurih & Urap-Urap


Punya 1 ekor ayam kampung, mikir juga tadi mau di masak apa..secara sudah banyak sekali olahan ayam yang sudah aku posting di web ini. Jadi sayang aja..ayam kampungnya jika di masak masakan yang udah pernah. Secara ayam kampung harus di masak spesial..biar jadi sajian yang khas. Akhirnya aku kepikiran ingin mencoba  Ayam Lodho..pernah baca liputan di tabloid kuliner gitu tentang kelezatan Ayam Lodho khas Trenggalek ini. Kalau mau nyoba ke tempat aslinya kan nggak mungkin..jadi harus mencoba sendiri di rumah..baru tau rasanya. Ayam Lodho ini katanya memang menu spesial di daerah asalnya. Di sajikan ketika ada hajatan, atau menu spesial di hari raya.

Setelah mencoba..duch..enak..pakai banget lho rasanya..! Menyesal dech baru nyobain sekarang..hihi. Apalagi aku nyobainnya versi komplit, pakai nasi gurih dan urap-urap..alias gudangan kalau di Jawa Tengah bilangnya. Duch..ternyata kombinasi yang enak banget memang..nasi yang gurih, Ayam Lodho yang bumbu rempahnya meresap ke dalam ayam, serta pedas segarnya gudangan..bersatu padu membentuk sensasi rasa yang beda yang jarang aku temui..dan akhirnya satu ekor ayam..ludes bertiga..hihi. Tapi..ayam kampungnya kecil kok...lol...! Justru karena kecil itu jadi daging ayamnya makin gurih dan enak sekali..pas banget di masak Ayam Lodho ini.

Ayam Lodho ini unik, karena sebelum di masak, ayam utuh di pipihkan seperti mau membuat ingkung, lalu di bakar hingga harum dan matang dulu, baru di masak dalam kuah. Jadi memang ada sensasi rasa dan aroma yang beda..ada aroma bakaran dalam kuah..jadi seperti mangut ayam..kalau di Jawa Tengah. Bumbu yang di pakai bumbu komplit, dominan kunyitnya tapi daripada cabainya..jadi warnanya kekuningan, walau pakai cabai merah juga, kalah sama warna kunyitnya. Ayam yang sudah di bakar, di ungkep bersama santan dan bumbu yang sudah di tumis terlebih dahlu hingga ayam empuk dan bumbu meresap ke daging ayam..*nyamleng tenan..rasanya..kata orang Jawa bilang..:D

Karena aku malas nyalain arang, aku bakar ayamnya pakai alat grill aja...di kompor..sama kan efeknya..ada efek bakarnya juga..hihi. Karena ayam kampungnya kecil, jadi cepat matang nggak sampai setengah jam kok bakar ayamnya.


Sambil menunggu ayam di ungkep, tinggal buat pelengkapnya, nasi gurih. Kali ini versi malas juga..nasi gurih pakai rice cooker. Bisa ?..Bisa banget  dong..tinggal masak nasi seperti biasa di rice cooker, di kasih garam secukupnya, daun salam, dengan takaran air di kurangi sedikit agar jadi nasi yang *pera ( nggak pulen ). Jika sudah matang nasinya, masukkan santan kental instan secukupnya ( sesuai jumlah nasi yang di masak ). Aduk rata, tutup kembali rice cooker dan biarkan dalam kondisi *warm sampai akan di sajikan. Hasilnya nich..manteb juga nasi gurihnya..hihi.


Oke..nasi sudah jadi tugas rice cooker, tinggal siapin urap-urapnya. sayuran bebas sesuai selera. Kalau aku  paling suka ini nich kalau buat urap. Bayam, kacang panjang, kol, wortel dan taoge. Rebus sayuran secukupnya ya. Aku kasih resep sambal urapnya : 
100 gram kelapa agak muda, 3 cabai merah, 2 cabai rawit merah, 1 siung bawang putih, 1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera ) , 1/2 sendok teh garam, 1 cm kencur, 1/4 sendok teh terasi bakar. Haluskan cabai, bawang, kencur, terasi dan garam. Masukkan gula merah, ulek rata dengan bumbu. Campur dengan kelapa parut. Koreksi rasa hingga pas rasanya. Bungkus daun pisang, kukus sebentar hingga matang. Biar hemat energi dan gas, sayuran bisa di kukus sekalian juga boleh..:D. Aduk rata sayuran dan sambal urapnya. Urap-urap siap di sajikan.


Nah..Ayam Lodhonya juga sudah matang dech..setelah di ungkep api kecil, sekitar 1 jam..bumbunya..meresap sempurna ke dalam ayamnya..kuahnya sudah menyusut..jadi sudah pasti bumbu rempah dan semua bahan sudah menyatu padu dengan baik..tinggal di koreksi rasa...Sipp..! Siap di sajikan.


Lho..resep Ayam Lodhonya mana ?..Oh iya..belum di tulis ya..hahah. Saking semangatnya cerita tentang enaknya Ayam Lodho ini..jadi lupa nulis resepnya. Okeh dech..ini dia resepnya ya..aku sesuaikan seleraku sendiri..takaran bumbunya..seperti biasa. Lama memasak, sesuaikan jenis ayam yang di pakai ya..karena jika pakai ayam kampung tua..ya lama empuknya..hihi. Tapi kunci utama masakan berkuah santan menjadi lezat itu yang memang harus di ungkep lama, pakai api kecil, agar bumbu benar-benar meresap sempurna ke bahan yang di masak.

Ayam Lodho

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran kecil atau sedang
1000 ml santan sedang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun jeruk purut
10 buah cabai rawit merah
1 batang serai, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/2 sendok teh merica butiran
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 cm kencur
5 buah cabai merah

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, agak tidak langu.
Masukkan santan, dan semua bumbu lain.
Biarkan hampir mendidih.
Masukkan ayam yang sudah di bakar dan di potong sesuai selera.
Masak sambil sesekali di aduk hingga 15 menit. Korekasi rasa, jika sudah pas rasanya. 
Tutup panci. Ungkep ayam dengan bumbu dengan api kecil, hingga sekitar 1 jam kalau aku, karena aku pakai ayam kampung muda ukuran kecil..jadi cepat matang.
Jika kuah sudah menyusut dan bumbu sudah meresap, angkat dan sajikan dengan nasi gurih dan urap-urap. Yummy beibeh !..*kata Yodha..*



6 comments :

  1. ini mirip banget menu lebaran di kampung Ibu ku mba
    sama makannya pake gudangan juga, cuma nasi nya nasi putih biasa, dan ditambah lauk botok
    kalo makan ini bisa berpiring piring ga terasa

    ReplyDelete
  2. Sepertinya dulu sekali aku pernah makan ayam lodho di warung ya tapi ndak tau namanya, tak pikir resep akal-akalan gitu lha ayam bakar kok berkuah. rasanya pedas dan bumbunya terasa sangat intensif.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu ayam lodho mba,,makasih ya mba resepnya. Mau coba ah weekend ini :D

    ReplyDelete
  4. Wah makasih mb Diah.. Kangen ayam lodho..

    ReplyDelete
  5. yes mbak diah post ayam lodho khas trenggalek. nasi gegok khas trenggalek juga enak n simple lho mbak diah.buat obat flu kalau orang trenggalek bilang.

    ReplyDelete
  6. mb diah mau nanya kalau untk nasinya berapa banyak santannya? kalau nasinya 1/2 kg mb

    ReplyDelete