Tuesday, November 24, 2015

Dendeng Ragi Khas Bondowoso


Masih semangat jalan-jalan dan makan-makan menu khas daerah di Indonesia teman-teman..lanjut yuk jalan-jalan kita ke Bondowoso Jawa Timur. Waktu mendapat kiriman resep dengan judul *Dendeng Ragi*..aku kira itu seperti Dendeng Ragi yang biasa aku kenal dan masak selama ini, yaitu Dendeng Ragi yang seperti serundeng daging kering. Ternyata..sangat beda..resep Dendeng Ragi kiriman mba Fitria ini ternyata di goreng..nah..unik kan. Resep ini adalah resep andalan Ibunda mba Fitria.

Kata mba Fitria, resep Dendeng Ragi ini adalah khas kota Bondowoso. Wah..senengnya aku mendapat kiriman resep ini, karena memang aku belum pernah tau masakan khas daerah-daerah lain di Jawa Timur, taunya paling ya masakan Surabaya, hihi. Kata mba Fitria lagi, Dendeng Ragi ini, biasa di sajikan dengan pecel, sayur lodeh dan mie goreng. Wah..sayangnya aku tadi nggak sempat masak banyak masakan itu tadi...jadi cukup menikmati Dendeng Ragi ini dengan nasi kuning aja. Wah..enak banget rasanya ternyata..makasih banyak mba Fitria..nich resep bakalan jadi salah satu resep lauk favorit aku. Rasanya itu gurih banget..daging has dalam yang empuk, di balut kelapa berbumbu rempah yang gurih dan sedep banget..duch..beneran enak...di goreng garing luarnya. Aku cemil aja habis goreng tadi habis dua biji..hihi. Aku suruh icip-icip suamiku..katanya enak dan unik. Tinggal tunggu kometar Yodha nanti kalau nyicip..hihi.

Tips aku..jika membuat Dendeng Ragi yang langsung di goreng ini, pakailah daging segar ya teman-teman, yang beli di pasar aja..jadi fresh hasil potongan hari ini. Jadi rasa daging masih manis, dan nggak bau amis. Jika beli daging di supermarket yang udah frozen, jika di masak langsung goreng gini, akan terasa amis dan neg nanti. Pilih daging bagian has dalam..itu daging yang mudah empuk, walau nggak di rebus dulu. Goreng Dendeng Ragi di minyak banyak dan terendam, hasilnya daging matang sempurna..walau langsung goreng. Justru rasanya itu masih empuk..juicy manis gitu..dagingnya. Bagian pinggir luar yang sedikit kering juga memberi sensasi rasa kriuk yang enak..hihi. 

Cuma tadi aku agak bandel nich..nggak nurut saran mba Fitria, agar balutan kelapa berbumbunya tips aja, karena aku suka rasa campuran kelapa bumbu ini..maka aku sengaja buat agak tebel..hihi. Tapi malah enak lho..beneran.rasa kelapa berbumbu ini gurih banget..mirip rempah udang dari Semarang. Besok mau bikin modifikasi di isi udang gitu pasti juga enak..pakai banget ini. Pokoke..makasih banyak mba Fitria..atas kiriman resep andalan Ibunda yang maknyuss ini..akan aku simpan dan sering masak nich. Semoga bermanfaat juga ya buat teman-teman lain yang ingin mencobanya. Lauk ini cocok lho untuk lauk nasi kuning...enak banget ! Ini dia resepnya ya teman-teman, yang aku modif hanya takaran gulanya aku tambahin sedikit, jadi makin sippp..dan aku tadi nggak pakai baking powder..karena lagi kehabisan..tapi nggak masalah kok..tetep enak rasanya. Mungkin membantu tambah kriuk aja ya Dendengnya, pemakaian baking powder ini.
Dendeng Ragi Bondowoso ( Resep Ibunda Mba Fitria dari Bondowoso Jawa Timur )

Bahan:
250 gr daging sapi diiris tipis pukul-pukul agar melebar dan empuk
1/2 buah kelapa parut muda
1 butir telur
5 sdm tepung beras
1 sdm terigu protein rendah
1/2 set baking powder ( Aku nggak pakai )
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
bumbu halus:
4 butir bawang merah
2 butir bawang Putin
3 Buah cabe merah besar
2 buah kemiri sangrai
1 sdm ketumbar
1 cm kunyit bakar
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt gula merah ( 1 sendok teh kalau aku )

Cara membuat:
1. haluskan bumbu, tes rasa. jika dirasa cukup langsung gunakan. jika
tidak tambahkan saja gula garamnya
2. campur bumbu halus dengan kelapa parut hingga rata. tambahkan telur
kocok aduk rata beri tepung beras, baking powder dan terigu agar
adonan tidak lembek
3. ambil 1 Buah irisan daging lumuri dengan adonan kelapa parut
berbumbu. balut daging hingga tertutup bumbu, tekan tekan. jangan
terlalu tebal agar daging cepat matang. lakukan semua pada irisan
daging hingga adonan habis. diamkan 30 menit agar bumbu meresap
4. panaskan minyak dengan api sedang, goreng daging hingga matang Dan
berwarna kecoklatan. jangan terlalu sering dibalik
5. sajikan


Note dari aku :
Daging has dalam..di potong tipis seperti ini ya teman-teman..terus di pukul-pukul, tapi jangan sampai putus ya..hingga pipih aja..nanti biar melebar ( irit.com..hihi ) dan juga agar bumbunya mudah meresap. Nggak punya pemukul daging, pakai *Munthu ( ulekan ) saja ..hahah. Sama kok efek melebar dan empuknya..!



Setelah daging di pipihkan, balut dengan adonan kelapa berbumbu, biarkan 30 menit hingga meresap. Aku suka agak tebel nich lapisan kelapanya...lebih enak dan gurih..hihi.







6 comments :

  1. wahhh ikutan senang resep asli kota bondowoso muncul diweb m.diah didi,walau gak pernah tau resep ini dan g pernah masak nih dendeng,hehehehe..btw dendeng ini sering ditemukan dpenjual nasi pinggir jalan lho mbak,cukup bayar 10rb saja bisa dapat nasi komplit dg dendeng,pecel plus sayurnya,mi,lodeh,tahu kuning plus telir lho mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...murah banget...dan komplet ya mba..iya aku baru mencoba resep ini dan langsung sukaaa..:D Enak..gurih..next time aku masak versi komplet dech pakai pecel dkk..:D

      Delete
  2. Baru tau nih Mbak...jadi makin banyak ilmu nih...tambah variasi lauk juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget ini Mak..aku aja tak gado aja enak..:D

      Delete
  3. Salam kenal mb didi, nih lakana khas daerah jember dan sekitarnya wah jd inget kampung halamanku di jember kl mau menjelang idul fitri tradisi keluarga pasti ibuku masak dendeng ragi ini dipadu rawon dg sambal tomat dikasi toge mentah we maknyoss hehee

    ReplyDelete
  4. Nenek di mojokerto sering bikin ini, nyebutnya pentol daging. di kepal2 seperti gambar,atau di lilitkan dulu ke tusuk sate,baru kelapanya dikepal2,lantas digoreng. Disandingkan dg nasi kuning lauk kering tempe,mie,bali.juaraaa.

    ReplyDelete