Thursday, November 5, 2015

Lontong Balap


Lontong balapan..emang bisa..?..Nggak bisa sich..kalau balapan makan lontong balap..baru bisa..hahah. Opo to yo..gak lucu ..:D. Menu makan malam kami..lontong balap. Nggak sengaja sich pengen bikin lontong balap..gara-gara tengok stock bahan di dapur..kok ada singkong..ada tahu..ada lontong, taoge..pas tho..jadi lontong balap. Sambal petis ready siap pakai yang enak..juga punya..jualanku..hahah. Sate kerangnya tinggal telp suami..sebelum pulang beli di tukang soto langganan..hihi..lha nggak punya yang mentahnya je..kerangnya. Langsung dech bikin sebentar lontong balapnya..jadi menu makan malaam yang beda dan unik..yang jarang aku masak..menu khas Suroboyoan. Enak dan seger dech..suka..!

Lontong balap..pertama kali makan dulu di warung Soto Madura Cak Wawan atau sapa gitu yang terkenal tuch lho teman-teman. Nah beberapa taun lalu ada franchisenya dekat rumah..tapi ya nggak bertahan lama. Untung aku sempat nyicip soto maduranya..rujak cingur serta lontong balap ini..jadi tau rasanya gimana..lontong balap yang asli Surabaya itu. Karena belum pernah sich makan langsung ke Surabaya sana. Ke Surabaya dulu sering..jaman kerja..tapi belum suka hunting kuliner, jadi ya ngga pernah nyoba lontong balap di sana. Katanya yang terkenal..Pak Gendut ya.  Kalau di Semarang jarang dech yang jual menu Surabaya seperti ini. Ada ya yang franchise itu..tapi cuma bertahan beberapa bulan..sudah tutup..ganti laundry...hihi. Buka usaha kuliner di Semarang dengan menu dari daerah lain memang banyak yang susah bertahan. Kota Semarang tuch unik. Sering aku lihat franchise menu-menu masakan terkenal dari daerah lain..kalau di Semarang cuma bertahan beberapa bulan..kalah bersaing..sama warung penyetan yang bertebaran di mana-mana..hahah.

Akhirnya bisa makan menu lontong balap lagi..walau nggak ke Surabaya..cukup buatan sendiri. Awalnya sempat mikir kuahnya yang otentik yang gimana..ada yang kuahnya pakai kaldu ayam..ada yang pakai kaldu udang, ada yang pakai udang di haluskan. Aku sich..suka-suka aku aja..pakai kaldu ayam..plus aku kasih udang, tapi nggak di haluskan di kuahnya, jadi buat kaldu aja. Dan.suka dech..rasanya udah mirip sama yang pertama aku makan dulu lontong balapnya. Tapi nggak tau ya..di Pak Gendut gimana rasanaya. Aku cuma tau dan pernah baca, kalau lontong balap Pak Gendut, kuahnya pakai tambahan udang juga..jadi aku ikutan gitu...hihi.

Okeh dech ini dia lontong balap aala aku sendiri ya teman-teman..yang penting sambel petisnya mantap..jadi rasa lontong balapnya juga jadi mantap dech.

Lontong Balap ( untuk 2 porsi )

Bahan :
2 buah lontong
2 buah tahu kuning goreng, potong-potong 
50 gram taoge, seduh air panas
Bawang goreng secukupnya
700 ml air kaldu ayam
50 gram udang segar ( yang segar ya..agar kuah terasa gurih dan nggak amis )
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 sendok teh garam atau sesuai selera
1/4 sendok teh gula pasir
2 sendok makan kecap ( sesua selera )
1 sendok makan sambal petis ( untuk satu porsi ), aku pakai sambal petis siap pakai jualanku..:D


Cara Membuat :
Tumis bawang merah, putih hingga harum dan matang
Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
Tuang air kaldu dan bumbu lain, kecuali kecap dan sambal petis
Masak hingga mendidih dan bumbu meresap, masukkan kecap. Koreksi rasa hingga pas rasanya
Penyajian :
Taruh satu sendok makan sambal petis di piring, beri potongan lontong, tahu, taoge dan bawang goreng. Tuangi kuah panas, sajikan segera. Jangan lupa di aduk dulu ya, agar aroma sambal petis merata ke semua kuahnya. Pedes..seger..yummy..!

Pelengkap :
Sate kerang secukupnya
Lentho Goreng secukupnya. Resep lentho gorengnya ada dua macam, yang pakai singkong lihat di SINI. Yang tanpa singkong, lihat di SINI. Jika lontong balap di Cak Gendut sich katanya pakai lentho yang tanpa singkong. Tapi tadi aku kok tadi lagi pengen lentho yang pakai singkong..hihi. Jadi sesuaikan selera ya.
Tips : Jika mau pakai petis biasa juga bisa, tinggal di tambah cabai rawit dan bawang putih rebus sesuai selera untuk sambal petisnya. 



9 comments :

  1. Kesukaan suamiku mba,kalo pulang ke Surabaya pasti nyari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak Etty..kapan2 tak nyoba aslinya di Surabaya :D

      Delete
  2. Replies
    1. Boleh mba..sms ke 089654712500 ya jk mau order..hihi

      Delete
  3. petisnya wajib gak mbak? kalau gak pakai petis bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib mak..kan ala Suroboyoan..bumbu utama ya petisnya D

      Delete
  4. Bener mbak, di Surabaya lontong balap Pak Gendut memang paling terkenal, tapi saya sendiri belum pernah coba he...he.. Soalnya jauh mbak dari rumah saya. Lokasi Pak Gendut di jln Kranggan, dekat pasar Blauran. Saya mau coba bikin sendiri aja pakai resep mbak Diah.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..surabaya kan luas ya mba..bikin sdr aja mba..enak juga..:D

      Delete
  5. Mba.. Ada resep.buat sate kerang nya ngga? Hihihi makasi sebelum nya, liat sate kerang jd ngileeer

    ReplyDelete