Monday, November 16, 2015

Sambal Goreng Buncis & Tempe Bumbu Iris


Sambal Goreng..masakan khas Jawa yang identik dengan rasa pedas dan warna merah cerah cabai, karena pemakaian cabai ulek yang banyak. Tapi..kalau waktu memasak di dapur terbatas, tapi tetap ingin makan sambel goreng, bisa kok teman-teman..di iris saja bumbunya..maka proses memasak akan lebih cepat. Bumbu yang di iris, lalu di tumis, juga akan memberikan sensai rasa yang berbeda. Tidak sekuat bumbu yang di ulek..rasanya jadi segar ringan dan khas. Jadi..aku tetap suka citarasa sambal goreng bumbu iris ini, karena akan memberikan nuansa beda pada masakan. Tentu saja, takaran santan untuk bumbu yang di iris ini jangan terlalu banyak, agar tetap terjaga citarasanya.

Kemaren aku masak ini nich..sambal goreng campur, buncis, tempe, dan krecek. jadi campur-campur. Dan karena ingin cepat, bumbu aku iris saja. Hasilnya tetap enak dan menggoda bukan..walau warna kuah sedikit pucat..:D. Ibuku dulu sering masak sambal goreng bumbu iris begini, jika hanya ingin masak dalam jumlah sedikit, jadi lebih cepat dan praktis. Bahan apa saja bisa di olah seperti ini, seperti tahu, tempe, ikan pindang yang di goreng, telur ceplok, buncis, sampai pepaya muda atau sayur lain. Rasanya gurih..khas aroma bumbu iris yang nggak terlalu kuat, namun tetap terasa bumbunya.

Jadi sayuran khas Jowo  itu banyak banget variasinya. Dari sambal goreng aja ada bermacam variasi, belum yang masakan lain. Jadi nggak pernah bosan dan kehabisan ide sebenernya, jika kita mau masak buat harian ya teman-teman. Jadinya..kapan aku move on ya..hahah. Dari kemaren mau mencoba masakan dari berbagai daerah lain, lha kok ujung-ujungnya menu Jawa terus..hihi. Kadang-kaadang udah di luar kepala , hafal resepnya..jadi pengen masak yang lebih cepat. Kalau masakan di luar pulau Jawa kan musti searching resep, uji coba, dll..baru bisa masaknya. Tapi tetep..nanti harus banyak mencoba menu daerah lain di luar Jawa yang unik.

Okey..yang ini masih menu masakan harian ndeso dulu ya...jika ada yang mau mencoba mungkin..:)

Sambal Goreng Bumbu Iris

Bahan :
100 gram buncis, potong serong kecil
100 gram tempe, potong kotak
25 gram krecek sapi
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
700 ml santan sedang
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabai merah keriting, iris tipis serong

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Biarkan hampir mendidih
Masukkan buncis, tempe dan krecek.
Masak dengan api sedang, sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah.
Koreksi rasa, jika santan sudah agak menyusut
Sajikan hangat


Lauk..masih..gorengan krispi..ya..menyesuaikan bahan di kulkas, paha ayam, jadi dech pentul ayam krispi. Sekalian menghabiskan stock Tepung Krispi jualanku yang sudah di buka. Yodha nggak pernah bosan sich..sama aneka lauk yang di goreng krispi ini...hihi. Teman-teman yang mau tau tentang Tepung Krispi yang aku jual dan gunanya..lihat di SINI ya.



4 comments :

  1. Duhh enake mba Diah... ngecess nih, pengen coba ahh kebetulan masih punya krecek ^_^

    ReplyDelete
  2. Rasanya emang ngangeni. Kalo bapak ku bilang ini sambel goreng ndeso soalnya sambel goreng yg merah itu buat piyayi katanya. haaa

    ReplyDelete