Monday, November 30, 2015

Setup Pisang & Kolang Kaling Gulanas


Mendung-mendung begini, pengennya minum minuman yang hangat ya teman-teman. Akhirnya tengok ke dapur..nemu pisang kepok matang yang aku beli di pasar Minggu kemaren. Pas..di kulkas juga ada stock manisan kolang kaling..hihi. Pas semua ya..! Pas banget aku pengennya cepat menyeruput Setup Pisangnya..jadi buatnya juga cepat-cepat aja. Nah..kebetulan juga aku punya stock GULANAS. Gula cair yang praktis dan nggak pakai repot untuk membuat aneka minuman dan makanan. Aku memang suka menyetok GULANAS  ini di dapur..ya buat jaga-jaga kalau mau buat minuman dengan cepat seperti sore tadi.

GULANAS, adalah gula cair yang punya dua jenis, yaitu gula tebu cair dan gula merah cair. Praktis banget dech..jika mau buat minuman, aku nggak perlu repot mencairkan gula. GULANAS ini di produksi oleh PT. GULA ENERGI NUSANTARA, perusahaan lokal Jawa tengah dengan berbagai produk gula yang sudah terjamin kualitasnya. Produk GULANAS sudah teruji lewat suatu penelitian...lebih sehat juga lho..karena GULANAS ini mengandung unsur dalam gula : Fruktosa, Glukosa, dan Sukrosa. Kelebihannya..karena masih terdapat ketiga bahan tersebut dan alami, maka menurut penelitian gula cair ini tidak akan memicu gula darah. Wah...jadi lebih sehat sehat juga dong ya. Kalau aku yang paling suka dari GULANAS gula merah cair itu dari segi hygienisnya. Karena gula merahnya dalam bentuk cair, jadi nggak ada ampasnya..bersih. Aku suka geli dech..kalau sedang mencairkan gula merah yang beli di pasar, terus ada endapan kotoran, apalagi semut dll..hiiii...geli..! Kadang langsung aku buang aja..nggak jadi buat masak. Jadi..akhirnya aku beralih memakai GULANAS, gula merah cair ini.


Sedang gula tebu cairnya, fungsinya sebagai pengganti gula pasir biasa. Ini juga bersih, dan praktis banget. Jika mau buat minuman, tinggal tuang dech..jadi kayak simple syrup gitu lho teman-teman. Misal untuk membuat es teh, es jeruk, jus, dll..jadi lebih cepat dan praktis,  karena lebih mudah larut.  Dengan keterbatasan waktu aku, kedua jenis gula cair ini sangat membantu aku di dapur. Jadi di dapurku...GULANAS ini pasti terpakai. Oh iya..produk GULANAS ini sudah beredar luas di supermarket lho teman-teman, jadi gampang di dapat. Banyak kafe, restoran, outlet minuman, dan juga perusahaan yang memproduksi minuman, pabrik kecap, pabrik kue, memakai GULANAS ini lho teman-teman..jadi kualitas, sudah teruji dan banyak di pakai di berbagai bidang usaha dan industri besar di Indonesia.

Okey dech..kali ini aku mau kasih resep minuman praktis yang memakai GULANAS ini ya teman-teman, semoga bisa jadi ide, misal teman-teman menemukan produk GULANAS di supermarket..dan bingung..buat apa sich gula cair ini ? Pada dasarnya, fungsinya sama seperti gula biasa, hanya di buat cair, jadi lebih praktis..gitu. Resep kali ini..karena masih berkaitan dengan menu-menu tradisional yang aku posting untuk event Give Away ya. Kali ini..biar komplet, nanti aku posting beberapa menu minuman tradisional Indonesia juga ya nanti teman-teman..biar makin seru. 

Ini dia resep Setup Pisang ala GULANAS

Bahan :
10 buah Pisang kepok matang, potong sesuai selera
1500 ml air
125 ml GULANAS gula tebu cair
125 ml GULANAS gula merah cair
1/2 sendok teh garam
2 batang kayu manis
3 butir cengkeh
1 lembar daun pandan
100 gram kolang kaling, rebus sebentar ( aku pakai manisan kolang kaling aja ) 

Cara Membuat :
Masukkan air, GULANAS, garam, kayu manis, cengkeh, dan daun pandan ke dalam panci.
Didihkan.
Masukkan pisang
Masak hingga pisang matang
Sajikan hangat..di teras rumah..di sore yang mendung..sambil nyemil gorengan..romantis lho.....*haha

Seperti ini nich kemasan GULANAS itu teman-teman..jika pernah lihat di supermarket..banyak kok manfaatnya. Ingat..GULA CAIR, YA PASTI GULANAS ! ....





4 comments :

  1. Halo Mbak Diah, daerah saya masih panas udaranya. Jadi sekarang masih minum yang dingin-dingin :)

    Boleh dicoba nanti resep Setup Pisangnya jika udah sering mendung.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Dewi...wah masih musin panas ya mba..di sini udah sering hujan..:)

      Delete
  2. Mba, dijual kah gulanas nya? Hehe, nanya dulu gitu...

    ReplyDelete