Tuesday, November 17, 2015

Tumis Tempe Bumbu Kecap



Aku kok nggak pernah bosan yang namanya tempe ya teman-teman. Adakah yang sama denganku..hihi. Tiap hari makan tempe..enak-enak aja,...mau di goreng, di masak..di bacem, dll. Tempe..beneran salah satu makan  identitas bangsa kita tercinta..tapi..kenapa tempe tidak bisa terkenal ya..olahannya..seperti menu masakan dari negara lain..huhu. Di situ kadang aku merasa sedih...*halah..lebay bingit..! 
Ada lagi yang bikin aku sedih..jika nemu tempe yang rasanya asam..berasa gemes..sama  yang jual..eh yang buat ding..hihi. Untunglah..yang jual tempe itu buanyak..jadi tinggal pilih kualitas yang terbaik..untuk masakan kita sehari-hari..sampai bingung kadang. Kalau ke pasar aku coba tuch..yang jual tempe satu persatu..hingga nemu..oh..tempe yang ini yang paling enak dan sipp jika di olah...hihi.


Tips memilih tempe, pilih yang jamurnya sudah jadi, jadi warnanya putih bersih dan rata fermentasinya. Ketika di tekan, tempe tarasa padat. Ketika di iris, tempe tidak hancur. Pilih tempe papan yang agak tebal, jika mau di olah jadi mendoan atau masakan, agar lebih mudah memotongnya, dan juga bisa di potong lebih leluasa ukurannya sesuai kebutuhan. Jika mau di goreng langsung, lebih enak pilih tempe satuan bungkus daun, lebih gurih rasanya. Jika tidak langsung di masak, beli tempe yang setengah jadi, letakkan saja di dapur, besok akan siap di olah. Jika beli tempe yang sudah benar-benar jadi ( fermentasinya ), jika tidak habis di olah, simpan di lemari es untuk menghambat proses fermentasi, kecuali mau di buat tempe semangit, ya diamkan saja di suhu ruang berhari-hari..:D

Tempe..mau di olah dengan cara tradisional..yang perlu waktu lama, misal di terik, di bacem, itu adalah olahan tempe favoritku. Atau di buat mendoan..itu favorit juga..semua suka kayaknya dech..hihi. Nah..jika waktu terbatas, ada cara mengolah tempe dengan cepat..ya cukup di tumis aja. Bukan di orek lho ya. Kalau orek tempe itu perlu waktu lama juga mengungkepnya hingga tempe empuk dan bumbu meresap. Kalau ini tempe di goreng dulu hingga matang, terus di tumis bumbu kecap sebentar saja, karena tempe kan udah di goreng dahulu, jadi sudah matang. Masaknya jadi lebih cepat, dan enak juga rasanya. Bisa di masak kilat  jika waktu makan belum ada lauk..atau buat sarapan cocok juga. Tinggal tambah telur ceplok atau telur dadar aja udah enak rasanya..menemani nasi hangat yang ngepul..:D

Oke dech..yang suka tempe dan olahannnya..semoga bisa jadi menu variasi tempe di rumah ya..selamat mencoba, jika suka.
Tumis Tempe Bumbu Kecap 

Bahan :
1 papan tempe ( 350 gram )
4 buah cabai merah besar
4 buah cabai hijau besar
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir, 100 ml air

Cara Membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum dan matang
Msukkan cabai, tumis hingga layu cabainya
Masukkan lengkuas, salam, air dan semua bumbu lain. Aduk rata
Masukkan tempe, masak hinga meresap
Koreksi rasa sebelum di sajikan ya



6 comments :

  1. Mbak lebih demen pakai kecap apaan meh? kalau niar pakai bango kok enak banget yaa, aah tempe di goreng biasa pake sambel kecap juga udah uenak pakai nasi anget :D

    ReplyDelete
  2. aku udah nyobain resepnya enak tenan mbak...sedep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jika sesuai selera ya :)

      Delete